TINGKATAN KUALITAS (GRADE) UANG KUNO KERTAS DAN KOIN LOGAM
 
Go Back   Home > Umum & Tidak Masuk Kategori Lain

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


TINGKATAN KUALITAS (GRADE) UANG KUNO KERTAS DAN KOIN LOGAM

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

TINGKATAN KUALITAS (GRADE) UANG KUNO KERTAS DAN KOIN LOGAM


TINGKATAN KUALITAS (GRADE) UANG KUNO KERTAS DAN KOIN LOGAM

Setiap uang yang terbit memiliki tingkat kualitas masing-masing yang pasti berbeda antara yang tidak pernah digunakan dengan yang berkali-kali digunakan dan berpindah tangan. Biasanya pengguna uang kurang begitu memperhatikan dan mementingkan hal ini, tetapi bagi para kolektor pecinta numismatika dan para pebisnis uang kuno sangat memperhatikan hal ini.

Berikut Ini Adalah Tingkatan Grading Uang Kertas Kuno :

1. UNC (Uncirculated)

Kondisi uang sangat baik karena tidak pernah digunakan atau hanya beberapa kali digunakan. Uang yang baru masih ada segel plastik dan kertasnya biasanya masuk dalam grade ini. Kondisi uang masih sangat sempurna dengan sudut kertas yang tajam, bersih, cerah, kaku, warna yang cerah, tidak lecek, berkilau, tidak ada sobekan apapun, dll.

2. AU (Almost Uncirculated)

Uang mempunyai kondisi nyaris sempurna seperti baru namun ada sedikit kekurangan seperti adanya lipatan di ujung uang, lipatan halus di tengah uang, tetapi bersih, kaku, cerah, berkilau, sudutnya tajam, bersih, dsb.

3. EF/EX (Extra Fine)

Keadaan uang masih baik dengan kondisi yang kaku, berkilau, dan maksimal ada satu lipatan tajam dan tiga lipatan tipis halus. Sudut uang kertas berbentuk seperti bundar tidak tajam lagi.

4. VF (Very Fine)

Walaupun uang kertas ini telah digunakan untuk berbagai kegiatan transaksi namun kondisinya masih tetap baik, kaku, tanpa sobekan apapun. Wajar apabila sedikit kotor, noda dan beberapa lipatan.

5. F (Fine)

Uang yang masuk kategori F tidak begitu kaku, ada beberapa lipatan, sedikit kotor, sedikit sobekan di bagian tepi non gambar tetapi dari segi warna masih baik.

6. VG (Very Good)

Pada uang kertas VG ada noda bekas karat, ada sobekan dari pinggir sampai kena ke gambar, ada lubang, ada lipatan, kertasnya layu tidak kaku lagi, sudutnya tumpul tidak tajam, namun uangnya masih utuh tidak ada bagian yang hilang.

7. G (Good)

Secara fisik uang ini warnanya telah pudar, ada bekas lipatan, ada lubang, ada sobekan di pinggir, ada bagian yang sobek dan hilang, bekas noda karat, corat-coret, dan lain sebagainya akibat pemakaian yang cukup sering.

8. Fair

Kertas uang terlihat layu sekali dan cukup kotor karena telah digunakan berkali-kali. Pada uang kertas grade F bisa dibilang uangnya telah rusak karena pada kategori ini uang bisa sober besar dan ada bagian yang hilang.

9. P (Poor)

Uang yang masuk ke dalam kategori poor ini sudah rusak berat di mana ada sobekan, bagian yang hilang, lubang besar, bekas noda karat, bekas tambalan, coretan, bekas potongan di tepi untuk menutup bagian yang rusak.

-----

Berikut Ini Adalah Tingkatan Grading Uang Logam (Coin) Kuno :

1. Mint State (Unc)
2. Almost Uncirculated (AU)
3. Extremely Fine (XF or EF)
4. Very Fine (VF)
5. Fine (F)
6. Very Good (VG)
7. Good (G)
8. Almost Good (AG)
9. Fair (Fair)
10. Basal State (Basal)

Selamat berburu uang jaman dulu (jadul) untuk menyalurkan hobi numismatika anda!


~organisasi.org
.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.711
 
Reputasi: 1905

Loading...
       
loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
kentong3
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.