Itinerary Perjalanan

d-net

Mod
Featured-Image.-URGENT_Blog-new-update-mei2020-Pesawat1-900x570.jpg

Pengertian dan Cara Membuat Itinerary Perjalanan Terbaik

Cara Membuat Itinerary – Pergi liburan memang sangat menyenangkan, apalagi kalau kamu bisa dapetin promo murah buat paket perjalanan lengkap mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga rental mobil untuk mengantar kamu keliling kota tempat kamu berlibur.

Tapi ada yang harus kamu tahu juga nih, sobat tiket. Bahwa liburan itu bukan hanya sekadar memilih tujuan, membeli tiket pesawat, dan memesan hotel untuk menginap saja. Melainkan ada satu rahasia yang bisa membuat liburan kamu bisa jauh lebih menyenangkan.

Cara Membuat Itinerary dengan Sempurna
Nih, tiket.com akan kasih rahasianya biar liburan yang kamu jalani bisa lebih maksimal. Caranya adalah dengan membuat itinerary perjalanan. Lalu apa itu itinerary dan bagaimana cara membuat itinerary dengan sempurna?

Jadi, itinerary adalah jadwal kegiatan selama kamu liburan beserta dengan estimasi bujet yang akan dikeluarkan. Di dalam itinerary yang kamu buat harus ada daftar destinasi, jadwal kegiatan per hari, tempat menginap, transportasi, hingga keperluan lainnya seperti beli oleh-oleh.

Nah, setelah kamu berhasil mendapatkan promo tiket pesawat, hotel, rental mobil, dan juga sudah packing dengan sempurna, masih ada satu lagi hal penting yang sering terlupakan, simak tips membuat itinerary liburan berikut ini.

1. Lakukan Riset
Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik dari liburanmu, maka kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa yang ingin kamu lakukan dan tempat seperti apa saja yang bisa membuat kamu terkesima.

gambar-laptop-dan-buku-catatan.jpg

Apakah kamu lebih suka mempelajari sejarah suatu kota, budaya, dan mencoba pilihan kulinernya. Atau, malah kamu lebih suka bertualang di medan yang menantang bahkan juga ingin menikmati suasana malam yang meriah.

Setelah kamu menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa mulai searching di Google. Misalnya kamu mau liburan ke Solo, maka coba saja mengetik “Tempat wisata menarik di Solo”, atau “Kuliner legendaris di Solo”.

Kamu juga bisa baca review dari blog atau channel YouTube yang dibuat oleh pengunjung sebelumnya yang pernah datang ke sana.

Nah, dari daftar tempat tersebut, kamu bisa memilih beberapa tempat yang menurut kamu menarik dan seru untuk dikunjungi.

2. Bagi Wilayah Menjadi Beberapa Zona
Beberapa kota besar yang kamu kunjungi bisa dibagi menjadi beberapa zona berbeda. Kamu bisa melihat peta suatu kota atau wilayah secara online, kemudian menentukan zona mana yang bisa kamu kunjungi di hari yang sama.

pembagian-wilayah.jpg

3. Membuat Kalender
Setelah mengetahui tempat dan wilayah mana saja yang ingin kamu datangi, sekarang saatnya untuk menentukan kapan kamu akan datang ke sana. Kamu bisa membuat daftar sederhana seperti halnya kamu membuat daftar tugas yang harus dikerjakan setiap hari.

Kamu juga harus mengetahui informasi mengenai jam buka dari destinasi wisata yang ingin kamu datangi. Dengan begitu kamu bisa menentukan jam berapa sebaiknya kamu datang ke sana.

Kamu bisa membuat daftar tempat mana saja yang ingin dikunjungi pada hari pertama, kedua, dan seterusnya. Jika ternyata ada waktu luang di satu hari yang sudah kamu buat, maka kamu bisa mengunjungi tempat wisata terdekat berdasarkan zona yang sudah kamu bagi.

Selain itu kamu juga tidak perlu membatasi waktu untuk bersenang-senang di destinasi wisata yang kamu kunjungi. Kamu cukup membuat daftar tempatnya saja, dimulai dari tempat yang paling ingin kamu kunjungi.

4. Tidak Perlu Terlalu Ketat dengan Jadwal
Meskipun sudah membuat daftar tempat yang ingin dikunjungi dengan rapi, kamu boleh saja mengubahnya ketika nanti kamu menemukan sesuatu yang lebih menarik untuk dilihat atau dikunjungi.

berangkat-liburan.jpg

Karena akan selalu ada kesempatan seru dan menarik yang muncul ketika kamu sedang berlibur ke suatu tempat. Tapi jangan lupa ya, kamu juga harus realistis. Kamu tentu harus tahu bahwa kamu tidak akan bisa mengunjungi semua tempat.

Mungkin kamu akan kelelahan setelah perjalanan panjang, jadi jangan lupa untuk beristirahat ya.

Selain itu ada juga faktor lain seperti penerbangan delay, macet, tempat wisata tutup, hujan, dan lain sebagainya. Jadi jangan kecewa kalau kamu tidak bisa mengunjungi suatu tempat. Masih ada kesempatan lain atau kamu juga masih bisa bersenang-senang di hari kedua.

Jangan Lupa dengan Hal-Hal Kecil
Terakhir dan tak kalah penting sebagai penutup, jangan lupakan hal-hal kecil dalam cara membuat itinerary. Jangan lupa untuk menyertakan jadwal penerbangan, nomor pesawat, alamat hotel, peta, dan lain sebagainya.

Kalau kamu butuh contoh itinerary, kamu bisa melihat itinerary jepang 5 hari 4 malam ini. Kalau butuh hotel untuk menginap dengan harga murah, kamu bisa pesan langsung lewat tiket.com yang banyak promonya.

.
 
Back
Top