5 Cara Menjadi Sahabat yang Baik

spirit

Mod
57818-ilustrasi-sahabat-yang-baik.jpg

Beberapa cara menjadi sahabat yang baik

1. Jadilah pendengar yang baik

Ketika kamu ada masalah pasti kamu akan curhat kepada sahabatmu, dan sahabatmu akan mendengarkan curhatanmu, bahkan memberikan beberapa solusi untukmu.

Namun, ada kalanya sahabatmu juga ada masalah, dan butuh untuk didengarkan curhatan atas masalah mereka. Oleh sebab itu, cobalah untuk mendengarkan curhatan mereka dan berikan beberapa solusi atas masalahnya. Jangan bandingkan masalahmu dengan dia, ya.

2. Jaga rahasia mereka

Ketika kamu bersahabat dengan seseorang, dan kalian mengetahui rahasia mereka. Cobalah untuk menjaga rahasia itu. Jangan malah mengumbar rahasia mereka. Sebaliknya, jaga baik-baik rahasia tersebut. Karena, dengan begitu kepercayaan antara kamu dan sahabatmu akan terbangun.

3. Jika salah minta maaflah

Tidak ada salahnya minta maaf ketika kamu melakukan kesalahan. Jangan bersikap egois dengan terus mempertahankan egomu padahal kamu tahu bahwa kamu salah, tetapi kamu tidak mau mengakuinya karena gengsi. Jangan begitu, ya. Karena jika kalian sama-sama egois, persahabatan yang kalian jalani bersama-sama akan retak hanya karena egoisme semata?

4. Maafkan sahabatmu

Nah, jika sahabat kamu melakukan kesalahan dan ia meminta maaf, tidak ada salahnya kamu memaafkan dirinya. Jangan malah kamu tidak mau memaafkan dirinya. Bukankah sesama manusia harus saling memaafkan? Lagipula hargailah sahabatmu yang rela meminta maaf terlebih dahulu kepadamu dengan menurunkan segala gengsi mereka, karena mereka tahu mereka salah. Jadi maafkanlah sahabat kamu, ya.

5. Jadilah pendukung yang baik

Ketika mereka jatuh, kamu jangan ikut-ikutan menjatuhkan mereka juga. Kamu harus jadi pendukung mereka. Kamu harus bisa membuat mereka bersemangat kembali. Kamu tidak akan tahu betapa berharganya sebuah teman di saat kamu terpuruk. Maka, jadilah pendukung sahabatmu, jangan biarkan ia terpuruk sendirian.

 
Back
Top