Sejarah Film Kartun Dunia

spirit

Mod
12.-Kenalin-Sejarah-Animasi-Kartun-ini-840x430.jpg

Film kartun adalah salah satu hiburan masa kecil yang nggak pernah bosen buat ditonton berulang-ulang. Kartun bisa diartiin sebagai parodi gambar, lelucon, atau satir dalam mendeskripsikan suatu peristiwa sosial maupun politik. Kamu bisa nemuin kartun di berbagai media, mulai media cetak hingga media TV.

Punch dan The New Yorker adalah contoh media yang mempopulerkan kartun dalam rubrik mereka. Rubrik ini terbukti membawa efek besar pada masyarakat. Kartun sendiri berasal dari kata cartone yang berasal dari bahasa Italia, maknanya kerta besar.

Kartun pertama kali digunakan di abad ke-16 untuk lukisan fresco. Sebuah teknik yang melibatkan penerapan pigmen di dinding plester, terbuat dari kapur basah. Bentuknya berupa gambar yang sudah dilukis diatas kertas akan dipindahkan ke dinding plester menggunakan teknik tertentu.

Penerapan Kartun dalam Film
Penerapan kartun dalam film dimulai pada akhir abad ke-19. Saat itu ditemukan sebuah alat pemutar animasi paling kuno yang disebut Praxinoscope oleh Charles-Emile Reynaud, ilmuwan asal Perancis pada tahun 1877. Berkat penemuannya ini, ia disebut sebagai kartunis pertama di dunia.

Awal mulanya, film kartun pertama kali diciptakan dengan teknik stop motion. Sebuah gambar strip dicetak di atas film, kemudian diproyeksikan per frame ke dinding dengan kecepatan 24 frame per detik. Untuk menerapkan teknik ini dibutuhkan waktu yang cukup lama lantaran kartunis harus menggambar adegan detail satu-satu.

Perkembangan film kartun sendiri semakin pesat semenjak ditemukannya computer-generated imagery (CGI). Film kartun pertama yang menerapkan teknologi CGI ini adalah Toy Story (1995). Seiring perkembangan zaman, film kartun juga semakin canggih, membuatnya menjadi salah satu genre film yang paling digemari di dunia. Lebih dari itu, cerita film kartun masa kini lebih variatif sehingga bisa dinikmati oleh segala usia, bukan hanya anak-anak saja.

Kartun Tertua di Dunia
Bicara tentang film kartun pasti nggak lepas dari list film-film kartun lawas yang nggak banyak orang tau. Buat nambah wawasan kamu soal film kartun, nih deretan film kartun tertua di dunia.

1. Steamboat Willie
Dirilis pada 18 November 1928, film kartun ini diciptakan oleh Walt Disney dan Ub Iwerks (animasi oleh: Les Clark, Ub Iwerks, dan Wilfred Jackson). Berdurasi 7 menit 42 detik, Steamboat Willie menjadi salah satu film kartun yang paling ikonik dimana Mickey dan Minnie Mouse pertama kali melakukan debut di layar lebar. Nggak cuma itu, ini adalah katun pertama yang punya soundtrack pasca-produksi.

2. Trolly Troubles
Ini adalah film pendek animasi Disney yang dirilis pada 5 September 1927. Trolly Troubles menampilkan tokoh bernama Oswald, kelinci yang selalu beruntung. Film ink kemudian meraih sukses di pasaran. Membuat Universal Studio yang bekerjasama dengan Disney merilis Oswald setiap dua pekan sekali. Kemudian album tersebut dibuat dalam bentuk DVD berjudul Walt Disney Treasures The Adventures of Oswald the Lucky Rabbit.

3. Alice’s Wonderland
Dirilis pada tahun 1923 dan diciptakan oleh Disney dengan durasi waktu 12 menit 29 detik, Alice’s Wonderland merupakan film pendek animasi pertama buatan Walt Disney. Ini juga jadi film pertama dalam kumpulan series Alice Comedies. Sejak pertama kali rilis, film ini tak pernah tayang di bioskop, namun dirilis sebagai bonus special “Un-Anniversary” film Alice in Wonderland. Alice’s Wonderland adalah gabungan dari animasi dan live action yang diperankan oleh aktris muda, Virginia Davis.


 
Back
Top