Mulut Pahit: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

spirit

Mod
ilustrasi-mulut-1_169.jpeg

Mulut pahit merupakan kondisi umum yang terjadi apabila Anda sedang sakit. Kondisi inilah yang menyebabkan nafsu makan Anda menurun sehingga memperparah sakit yang sedang alami. Tapi jangan salah, kondisi ini nyatanya tidak selalu disebabkan oleh sakit, lho! Ada banyak hal yang bisa memicu munculnya kondisi tersebut. Lalu, apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi mulut pahit?

Penyebab Mulut Terasa Pahit
Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan dysgeusia. Dysgeusia tidak hanya menimbulkan rasa pahit, tapi juga rasa asam atau seperti habis menjilat logam. Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dysgeusia yang bisa diwaspadai:

Penyakit Asam Lambung
Mulut pahit bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung, yang merupakan gejala dari penyakit GERD. Penyebab utama penyakit GERD ini adalah konsumsi makanan asam, pedas, dan berlemak. Selain itu, terlambat makan dan faktor stres juga bisa memicu munculnya kondisi tersebut.

Mulut Kering
Kurangnya produksi air liur juga bisa memicu munculnya rasa pahit di mulut. Kondisi ini dikenal dengan sebutan xerostomia atau mulut kering, kondisi ini juga sering kali menimbulak bau mulut dan nafas tidak sedap. Xerostomia sendiri bisa terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu, merokok, dehidrasi, penuaan, hingga penyakit autoimun.

Ketidakseimbangan Hormon
Ketidakseimbangan hormon seperti perubahan kadar estrogen saat wanita sedang hamil atau menstruasi bisa menjadi penyebab mulut terasa tidak enak. Inilah sebabnya, wanita hamil atau yang ingin menstruasi mulutnya sering kali terasa agak pahit.

Kekurangan Vitamin B-12 dan Zinc
Tanpa disadari, kekurangan asupan vitamin B-12 dan zinc bisa membuat mulut menjadi terasa pahit. Tidak hanya itu, kekurangan dua nutrisi tersebut juga dapat menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu
Mengonsumsi obat-obatan tertentu akan menimbulkan beragam efek samping pada tubuh, salah satunya ialah mulut terasa pahit. Sejumlah obat-obatan medis yang bisa menimbulkan efek samping tersebut di antaranya antibiotik, obat tidur, obat diabetes, obat osteoporosis, obat jantung, dan obat kanker.

Kebersihan Gigi yang Buruk
Penyebab yang terakhir adalah akibat kebersihan gigi yang buruk. Kebersihan gigi yang buruk bisa menyebabkan bakteri dan kuman menumpuk di dalam rongga mulut. Kondisi inilah yang menyebabkan mulut menjadi terasa tidak enak, seperti menelan logam. Di samping itu, masalah gigi seperti gigi berlubang, infeksi, dan penyakit gusi juga bisa menyebabkan mulut menjadi pahit.


 
Back
Top