Penyebab Kesehatan Mentalmu Menurun dan Solusinya

spirit

Mod
82738-ilustrasi-kesehatan-mentalpexelsalexandr-podvalny.jpg

Pernahkah kamu mengalami masa-masa di mana kamu merasa sedih, tertekan, atau bahkan stres? Sebagai manusia, pasti ada saat-saat di mana kita merasakan hal tersebut. Bahkan, tak jarang kita sampai merasa terganggu hingga tidak produktif lagi. Kita kehilangan nafsu makan, nggak produktif, mencemaskan banyak hal, atau bahkan susah tidur dan tidak punya nafsu makan.

Apakah itu wajar? Kenapa? Ada apa dengan kesehatan mental kita? Apa yang harus dilakukan? Kalau kamu sedang mengalami situasi tersebut dan bingung harus ngapain, kamu berada di artikel yang tepat.

Kesehatan mental itu apa sih?

Kalau menurut WHO, kesehatan mental adalah titik di mana kita mampu untuk mengatasi tekanan dan stres sehari-hari, melakukan aktivitas secara produktif, serta berkontribusi terhadap lingkungan.

Hmm.. Kayaknya akhir-akhir ini aku nggak sehat mental.

Bisa jadi, kondisi kesehatan mentalmu sedang menurun. Mungkin kamu mengalami beberapa tanda kondisi kesehatan mental yang buruk, diantaranya:

1. Kesulitan menghadapi masalah sehari-hari

Siapa sih yang nggak punya masalah? Masalah merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari setiap lini kehidupan. Tapi, waspadalah kalo kamu mulai kesusahan untuk menghadapi masalah-masalahmu.

Sebagai contoh, biasanya kamu bisa selesai mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan lain walaupun dengan susah payah. Tapi kali ini, jangankan mengerjakan tugas, bangun dari tempat tidur pun susah. Hal ini bisa menjadi tanda-tanda kalau ada sesuatu yang salah dalam dirimu.

2. Merasa tidak bahagia dan tertekan

Merasa sedih, tidak bahagia, stres, adalah hal yang wajar. Tapi, kalo misalnya kamu udah mengalaminya dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya kamu waspada.

Apalagi ketika kamu mulai nggak menikmati aktivitas menyenangkan, kayak melakukan hobi atau bermain bersama orang terdekat. Hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda menurunnya kondisi kesehatan mentalmu.

3. Sulit berkonsentrasi dan mengambil keputusan

Kedua hal ini menjadi salah satu tanda kesehatan mental yang menurun, karena stres bisa memicu otak kita untuk merasa kelelahan dan berakibat pada konsentrasi dan pengambilan keputusan.

4. Perubahan pola tidur, makan, dan melakukan aktivitas sehari-hari

Beberapa orang mengalami hilangnya nafsu makan atau kesulitan untuk tidur, sementara beberapa orang yang lain justru mengalami peningkatan nafsu makan atau jam tidur ketika sedang menghadapi stress. Yang pasti, kalo kamu mengalami salah satunya, bisa jadi ada sesuatu yang salah dalam dirimu.

5. Hidup terasa tidak berguna dan tidak ada artinya

Ketika sedang terpuruk, ada saat-saat di mana kita merasa kalau hidup itu nggak berarti. Atau bahkan, kita mungkin kehilangan makna dan tujuan hidup.

Seringkali, keinginan untuk menyakiti diri atau bahkan hingga mengakhiri hidup juga timbul akibat hal ini. Jika hal tersebut sudah mulai kamu rasakan, ada baiknya kamu mulai waspada. Dan ada baiknya segera konsultasikan pada pakar yang menguasainya.

Nah, kelima tanda tersebut sebenarnya udah jadi suatu “alarm” di hidup kita kalau misalnya ada sesuatu yang salah dari hidup kita. Jika tanda-tanda itu kamu alami bahkan hingga mengganggu hidupmu, ada baiknya segera mengambil tindakan. Salah satunya adalah mengkonsultasikan permasalahanmu bersama Mentor Satu Persen yang siap membantumu.

Terus, apa penyebab kesehatan mental bisa menurun?

Salah satunya adalah karena stres. Dalam psikologi, kata ‘stres’ itu merujuk pada kata ‘tekanan’, sebuah hal besar yang membuatmu tertekan.

Jadi ketika menghadapi sumber stres, kita melakukan screening dulu terhadap sumber stres-nya. Barulah setelah itu kita menentukan, “ini jenis stres yang kuat aku hadapi” dan “ini jenis stres yang bakal bikin aku stres berat”. Istilah itu bisa disebut dengan cognitive appraisal.

 
Back
Top