Usia Harapan Hidup Warga Jepang Terpanjang di Dunia

spirit

Mod
1190846756.png

Ilustrasi Inilah rahasia panjang umur warga Jepang /PIXABAY/pasja1000​

DESKJABAR – Sudah bukan rahasia, usia harapan hidup warga Jepang terpanjang di dunia.

Berdasarkan data, umur atau usia harapan hidup warga Jepang adalah sekitar 85 tahun.

Rinciannya, harapan hidup rata-rata wanita Jepang 86,8 tahun, sedangkan pria 80,5 tahun.

Atas prestasinya tersebut, WHO dari dulu hingga sekarang, selalu menempatkan Jepang di urutan nomor wahid negara-negara dengan hidup rata-rata panjang.

Lalu apa rahasia utama hingga harapan hidup warga Jepang panjang?

Rahasia utama mereka panjang umur ternyata terletak dalam makanan yang mereka makan 3 kali sehari.

1. Sarapan: Ringan + Bergizi

Orang Jepang memiliki sarapan yang relatif ringan, tetapi hidangannya penuh dengan nutrisi. Orang Jepang sering makan hidangan seperti sup miso, natto, nasi campur.

Sarapan orang Jepang memiliki hidangan yang relatif sedikit, tetapi pada umumnya, mencakup nutrisi yang diperlukan untuk tubuh manusia seperti nutrisi, karbohidrat, serat, protein, protein.

Makanan saat sarapan orang Jepang tidak banyak mengandung minyak dan garam. Diyakini, makanan seperti itu akan membebani perut dan hati, serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Makan siang: Makan banyak seafood + Porsi kecil

Siang hari, saat makan siang, mereka selalu menyediakan makanan yang rendah kalori yang umumnya terbuat dari makanan laut seperti udang, ikan dan rumput laut.

Mereka yakin, dalam seafood yang kaya akan kandungan DHA dan EPA, terdapat manfaat tertentu untuk perlindungan jantung dan pembuluh darah tubuh manusia.

Sebuah studi menunjukkan makan 4-6 porsi makanan laut per minggu dapat mengurangi kematian akibat stroke dan penyakit kardiovaskular. Ini bermanfaat bagi kesehatan dan umur panjang orang paruh baya dan lanjut usia.

3. Makan malam: banyak sayuran.

Makan malam Jepang mirip dengan sarapan tetapi dengan porsi lebih kecil dan lebih banyak sayuran. Makan malam Jepang yang populer biasanya adalah ikan bakar, sushi, dan sup miso.

Mereka percaya, makan ini tidak hanya membantu mengisi perut, menambah nutrisi, tetapi juga mengurangi beban pada sistem pencernaan, membantu meningkatkan metabolisme, dan bermanfaat bagi kesehatan.

Demikianlah rahasia panjang umur warga Jepang yang membuat usia harapan hidup mereka tertinggi di dunia.

.
 
Back
Top