Pilpres 2024

[ame="https://www.youtube.com/watch?v=EIKt3ZFBROs"]Sah! Ganjar Pranowo Capres dari PDIP - YouTube[/ame]

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan kopiah kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai tanda dipilihnya sebagai calon Presiden pada Pilpres 2024.
 
081500300_1655265806-WhatsApp_Image_2022-06-15_at_09.54.49.jpeg

Ganjar – Erick Dinilai Mampu Lanjutkan Pembangunan Presiden Jokowi


Liputan6.com, Jakarta - Kandidat pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir dinilai oleh Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mampu melanjutkan pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemerintahan. Pasalnya, dua pemimpin tersebut adalah sosok yang memiliki kesamaan visi dan misi pembangunan Indonesia ke depan.

Terutama Erick Thohir yang merupakan pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi di pemerintahan. Orang nomor satu di Kementerian BUMN dan PSSI ini telah berulangkali menyukseskan visi dan misi pembangunan yang dimiliki oleh Presiden Jokowi di pemerintahan.

“Pengalaman Pak Erick Thohir sebagai pengusaha itu bisa membantu Pak Ganjar Pranowo dalam melanjutkan pembangunan ekonomi ke depan, untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis atau dilakukan oleh Pak Jokowi sekarang,” terang Djayadi, Selasa (25/04).

Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan profesional kelas internasional. Kepiawaian Erick Thohir dalam hal ekonomi telah berulang kali membuat Presiden Jokowi kepincut dan menjadikannya sebagai andalan di pemerintahan.

Seperti halnya ketika pandemi Covid-19 melanda, Erick Thohir diberikan amanah oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). Menjalankan tugasnya Erick Thohir berhasil menanggulangi pandemi dengan mendatangkan jutaan vaksin Covid-19 dari berbagai negara untuk masyarakat Indonesia.

Ia menyukseskan program vaksinasi nasional dengan menggandeng kepala daerah, tokoh masyarakat dan agama. Erick Thohir kini bahkan berhasil memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yang diberi nama IndoVac.

Di samping itu ia berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat dengan menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur sehingga sektor UMKM dapat bertahan serta berkembang. Di sektor makro, Erick Thohir berhasil memberikan kontribusi dari Kementerian BUMN kepada negara dengan transformasi perusahaan – perusahaan pelat merah yang dilakukan.

Erick Sukses Tingkatkan Kontribusi Buat Negara

Melalui transformasi ini, Kementerian BUMN berhasil meningkatkan kontribusi kepada negara dalam tiga tahun terakhir sebesar Rp 68 triliun. Hal inilah yang membuat Erick Thohir menjadi pemimpin kepercayaan Presiden Jokowi dan dinilai mampu mengemban amanah sebagai orang nomor dua di Indonesia selanjutnya untuk meneruskan program pembangunan pemerintah.

Maka dari itu, duet Ganjar – Erick di pemerintahan Indonesia selanjutanya dilihat oleh Djayadi memiliki kecocokan untuk meneruskan visi dan misi pembangunan pemerintahan era Presiden Jokowi.

“Ganjar – Erick punya poin penting. Erick Thohir memiliki beberapa komplementaritas dengan capresnya Ganjar Pranowo,” pungkas Djayadi.

003057500_1677492999-Infografis_SQ_Peluang_Usung_Ganjar_Pranowo-Erick_Thohir__Respons_Internal_PAN.jpg
 
061597500_1669595947-a2608b7f-9acd-4555-9370-6a91d4624600.jpeg

PPP Ikuti Jejak PDIP Deklarasi Ganjar Capres 2024, Bagaimana Nasib KIB?


Liputan6.com, Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Capres) yang diusung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Keputusan ini disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono usai Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Sleman, Yogyakarta.

"Setelah musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucap Bismilah, PPP memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Indonesia pada Pemilu 2024," kata Mardiono diiringi suasana hujan saat jumpa pers di Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/4/2023).

Sebelum deklarasi, Mardiono sempat memberi sinyal soal siapa sosok yang akan diumumkan sebagai capres dari PPP. Menurut dia, sosok itu sudah disepakati oleh mayoritas kader PPP.

