Elon Musk Batal Beli Twitter

spirit

Mod
No Deal! Ini Alasan Elon Musk Batal Beli Twitter Rp 650 Triliun

elon-musk-berencana-buat-robot-humanoid-untuk-mengerjakan-tugas-membosankan_169.jpeg

Elon Musk/Foto: DW (SoftNews)​

Jakarta - Elon Musk telah menarik dirinya dari kesepakatan pembelian Twitter. Beberapa hal jadi biang kerok di balik keputusan orang terkaya dunia itu batal membeli Twitter.
Salah satunya adalah banyaknya 'bot' yang ada di dalam Twitter. Padahal sebelumnya Elon Musk mengatakan akan mengatasi dan memperbaiki masalah bot pada Twitter.

"Musk awalnya mengatakan dia akan memperbaiki masalah bot. Namun, masalah yang sama justru dia katakan sekarang sebagai alasan utama pembatalan kesepakatan (pembelian Twitter)," kata seorang sumber dikutip dari CNN, Senin (11/7/2022).

Setelah mengumumkan diri ingin keluar dari kesepakatannya untuk membeli Twitter, Elon Musk menghabiskan akhir pekan di Idaho pada gelaran Sun Valley Conference. Di sana dia berbicara di atas panggung.

Pembicaraannya pada dasarnya tidak boleh direkam, tetapi sebuah sumber di ruangan itu mengatakan kepada Stelter bahwa Elon Musk bicara soal masalah bot di Twitter yang membuat dirinya melipatgandakan keputusannya untuk batal membeli platform media sosial besar tersebut.

Di sisi lain, reporter New York Times, Lauren Hirsch mengatakan ada masalah lain yang membuat Elon Musk mundur dari kesepakatan pembelian Twitter. Menurutnya, pasar saham sedang mengalami kelesuan. "Pasar pada dasarnya turun dari tebing," ujarnya.

Kelesuan itu juga dirasakan saham Tesla. Usut punya usut, keuntungan dari saham Tesla disebut menjadi hal yang mungkin paling diandalkan Elon Musk untuk mendanai sebagian besar kesepakatan Twitter.

Menurut Hirsch kondisi tersebut mungkin menjadi bagian dari alasan pendiri Tesla tampaknya mundur dari tawaran pembeliannya untuk Twitter. Sampai Jumat, pengacara Elon Musk sudah berkirim surat kepada Twitter mengatakan bos Space X telah menarik diri dari kesepakatan pembelian Twitter.

Alasannya, platform media sosial itu disebut melanggar beberapa ketentuan material dari perjanjian asli. Twitter tak mau tinggal diam. Mereka bersiap melawan dan berjanji untuk membawa Musk ke pengadilan.

~detik.com

.
 
donald-trump-lolos-dari-pemakzulan-apa-dampak-bagi-dirinya-joe-biden-dan-amerika-serikat_169.jpeg

Donald Trump/Foto: BBC World​

Donald Trump Ketiban Rezeki Gara-gara Elon Musk Batal Beli Twitter

Jakarta - Kabar buruk bagi Twitter mungkin menjadi kabar baik bagi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Saham Digital World Acquisition Corp., perusahaan akuisisi yang telah setuju bergabung dengan Trump Media & Technology Group melonjak 15% dalam pra perdagangan Senin (11/7).
Lonjakan saham itu terjadi setelah Elon Musk mengatakan akan mundur dari kesepakatannya untuk membeli Twitter. Pengumuman itu disampaikan pada Jumat (8/7) malam dengan alasan kurangnya informasi tentang persentase akun Twitter yang bot.

Saat rapat umum di Alaska pada Sabtu (9/7), Donald Trump menyebut Elon Musk sebagai orang omong kosong dan mengklaim bahwa sejak awal sudah tahu bahwa Elon Musk tidak akan membeli Twitter. "Elon tidak akan membeli Twitter," kata Donald Trump dikutip dari CNN, Selasa (12/7/2022).

