10 Kuliner Unik di Indonesia

spirit

Mod
10 Kuliner Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Unik Indonesia - Selain dikenal dengan suku dan budayanya yang beragam, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang nggak kalah uniknya dengan negara lain. Sebagai negara yang kaya dengan rempah-rempah, tentu tidaklah heran jika Indonesia memiliki jenis masakan yang lezat dan unik. Mulai dari Sabang sampai Merauke, seluruh daerah punya jenis masakan unik yang khas dengan cita rasanya masing-masing.

Nah, ini dia daftar kuliner unik di Indonesia yang telah kami rangkum untuk destinasi wisata kuliner kamu berikutnya. Simak terus ya!

Kuliner Unik di Indonesia

1. Ampiang Dadiah

Ampiang-Dadiah-shutterstock_1242257491-1024x683.jpg

Ampiang Dadiah​

Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan salah satu makanan unik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Kuliner unik khas Indonesia ini terdiri dari ampiang dan dadih. Ampiang sendiri merupakan pangan yang terbuat dari beras ketan dan ditumbuk, sedangkan dadih adalah susu kerbau yang difermentasi.

Dadih ini diolah dengan cara tradisional khas Minangkabau, yakni disimpan dalam potongan bambu dan disimpan selama beberapa malam. Campuran ampiang dan dadih tersebut disajikan dalam satu mangkuk yang lengkap dengan es serut. Rasa makanan unik satu ini sangat segar dan manis karena memiliki kandungan santan dan gula merah.

2. Gulai Siput

Gulai-Siput-Merdeka.jpg

Gulai Siput | Sumber gambar: Merdeka​

Mendengar kuliner gulai ayam sih udah biasa, tapi pernahkah kamu mencicipi gulai siput? Siput atau keong merupakan hama padi yang kerap dijadikan pakan bebek. Tapi, siapa yang menyangka kalau hewan yang satu ini ternyata bisa diolah menjadi masakan unik lezat.

Sedikit berbeda dengan keong, siput memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya gurih. Di kawasan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, olahan kuliner unik satu ini cukup populer.

3. Tempoyak

Sambal-Tempoyak-Detik.jpg

Sambal Tempoyak​

Penggemar durian wajib banget coba makanan unik di Indonesia yang satu ini. Pasalnya, tempoyak merupakan kuliner yang terbuat dari durian matang dan kemudian difermentasi. Makanan unik yang satu ini cukup populer di daerah Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Jambi. Selain itu, kuliner unik khas Indonesia ini juga bisa kamu temukan di Kalimantan Barat.

Untuk membuat tempoyak, durian yang sudah dilumuri garam kemudian disimpan dalam wadah tertutup selama 3 sampai 5 hari. Tempoyak yang sudah difermentasi dapat diolah menjadi sambal dengan campuran ayam atau udang, pepes, atau disantap bersama pindang. Rasanya unik dan memiliki rasa asam yang berasal dari proses fermentasi.

4. Nasi Kucing

Yogyakarta-Nasi-Kucing-699031747.jpg

Tenang aja, nggak ada seekor kucing pun yang teraniaya dalam membuat kuliner unik khas Indonesia selanjutnya ini kok. Dinamakan nasi kucing bukan karena ada daging kucing di dalam makanan ini, tapi karena porsinya sedikit seperti makanan untuk kucing.

Nasi kucing disajikan dengan cara dibungkus dalam daun pisang dengan topping yang berbeda-beda, mulai dari tempe orek hingga ikan teri. Bukan cuma harganya yang murah, kuliner unik yang populer di Yogyakarta, Solo, dan Semarang ini dapat dinikmati dengan berbagai macam lauk-pauk berbentuk sate yang bebas kita pilih.

5. Kue Dollar

Bentuknya yang bundar dan pipih mirip sekali dengan koin zaman dahulu. Itulah mengapa kue tersebut dinamakan kue dollar. Kuliner unik asal Indonesia selanjutnya ini wajib banget kamu coba saat berkunjung ke kota Surabaya.

Kue berbahan dasar terigu dan telur ini dicetak pipih menggunakan cetakan yang terbuat dari aluminium. Mulanya, kue dollar hanya memiliki rasa yang gurih. Namun sekarang terdapat banyak sekali varian rasa, mulai dari keju, wijen, hingga coklat.
 
6. Bir Pletok

Bir-Pletok-shutterstock_1096987409-1024x682.jpeg

Bir Pletok​

Jangan salah kaprah saat mendengar nama kuliner unik di Indonesia yang satu ini ya. Meski namanya bir pletok, tapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir Pletok merupakan kuliner khas Betawi yang dikonsumsi untuk menghangatkan badan.

Komposisi minuman unik khas Indonesia ini adalah bahan-bahan yang alami, seperti jahe, serai, daun pandan, dan kayu secang. Setelah direbus dengan air dan berubah warna, bir pletok kemudian dicampurkan dengan gula aren untuk memberikan rasa manis.

7. Kerupuk Melarat

Kerupuk-melarat-1024x1280-819x1024.jpg

Kerupuk Melarat​

Kerupuk sudah menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk dinikmati dengan berbagai jenis lauk-pauk. Nggak heran jika Indonesia memiliki beragam jenis kerupuk yang unik-unik, salah satunya kerupuk melarat khas Cirebon ini.

Dinamakan kerupuk melarat karena kuliner unik asal Indonesia ini nggak digoreng menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir panas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Pasir pun dijadikan opsi untuk memasak kerupuk ini karena harga minyak yang dulunya masih tinggi. Tertarik mencicipi makanan unik asal Indonesia satu ini?

8. Nasi Kentut

Dilihat dari namanya saja, nasi kentut ini sudah sangat unik. Menu makanan khas Medan ini hampir mirip dengan nasi kucing. Tapi, nasi ini nggak dibungkus dengan daun pisang, melainkan dengan daun kentut.

Aroma yang berasal dari daun kentut memberikan aroma yang khas dan dapat membantu melancarkan pencernaan loh. Makanan unik di Indonesia satu ini biasa dinikmati dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng, dan sambal.

9. Botok Tawon

Botok-Tawon-MerahPutih.jpg

Botok Tawon | Sumber gambar: MerahPutih​

Kuliner unik asal Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di daerah-daerah tersebut, sarang tawon atau lebah biasa dikonsumsi dan diolah menjadi masakan yang menyehatkan karena tinggi protein dan dikenal dengan nama Botok Tawon. Masakan unik khas Indonesia ini dilengkapi dengan daging kelapa muda dan petai cina. Rasanya gurih, nikmat, dan cocok dikonsumsi bersama dengan nasi putih.

10. Sate Kere

Sate-Kere-shutterstock_1510220981-1024x682.jpeg

Sate Kere​

Kalau sate biasa diolah menggunakan daging sapi atau ayam, sate kere nggak menggunakan keduanya. Makanan unik asal Solo yang satu ini terbuat dari potongan tempe gambus atau sejenis tempe yang terbuat dari ampas tahu. Maka dari itu, kuliner unik di Indonesia selanjutnya ini dinamakan sate kere alias sate miskin. Selain dari tempe gambus, sate kere juga biasanya dibuat dari jeroan sapi, seperti paru atau usus.

 
Back
Top