Mengenal Parakang

spirit

Mod
ffaa95a7-9b54-447e-8a09-7cd0d8df8042_169.jpeg

Mengenal Parakang, Makhluk Jadi-jadian yang Buat Resah Warga Sidrap

Sidrap - Warga Kelurahan Majelling Wattang, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel), resah atas isu kehadiran makhluk jadi-jadian yang kerap dinamakan 'parakang'. Keresahan warga setempat sudah berlangsung selama seminggu terakhir.

Bagi masyarakat Sulsel, cerita soal parakang sudah tak asing meski belum dapat dipastikan kebenarannya. Mitos soal parakang pernah diangkat ke layar lebar oleh sineas lokal pada 2017.

Lalu seperti apa sebenarnya parakang? Apakah sosok makhluk jadi-jadian itu bener-benar ada?

Seorang warga Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulsel, bernama Ardan (60) mengaku pernah bertemu langsung dengan sosok parakang. Parakang jadi momok bagi warga Sidrap.
"Parakang itu ada, dan wujudnya tetap menyerupai manusia," kata Ardan dalam perbincangan.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, parakang ialah seseorang yang tersesat dalam ilmu hitam yang dipelajarinya. Selain itu, parakang beraksi di luar rumah bukan dengan wujud aslinya, namun lebih berupa roh halusnya.

"Sehingga orang tertentu saja yang bisa melihat," katanya.

Ardan mengatakan parakang menjadikan orang-orang sakit, orang hamil, bayi, orang terkena diare, dan sering ke kamar mandi sebagai korban atau target. Menurutnya, ada yang tak biasa dari bola mata parakang.

"Ketika akan beraksi, matanya berbinar-binar seperti selalu basah, pandangan tidak ke satu arah atau selalu melihat ke sekeliling. Dan matanya tidak bisa ditatap lama, badannya juga akan menjadi sangat licin seperti belut," ucap dia.

"Misalkan kita dalam posisi duduk, namun dalam bayangan di bola mata parakang kita ada dalam posisi berbaring," tuturnya.


 
[ame="https://www.youtube.com/watch?v=vGV-jdiH-Lo"]HITAM - PUTIH CIKAL PARAKANG DI KAMPUNG LONGKA MAJANNANG - YouTube[/ame]

HITAM - PUTIH CIKAL PARAKANG DI KAMPUNG LONGKA MAJANNANG
 
Back
Top