"Insyaallah keputusan pengurus harian dan keputusan majelis partai merupakan satu presentasi 80 persen barangkali dapat diputuskan dalam rapimnas," jelas dia

Mardiono mengungkapkan sejumlah alasan PPP mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pemilu 2024 mendatang. Kendati Ganjar merupakan kader PDIP.

"PPP yakin, seyakin-yakinnya dengan kultur keluarga NU beliau, pasti (Ganjar) memiliki visi yang hampir sama dengan PPP. Semoga Indonesia yang didambakan oleh umat dan para pendiri bangsa ini dapat menjadi negeri Baldatun Toyyibatun Warabbun Gofur," kata Mardiono.

Dia menambahkan, secara dinamis, Ganjar Pranowo diyakini dapat membuat Indonesia semakin kuat dan mensejahtera rakyat. Selain itu, PPP memandang kapasitas, integritas dan akseptabilitasnya sangat layak untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa.

"Dukungan popularitas dan elektabilitas telah dibuktukan berbagai lembaga survei dengan menempatkan posisi teratas bila di bandingkan dengan tokoh lainnya," jelas Mardiono.

Selain itu, secara historis Ganjar Pranowo merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan PPP.

Sebab diketahui, mertua Ganjar adalah Almarhum Achmad Musadik Supriyadi yang pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga selama empat periode pada 1973-1991, lima periode menjabat sebagai DPRD Kabupaten, dan satu periode Anggota MPR RI dari PPP.

"Hingga saat ini rumah beliau juga masih digunakan sebagai Kantor Cabang PPP di Kabupaten Purbalingga," ungkap Mardiono.

Tidak hanya itu, sambung Mardiono, kakak ipar Ganjar yaitu Nurul Hidayah, saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga, sekaligus Anggota Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah.

KIB Terancam Bubar?

Partai Golkar angkat bicara soal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Golkar pun menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun bersama PPP dan PAN, tak akan bubar.

"Bagi kami, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap tak akan bubar," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, Partai Golkar dan PAN masih sejalan dan konsisten dengan kesepakatan yang telah dibangun bersama yakni, mengedepankan politik gagasan dan ide. Terlebih, kata Ace, KIB masih bisa mencalonkan capres sendiri.

"Partai Golkar dengan PAN masih tetap memenuhi untuk persyaratan presidential treshold. Jadi jika PPP telah memiliki kebijakan sendiri, tak mengurangi kecukupan tiket Pilpres 2024 dari KIB," jelasnya.

Kendati begitu, Ace menyampaikan setiap partai politik memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan capres. Untuk itu, dia menyebut pengusungan Ganjar Pranowo oleh PPP merupakan kebijakan internal mereka.

"Termasuk Partai Golkar juga masih konsisten dengan Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres dari Golkar," ucap Ace.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi juga turut menanggapi sikap PPP yang resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang diusung untuk Pemilu 2024.

Viva mengakui, PAN menyambut baik keputusan PPP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres untuk Pemilu 2024. Bahkan, kata dia, PPP sudah berkomunikasi dengan PAN maupun Golkar sebagai partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"PAN merasa gembira karena PPP telah mengumumkan mas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung di Pilpres 2024," kata Viva dalam keterangan tertulis, Rabu (26/4/2023).

"PPP sebelumnya telah melakukan komunikasi dan diskusi dengan PAN dan Golkar karena masih di KIB tentang rencana pengumuman penetapan capres. PAN menghormati keputusan PPP tersebut," sambungnya.

Viva mengungkapkan, besok Kamis 27 April 2023, Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan akan bertemu dengan Ketum PPP Mardiono di kediaman Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk membahas sejumlah hal, termasuk terkait Pipres 2024.

"Agenda yang dibahas di antaranya soal kebijakan pilpres dan tantangan bangsa ke depan. Untuk tempat silaturahmi, tuan rumahnya adalah Golkar," kata dia.

Senada, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno menyampaikan, pertemuan para ketum parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besok, tidak hanya sekedar membahas posisi masing-masing parpol dalam mengusung capres-cawapres.

