Mengenal Apa Itu Hiatus
 
Go Back   Home > Psikologi & Self-Help

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Mengenal Apa Itu Hiatus

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengenal Apa Itu Hiatus


Mengenal Apa Itu Hiatus, Ketahui Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Merdeka.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata hiatus. Ya, kata yang satu ini sering hilir mudik terutama di dunia media sosial. Banyak artis atau public figure yang menggunakan kata ini sebagai pernyataan bahwa mereka sedang akan beristirahat sejenak dari dunia hiburan. Terkadang masa hiatus diberi batasan waktu, namun ada juga yang tidak alias istirahat hingga waktu yang tidak ditentukan.

Menurut vocabulary.com, hiatus adalah jeda atau ketidakhadiran sementara. Saat acara TV favorit Anda sedang dalam masa jeda tau hiatus, itu artinya acara TV tersebut tidak akan memproduksi episode baru untuk sementara waktu dan akan kembali lagi suatu saat.

Contoh lain adalah sebuah grup band harus mengambil jeda atau hiatus jika penyanyi utamanya mengalami kecelakaan. Jadi, pada dasarnya hiatus adalah gangguan terhadap sesuatu yang sedang terjadi, tetapi gangguan atau jeda tersebut tidak bersifat permanen.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai apa itu hiatus yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Hiatus

Dalam fonologi, hiatus atau dieresis (ejaan bahasa Inggris Amerika) adalah hasil dari dua bunyi vokal yang muncul dalam suku kata yang berdekatan, tanpa konsonan intervening. Ketika dua bunyi vokal yang berdekatan muncul dalam suku kata yang sama, hasilnya adalah sebuah sineresis.

Hiatus berasal dari "hiare", kata kerja Latin yang berarti "menganga" atau "menguap". Kata hiatus pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-16. Awalnya, kata tersebut merujuk untuk mendeskripsikan celah atau bukaan pada sesuatu seperti bukaan gua di tebing, misalnya.

Pada abad ke-18, Laurence Sterne menggunakan kata hiatus dengan bercanda dalam novelnya Tristram Shandy, menulis tentang "hiatus (jeda) di celana Phutatorius". Saat ini, "hiatus" biasanya digunakan dalam arti temporal untuk merujuk pada jeda atau interupsi (seperti dalam sebuah lagu), atau periode di mana suatu kegiatan dihentikan sementara (seperti jeda dari mengajar), seperti mengutip dari merriam-webster.com.

Penggunaan Istilah Hiatus Secara Populer

Hiatus adalah hal yang sangat sering dilakukan oleh para artis saat mereka akan memasuki fase tertentu dalam hidupnya. Atau, hiatus dilakukan karena pertimbangan kondisi kesehatan fisik dan mental yang memerlukan istirahat sejenak dari gemerlapnya dunia hiburan.

Artis dan public figur yang terjerat skandal juga pada akhirnya banyak yang memutuskan untuk hiatus sambil menunggu situasi pelik yang menyelimuti hidupnya mereda. Kebanyakan, para artis yang hiatus akan kembali lagi ke dunia hiburan dengan karya atau sesuatu yang baru dan lebih fresh.

Selain itu, hiatus juga sering digunakan untuk merujuk pada, misalnya, sebuah kegiatan atau aktivitas rutin yang biasanya terjadi namun dihentikan secara sementara. Contoh, seorang pelajar biasanya menonton anime hampir setiap hari. Namun karena waktu telah mendekati musim ujian kelulusan, maka ia memutuskan untuk hiatus dari hobinya menonton anime sampai selesai ujian kelulusan nanti karena ia akan fokus belajar.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.783
 
Reputasi: 1907

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.