Alasan Orang Tidak Bersin saat Tidur
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Alasan Orang Tidak Bersin saat Tidur

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Alasan Orang Tidak Bersin saat Tidur


Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu pernah merasa kesal ketika ingin bersin tapi tak jadi. Namun, pernahkan Anda memperhatikan Anda tidak bisa bersin saat tidur?

Saat tidur, otak mematikan respons refleks tubuh seperti bersin dan batuk. Jadi, ketika tubuh harus bersin, seseorang akan bangun, kata seorang penulis medis, konsultan, dan pakar konten di Sleeping Ocean, Dr Po-Chang Hsu.

Seperti kita ketahui, bersin itu sendiri terjadi sebagai refleks, atau respons yang tidak disengaja. Jadi, mustahil untuk menahannya. Bahkan, dengan bersin dapat membantu tubuh membersihkan iritasi seperti serbuk sari, debu, dan bahan kimia.

Bersin mungkin terasa tidak nyaman atau sedikit memalukan. Namun, langkah terbaik tentu dengan membiarkannya terjadi. Menahan bersin secara konsisten dapat menyebabkan penumpukan lendir, infeksi telinga tengah, atau kerusakan pada gendang telinga.

Mengapa tidak bersin saat tidur?

Tubuh menekan bersin dengan dua cara berbeda, tergantung pada fase tidur. Anda melewati fase-fase ini sepanjang malam.

Ada dua fase dalam tidur, yakni tidur non-rapid eye movement (NREM) dan tidur rapid eye movement (REM), fase tidur di mana Anda bermimpi.

1. Selama Tidur NREM

Tidur NREM, yang datang lebih dulu, memiliki tiga tahap:

Tahap satu: Tahap tidur paling ringan ini berlangsung dari satu hingga lima menit.

Tahap dua: Pada tahap ini, detak jantung dan suhu Anda turun saat Anda tertidur lebih nyenyak.

Siklus pertama tahap ini berlangsung sekitar 25 menit, dengan setiap siklus selanjutnya berlangsung lebih lama.

Tahap tiga: Tahap tidur terdalam ini sulit untuk dibangunkan. Anda akan merasa pusing jika sesuatu terjadi untuk membangunkan Anda selama tahap ini sebelum berakhir secara alami.

Selama tidur NREM, sistem sensorik dan refleks tubuh Anda terus bekerja, tetapi kurang sensitif.

Inilah sebabnya mengapa Anda kadang-kadang bisa tidur melalui suara keras atau mengapa seseorang mungkin perlu membangunkan Anda.

Dengan cara yang sama, hal-hal yang biasanya memicu bersin, seperti debu atau serbuk sari di udara, akan lebih sulit mendapatkan perhatian otak Anda selama tidur NREM.

Anda bisa saja bangun untuk bersin pada salah satu tahap tidur yang lebih ringan jika rangsangannya cukup kuat ---- seperti embusan angin yang meniup serbuk sari melalui jendela yang terbuka.

Tetapi Anda tidak akan bersin selama Anda tetap tidur.

2. Selama Tidur REM

Anda tidak bisa bersin selama tidur REM karena keadaan sementara yang disebut motor atonia membuat tubuh Anda lumpuh saat Anda bermimpi.

Pada dasarnya, otak Anda mematikan kemampuan tubuh untuk bergerak untuk mencegah Anda memerankan apa yang terjadi dalam mimpi Anda.

Bersin membutuhkan koordinasi beberapa otot, dan karena otot tidak dapat bekerja ketika otak Anda menempatkan Anda ke dalam keadaan atonia motorik, Hsu bilang maka tidak mungkin bersin selama tidur REM.

Bersin Malam Hari

Anda mungkin bersin lebih sering di malam hari karena dua alasan utama. Pertama, berbaring meningkatkan aliran darah ke saluran hidung.

"Akibatnya, Anda menghasilkan lebih banyak lendir, yang meningkatkan kemungkinan bersin," kata direktur medis di New Waters Recovery, Dr Harold Hong, dilansir dari Insider.

Penyebab kedua terletak pada lingkungan tidur Anda itu sendiri. Sejumlah alergen di kamar tidur mungkin menyebabkan Anda bersin, dengan penyebab umum termasuk:

- Bulu hewan peliharaan

- Serbuk sari

- Tungau debu

- Mold

Cegah Bersin

Bersin-bersin yang berlangsung sering di malam hari tentu membuat Anda tidak bisa tidur. Atau Anda jadi sering terbangun karena bersin, Untuk mencegah bersin tanpa menahannya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Langkah pertama yang baik mungkin menghilangkan potensi pemicu alergi dari kamar tidur Anda. Selain itu, bisa melakukan tujuh tips ini:

1. Kurangi serbuk sari di kamar tidur :Tutup jendela, terutama pada hari-hari dengan serbuk sari tinggi, dan jalankan pembersih udara.

2. Jaga kebersihan tempat tidur: Para ahli merekomendasikan untuk mencuci seprai sekali seminggu dan sarung bantal setiap dua hari dengan air yang paling panas.

Atau Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan penutup tempat tidur penghalang alergi untuk mengurangi paparan terhadap alergen yang berasal dari kasur Anda.

3. Jangan biarkan hewan peliharaan ke tempat tidur: Bulu hewan peliharaan di tempat tidur dapat menyebabkan iritasi hidung dan bersin.

Jika Anda benar-benar suka memiliki hewan peliharaan di kamar tidur Anda di malam hari, cobalah menyiapkan tempat tidur terpisah untuk kucing atau anjing.

4. Jaga kebersihan kamar tidur: Menyedot debu, membersihkan debu, dan membersihkan permukaan di kamar tidur Anda sekali atau dua kali seminggu dapat membantu mengurangi debu dan bulu yang dapat memicu bersin.

5. Cobalah mandi di malam hari: Bilas cepat sebelumn tidur, ini dapat membantu menghilangkan debu dan serbuk sari dari kulit dan bahkan dapat membuat tidur lebih nyenyak.

6. Periksa jamur di rumah: Evaluasi rumah Anda untuk keberadaan jamur dengan memeriksa secara visual area gelap dan lembab dan memperhatikan bau apek.

Jika Anda merasa memiliki masalah jamur, bersihkan area dengan jamur secara menyeluruh dan kemudian gunakan dehumidifier.

"Jika tips di atas tidak membantu dan Anda masih sering terbangun untuk bersin, cobalah menghubungi ahli alergi atau imunologi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan pengobatan Anda, yang mungkin termasuk obat atau suntikan alergi," kata Hong.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.781
 
Reputasi: 1907

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mengapa Saat Bersin Mata Kita Selalu Merem?? tukul4mata Kesehatan 0
Mengapa Saat Bersin Mata Kita Selalu Merem?? cantsile Kesehatan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.