Tetapi, lanjut Eddy juga akan dibahas perihal kelanjutan pembentukan Koalisi Kebangsaan yang digagas beberapa waktu yang lalu di Kantor DPP PAN yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nah ini kita akan melakukan pembahasan tersebut. Dan pembahasan tersebut akan dilaksanakan berdasarkan sebuah konsep kebersamaan untuk mencapai sebuah tujuan, cita-cita bersama untuk mencapai musyawarah, mufakat dalam mengusung capres dan cawapres di 2024 mendatang," kata Eddy.

Menurut Eddy, KIB bertujuan untuk mendorong calon pemimpin yang dapat memimpin Indonesia secara utuh dan bergotong royong. Dia menyebut, KIB telah berkomitmen untuk membahas dan memutuskan segala sesuatu bersama-sama.

"Jadi kami merasa bahwa kebersamaan dalam KIB itu sangat kuat, sehingga apapun yang akan diputuskan ke depan akan dibahas dan dimusyawarahkan bersama-sama," kata dia.

Lebih lanjut, ihwal PPP yang telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres untuk Pemilu 2024, Eddy mengaku PAN mengapresiasi keputusan tersebut.

"Kami mengapresiasi apa yang telah diputuskan oleh PPP berkaitan dengan mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai capresnya. Tentu itu sebuah keputusan yang kami hormati," katanya.
 
iwan-bule-resmi-gabung-partai-gerindra-Jo1PcHbZbU.jpg

Iwan Bule Resmi Gabung dengan Partai Gerindra


JAKARTA, KOMPAS.com - Politikus Partai Gerindra Kamrussamad mengatakan, mantan Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule telah resmi bergabung menjadi kader Partai Gerindra. "Iwan Bule menjadi kader Partai Gerindra," ujar Kamrussamad kepada wartawan, Kamis (27/4/2023). Kamrussamad mengungkapkan, Iwan Bule akan memperkuat barisan perjuangan Partai Gerindra. Menurutnya, Iwan Bule bergabung Gerindra dalam rangka pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Esa hilang tumbuh seribu, tunas-tunas bangsa terus memberikan perhatian terhadap cita-cita perjuangan," katanya. "Iwan Bule akan memperkuat barisan perjuangan Partai Gerindra dalam menghadapi Pemilu 2024," ujar Kamrussamad lagi.

Sebagai informasi, Iwan Bule dijadwalkan mendatangi rumah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Kamis malam ini. Dalam unggahan di Instagram resminya, Iwan Bule memang sedang menghadiri Rapat Koordinasi Partai Gerindra. Namun, hingga saat ini, belum ada pihak di lokasi yang bisa dimintai keterangan.

.
 
073618000_1664772599-Senyum_Anies_Baswedan_Saat_Resmi_Diusung_Partai_Nasdem_di_Pilpres_2024-Faizal-5.JPG

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Surya Paloh Sebut Belum Terasa Efek Ekor Jas dari Mendukung Anies Baswedan


Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan, belum ada efek ekor jas elektoral kepada partainya dari mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Ia berharap, efeknya akan terasa seiring Anies mendapatkan empati dari masyarakat

"Saya lihat ini belum sepenuhnya ya, dia akan bergerak terus. Mudah-mudahan saja Bung Anies akan semakin mendapatkan empati dan tempat di masyarakat," ujar Surya di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Menurutnya, bila banyak masyarakat yang mendukung Anies Baswedan, maka NasDem juga akan mendapatkan keuntungan elektoral.

"Ya automatically itu akan sejalan dengan sekarang. Semakin banyak yang barangkali dengan calon presiden yang didukung oleh NasDem, suka atau tidak suka, sebenarnya wajar saja kalau dia mendapatkan ekor jas tadi," jelas Surya.

NasDem juga bersiap bila ada dampak negatif dari mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu. NasDem siap dengan segala konsekuensinya. Tetapi, NasDem optimis untuk menyongsong Pileg tidak hanya bergantung dari efek Anies Baswedan.

