Permasalahan Cucu

d-net

Mod
110815_kakeknenekcucu.jpg

Ini Masalah yang Biasa Terjadi Antara Kakek-Nenek dan Ortu Soal Pola Asuh

Jakarta - Keterlibatan kakek dan nenek dalam pengasuhan cucunya semakin besar seiring berkembangnya media sosial, email, smartphone, dan percakapan online. Hal ini tentunya mempermudah akses interaksi antara kakek dan nenek terhadap cucu mereka. Namun di balik kedekatan tersebut, muncul pula perdebatan antara mereka dengan anak mereka sendiri. Perbedaan cara pandang tentang pola asuh disinyalir sebagai alasannya.

Peggy Post dari The Emily Post Institute mencontohkan pergeseran nilai dan norma yang dulu dianggap sangat penting. "Budaya di dunia saat ini menjadi lebih informal. Nilai-nilai tradisional yang dulu sangat ketat kini menjadi lebih longgar," ujarnya seperti dilansir Today dan ditulis detikhealth pada Sabtu (11/1/2014).

Menurut survei yang dilakukan oleh Today.com, ada 69% kakek dan nenek yang menyatakan mereka lebih terlibat dalam pengasuhan cucunya daripada orangtuanya sendiri. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar kakek dan nenek tersebut melakukan hal itu karena ayah dan ibu cucu mereka bekerja di luar rumah.

Hal tersebut tentunya memunculkan risiko adanya perbedaan pola pandang tentang cara asuh. Menanggapai hal tersebut, Post menyarankan agar para kakek dan nenek untuk mengalah pada anak mereka. Konsistensi terhadap pola asuh diperlukan agar anak dapat tumbuh secara baik. Ia juga menekankan perlunya rasa saling menghargai kepada kedua belah pihak.

"Jangan mengkritik mereka meskipun Anda tidak setuju dengan cara mereka. Bicarakan baik-baik dan berilah saran dengan tenang." sahut Post.

Cara lain untuk menghindari permasalahan adalah menerapkan aturan Anda di rumah Anda sendiri. Berikan pengertian pada cucu Anda bahwa peraturan akan berbeda-beda di tiap rumah, sehingga ia tidak akan merasa kaget atau bingung.

Masalah lain yang muncul adalah kelonggaran terhadap hal-hal tertentu yang biasanya dilakukan oleh kakek dan nenek. Memberikan cokelat terlalu banyak, boleh tidur larut, atau memberi uang jajan yang lebih adalah contoh hal-hal yang biasanya dilakukan oleh kakek dan nenek kepada cucunya.

"Yang perlu dipahami oleh orangtua adalah kakek dan nenek melakukan hal tersebut untuk memanjakan cucu mereka. Sekali lagi, saling pengertian antara kedua belah pihak sangat diperlukan," pungkas Post.
(vit/vit)

health.detik.com
 
Back
Top