Mengelola Emosi dengan Baik

spirit

Mod
WhatsApp-Image-2022-06-02-at-8.18.51-AM-2.jpeg

Emosi seringkali diidentikkan dengan sikap “marah”, padahal emosi sendiri memiliki beberapa bentuk lho! Contoh emosi yang lain adalah rasa bahagia, sedih, jijik, terkejut dan takut. Emosi berperan penting bagi kehidupan setiap manusia. Misalnya, emosi memengaruhi cara kita berhubungan dengan orang lain dan berperan ketika kita mengambil suatu keputusan. Dengan memahami emosi, kita dapat lebih memahami dampaknya terhadap perilaku dan mengetahui cara untuk mengendalikannya.

Perlu diketahui bahwa mengelola emosi itu penting karena akan membuat kita lebih memahami keadaan diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Dengan kemampuan mengelola emosi yang baik membuat kita terhindar dari perilaku impulsif yaitu melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan akibatnya.Mengelola emosi yang baik tidak terlepas dari aspek-aspek yang harus diperhatikan, diantaranya :

  • Kesadaran emosional
    Kamu bisa mencoba untuk mulai menyadari dan mengetahui emosimu dan emosi orang lain, bagaimana mereka memengaruhimu dan emosi apa yang muncul ketika kamu berada di suatu keadaan tertentu. Selanjutnya kamu bisa menilai dirimu dan mengambil keputusan yang tempat dalam kondisi tertentu.
  • Manajemen diri
    Manajemen diri yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur emosi yang sedang dirasakan, menghindari pemikiran impulsif dan memanfaatkan emosi yang dirasakan untuk mengambil keputusan yang positif.
  • Manajemen hubungan
    Ketika kamu sudah bisa mengatur emosimu sendiri, kamu bisa mengatur hubunganmu dengan orang di sekitarmu dengan baik dan dapat berempati sehingga akan terbangun hubungan sosial yang positif.

Ternyata ada banyak macam emosi yang dirasakan oleh manusia, oleh karena itu kita harus mulai mengasah kemampuan mengelola emosi.

 
Back
Top