"Ya kan? Tapi kalau sebaliknya, semakin banyak yang tidak berempati. Ya NasDem juga harus siap-siap dengan konsekuensi itu. Tapi Insyaallah kenapa barangkali kita masih optimis besar ini, tidak hanya bergantung pada faktor capresnya sendiri, tapi kerja-kerja partai ini diluar daripada kerja pencapresan itu tidak kalah pentingnya. Dan kita lakukan itu secara bersamaan," ujar Surya.

Anies Baswedan Akan Temui Wakilnya

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan akan menemui tokoh bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya. Rencananya tim delapan akan membahas rencana pertemuan ta'aruf Anies dengan bakal calon pendampingnya.

"Ya lima nama kami akan rapat minggu depan, untuk mematangkan itu. Tetapi ini sudah komunikasi dengan para kandidat. Minggu depan tim 8 akan rapat intensif beberapa hari," ujar Ketua DPP Nasdem Willy Aditya di kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Willy mengatakan, Anies akan ikut dalam pertemuan dengan lima bakal cawapres. Ia memastikan lima nama calon wakil presiden itu akan ditemui.

"Ya Pak Anies mau ikut katanya," ucap dia.

Namun, Willy belum mau menyebut siapa saja lima bakal cawapres yang telah digodok NasDem. Ia juga tidak menyebut siapa yang akan ditemui pertama kali.

"Nanti kita bocor-bocorin dikit," kata Willy.





Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com
 
002839800_1570787250-20191011-Presiden-Jokowi-Terima-Prabowo-di-Istana-Merdeka.jpg

Prabowo Subianto Akan Temui Jokowi, Konsultasi Soal Cawapres Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut bahwa calon presiden (capres) Prabowo Subianto akan menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rangka menentukan calon wakil presiden pilihan, yang akan dipasangkan maju Pilpres 2024.

“Calon wakil presiden adalah orang yang bisa bekerja sama dengan Prabowo dalam hal melanjutkan legasi kepemimpinan Pak Jokowi, pemerintahan maupun pembangunan lainnya. Sehingga visi ini kalau bisa dipahami sebagai visi bersama saya kira itu bisa saja,” tutur Muzani di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Dalam rangka menentukan cawapres, lanjut Muzani, Prabowo akan menemui banyak pihak dan tokoh. Tidak terkecuali meminta masukan dan berkonsultasi dengan Presiden Jokowi.

“Ya saya kira Pak Prabowo akan melakukan diskusi dengan semua tokoh. Lagi dengan seorang presiden, penting karena ini adalah orang yang legasinya akan diteruskan. Saya kira pasti akan dilakukan itu. Tokoh-tokoh banyak Prabowo berdiskusi, kiai-kiai, para pensiunan jenderal, dan senior politik. Prabowo terbuka untuk berdiskusi apalagi dengan seorang Presiden Joko Widodo,” jelas dia.

Muzani menyatakan, Prabowo akan membangun kekuatan maju Pilpres 2024 dengan menampung setiap masukan dari berbagai pihak, termasuk Presiden Jokowi sekalipun.

“Dalam hal-hal menentukan calon wakil presiden akan dengan semua kekuatan partai politik yang mendukung beliau, tokoh, ulama, kiai, habaib, termasuk dengan presiden,” Muzani menandaskan.

Erick Thohir Masuk Radar Cawapres Prabowo

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui pihaknya turut memperhatikan sepak terjang Erick Thohir selama menjadi pejabat publik, sehingga sosok tersebut masuk dalam radar calon wakil presiden (cawapres) untuk calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"Ya kami melihat orang-orang yang punya kemampuan beri bakti ke bangsa dan negara, orang-orang terbaik, dan tiap orang yang disodorkan parpol kami hormati sebagai orang-orang yang memiliki bakti ke bangsa negara karena itu ET sekalipun yang disodorkan PAN untuk jadi cawapres," tutur Muzani di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Menurut Muzani, meski tidak disodorkan pihak manapun, sosok Erick Thohir memang tengah diperhatikan Gerindra. "Kami juga ikuti dan amati Pak ET. Kalau masuk radar ya…," jelas dia.