Trump Media & Technology Group memiliki Truth Social, aplikasi mirip Twitter yang sekarang digunakan Donald Trump menyusul larangannya dari Twitter dan Facebook (FB) pada Januari 2021 setelah kekerasan di Capitol.

"Daftar untuk Kebenaran. Kami mencintai Kebenaran," kata Trump tentang jaringan sosialnya.

Elon Musk sebelumnya mengisyaratkan akan mengizinkan Donald Trump kembali ke Twitter jika dia membeli perusahaan itu. "Saya pikir itu tidak benar untuk melarang Donald Trump, saya pikir itu kesalahan," katanya pada Mei lalu.

~finance.detik.com

.
 
elon-musk-di-met-gala-2022_169.jpeg

Elon Musk digugat Twitter. Foto: Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris​


Twitter Resmi Gugat Elon Musk

Jakarta - Twitter resmi menggugat demi memaksa orang terkaya di dunia ini menindaklanjuti kesepakatannya untuk membeli perusahaan media sosial berikon burung biru itu senilai USD 44 miliar.
Gugatan tersebut diajukan di Delaware Court of Chancery pada hari Selasa (12/7/2022) waktu setempat. Tim pengacara Twitter mengatakan mereka berusaha untuk mencegah Musk melakukan pelanggaran perjanjian, dan untuk "memaksa merampungkan merger setelah memenuhi beberapa kondisi yang belum diselesaikan."

"Pada April 2022, Elon Musk menandatangani perjanjian merger yang mengikat dengan Twitter, berjanji untuk menggunakan upaya terbaiknya untuk menyelesaikan kesepakatan. Sekarang, kurang dari tiga bulan kemudian, Musk menolak untuk menghormati kewajibannya kepada Twitter dan pemegang saham karena kesepakatan yang dia tandatangani tidak lagi melayani kepentingan pribadinya," demikian isi gugatan yang dilansir dari CNN.

"Setelah memasang tontonan publik untuk memainkan Twitter, dan setelah mengusulkan dan kemudian menandatangani perjanjian merger yang ramah penjual, [Mr] Musk tampaknya percaya bahwa dia - tidak seperti setiap pihak lain yang tunduk pada hukum kontrak Delaware - bebas untuk berubah pikiran, menghancurkan perusahaan, mengganggu operasinya, menghancurkan nilai pemegang saham, dan pergi."

Twitter turut mempermasalahkan beberapa cara Musk menuduh perusahaan melanggar perjanjian akuisisi, termasuk klaim bahwa media sosial tersebut melanggar kesepakatan dengan melepaskan dua eksekutif senior bulan lalu.

Twitter mengklaim Musk menginginkan perjanjian merger yang menyatakan bahwa perusahaan tidak dapat mempekerjakan atau memecat karyawan pada atau di atas tingkat wakil presiden tanpa persetujuan Musk. "Twitter berhasil mencapai ketentuan itu sebelum menandatangani," tegas Twitter dalam gugatannya.

Tak lama setelah berita gugatan diajukan, Musk mentweet , "Oh ironi lol." Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar dari CNN.

Tentunya ini akan menjadi pertempuran pengadilan yang panjang untuk menentukan apakah Twitter dapat memaksa Musk untuk menutup kesepakatan dan menjadi pemiliknya, atau setidaknya membuatnya membayar USD 1 miliar yang ditetapkan sebagai biaya perpisahan dalam perjanjian awal.

Twitter dalam gugatannya mengajukan mosi untuk mempercepat proses dalam kasus tersebut, meminta persidangan empat hari atas perselisihan tersebut untuk diselesaikan pada bulan September.

"Ekspedisi sangat penting untuk memungkinkan Twitter mengamankan keuntungan dari tawar-menawarnya, untuk mengatasi pelanggaran Musk yang terus berlanjut, dan untuk melindungi Twitter dan pemegang sahamnya dari risiko pasar yang berkelanjutan dan kerugian operasional yang diakibatkan oleh upaya Musk untuk keluar dari perjanjian merger yang ketat," tulis Twitter dalam dokumen pengajuan.

~detik.com

.
 
Back
Top