PAN sempat menawarkan sosok Erick Thohir untuk maju menjadi cawapres untuk calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang diusung PDIP dan Prabowo Subianto yang diusung oleh Gerindra. Meski bukan kader PAN, ada sejumlah alasan yang membuat Menteri BUMN itu didorong maju Pilpres 2024.

"Alhamdulillah memang Pak Erick Thohir di dalam beberapa kesempatan terutama survei akhir-akhir ini menunjukkan momentum yang baik, survei, jadi ada kenaikan, bahkan Indikator Politik kemarin itu memberitakan, melaporkan bahwa beliau sudah unggul di dalam survei cawapres," tutur Sekjen PAN Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Namun lebih dari itu, kata Eddy, sosok Erick Thohir memiliki hubungan persaudaraan, baik dengan PAN maupun Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.
 
029821700_1685962051-Partai_Gerindra_melakukan_pertemuan_dengan_PAN-HERMAN_7.jpg

PAN Sodorkan Nama Erick Thohir Jadi Cawapres ke Prabowo dan Megawati


Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini tengah disibukkan dengan beberapa agenda politik. Di antaranya mencalonkan Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, partai berlambang matahari putih ini telah melakukan komunikasi politik kepada dua petinggi partai, yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Tujuannya, untuk mempertimbangkan pencalonan Erick Thohir oleh PAN sebagai bakal calon wakil presiden bersama Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

"Ya seperti apa yang kita sampaikan ke Ketua Umum PDIP Megawati, bahwa memohon mempertimbangkan Erick Thohir sebagai cawapres," kata Eddy, saat ditemui di Bogor, Minggu, 11 Juni 2023.

"Dan hal yang sama kita sampaikan juga kepada Gerindra supaya Erick Thohir dipertimbangkan sebagai cawapresnya Prabowo," ujar dia.

Eddy berharap, usulan partainya bisa dipertimbangkan. PAN menilai Erick Thohir memiliki rekor yang patut diperhitungkan.

"Sampai hari ini komunikasi kami tetap berjalan, tetap berlangsung. Mau terbuka maupun tertutup, kami tetap melanjutkan dengan semua pihak, terutama dengan teman-teman KIB," ujar dia.

Ini Alasan PAN Calonkan Erick Thohir sebagai Cawapres

025336300_1679903587-a9066bf2-8a1b-4840-a029-8e725cb7c825.jpg

Eddy menjelaskan alasan PAN mencalonkan Erick Thohir sebagai bacawapres pada Pemilu 2024. Pertama, kata Eddy, Menteri BUMN dan Ketum PSSI ini aktif berkegiatan dengan PAN.

"Hubungan beliau sangat dekat dengan PAN. Kita merasa sangat kompak untuk bekerja sama dengan Erick Thohir, sehingga banyak kader-kader PAN di seluruh Indonesia mendorong bahwa PAN wajib mengusung Erick Thohir sebagai cawapres di luar kader kita," kata dia.

Kemudian, lanjut Eddy, Erick sukses membawa Timnas Indonesia ke Asian Games kemudian juga sukses menjadi ketua pemenangan Jokowi di Pilkada 2019. Lebih lanjut, Erick dinilai sukses mengelola PSSI.
 
075516300_1686745043-Sandiaga-Uno-Resmi-Jadi-Kader-PPP-Angga-1.jpg

Sandi dikenakan jaket hijau muda berlambang Ka'bah oleh Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)​

Sandiaga Uno Resmi Bergabung ke PPP, Peluang Jadi Cawapres Ganjar Pranowo?

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-mundur dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno akhirnya memutuskan pelabuhan politik barunya dengan bergabung Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sandi secara resmi bergabung ke PPP setelah berbulan-bulan melakukan pendekatan dan melewati sejumlah rangkaian ospek atau masa pengenalan sebelum akhirnya dinyatakan secara sah menjadi kader partai Ka'bah.

Bergabungnya Sandi ke partai Ka'bah disambut meriah oleh kader PPP ditandai dengan adanya penyambutan oleh Sekjen PPP Arwani Thomafi, Wakil Ketua Umum Amir Uskara, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi dan jajaran petinggi PPP lainnya. Kehadirannya pun juga disambut tabuhan rebana dan sholawat.

Untuk diketahui, Peresmian Sandi menjadi kader PPP dilakukan di kantor DPP PPP, Jakarta Pusat pada Rabu 14 Juni 2023. Acara peresmian tersebut diawali dengan pemberian Kartu Tanda Anggota (KTA) dan pemberian Jaket Hijau PPP yang diserahkan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Mardiono mengatakan, diberikannya KTA menunjukan bahwa Sandi telah lulus dari ospek dan secara resmi telah menjadi bagian dari keluarga besar PPP.

"Jadi ini ospeknya sudah selesai, jadi nanti berarti Pak Sandi sudah lulus ya, Pak Sandi kita kasih KTA, Pak Sandi insyaallah resmi menjadi anggota keluarga besar PPP," kata Mardiono, di Kantor DPP PPP, Jakarta.

Usai menyerahkan KTA, Mardiono bercerita bahwa selama ini dirinya dengan Sandi hanya sebatas mitra kerja sama di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Namun, saat ini Mardiono mengatakan, jika dirinya sudah menjadi atasnnya Sandi di PPP.

"Hari ini mohon maaf ini saya jadi atasan Pak Sandi loh. Selama ini saya dengan Pak Sandi bermitra namanya mitra kerja, karena saya juga utusan khusus Presiden, Pak Sandi Menteri Pariwisata dan kemarin kalau hubungannya dengan PPP itu adalah mitra kerja karena Pak Sandi selalu menjadi narasumber yang aktif selama ini bersama dengan PPP," kata Mardiono.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif IndoStrategic Ahmad Khoirul Umam menilai, keputusan Sandiaga Uno bergabung PPP merupakan langkah konkret untuk mengakhiri berbagai isu spekulatif terkait posisi politiknya selama ini. Menurutnya, Sandi bisa memanfaatkan PPP sebagai kendaraan politik untuk meningkatkan nilai tawar politiknya, khususnya di bursa Cawapres.

"Setelah resmi menjadi kader partai Kabah, PPP yang sudah menentukan dukungannya pada pencapresan Ganjar Pranowo kini bisa mengajukan 'secara formal' proposal pencawapresan Sandi untuk mendampingi Ganjar. Meskipun keputusan akhir akan ditentukan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, namun PPP sebagai partai Senayan yang tercepat mendukung pencapresan Ganjar bisa menekan PDIP untuk mempertimbangkan proposal politiknya," kata Umam kepada Liputan6.com, Kamis (15/6/2023).

Selain itu, Umam berpandangan, PPP juga bisa memanfaatkan ketokohan Sandi untuk meningkatkan sentimen positif dan kekuatan elektoralnya yang dikhawatirkan sejumlah kalangan akan mengalami degradasi di Pemilu 2024.

"Untuk mengoptimalkan insentif elektoral Sandi ke PPP, maka PPP perlu memberikan peran dan tanggung jawab lebih kepada Sandi di struktur partai," ucapnya.

Oleh karena itu, Umam melihat tidak definitifnya posisi Ketum PPP tampaknya memang sangaja disiapkan untuk Sandi, sebagai bagian dari ber-gaining position dalam proses naturalisasi politik Sandi ke PPP. Namun, Sandi tampaknya tidak ingin langkahnya terkunci untuk menerima posisi Ketum PPP itu.

"Sepertinya Sandi akan menunggu perkembangan hasil keputusan PDIP atas proporsal Cawapres yang diajukan PPP ke depan," pungkasnya.

099378600_1686827753-Infografis_SQ_Sandiaga_Uno_Resmi_Bergabung_ke_PPP.jpg
 
Halo Perkenalkan situs resmi gacor di era ini SGARESMI
dengan server Thailand membuat permainan menjadi lebih seru dan fresh.
Hanya dengan modal 10,000 saja bisa bermain banyak games yang tersedia, bukan hanya itu kami juga sudah menyediakan berbagai platform sehingga mempermudah melakukan deposit.
tanpa banyak basa basi silahkan kunjungi link :

Link : https://techblaz.com/
Daftar : https://techblaz.com/
 
Back
Top