Yang Mempengaruhi Umur Bintang?

ubay

New member
Black Hole, Bintang Neutron, matahari, bumi, dan supernova semuanya adalah bintang. Pernah suatu hari aku mendengar dongeng anak-anak dari stasiun radio, umur sebuah bintang itu ditentukan dari ukurannya. Kenapa begitu ya? Apa hubungannya ukuran dengan masa usia sebuah bintang? >:l
 
mungkin karena semakin lama semakin mengecil (aus) sehingga bintang yang memiliki masa dan ukuran besar umurnya juga akan semakin besar
 
umur bintang tergantung bahan bakarnya yg pastinya juga berpengaruh thd massanya. Saya sudah membahas masalah blackhole, ada jg di website saya. Supernova dan black hole bukan lagi berbentuk bintang. Bumi adalah planet, bukan bintang.
 
emangnya beda planet ma bintang apa sech?

Bintang

Menurut winkipedia, Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, bintang adalah Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang


Planet

Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut:

(a) mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang;
(b) mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat);
(c) tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya; dan,
(d) telah "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Planet
 
Planet bukan merupakan bintang krn tidak memiliki kemampuan u/ mengasilkan energi dr reaksi fusi nuklir. Klo dr keterangan sebelumnya dijelaskan bahwa planet mempunyai interaksi thd bintang shg planet mempunyai orbit tertentu (pergerakan mengelilingi bintang). e.g: pergerakan bumi mengelilingi matahari.
Klo dari pengalaman saya memperhatikan benda langit, bintang terlihat lebih terang. Secara kasat mata bintang walaupun letak-nya sangat jauh tapi terlihat berkerlap-kerlip di langit malam.

Bulan merupakan satelit bumi yang pergerakannya mengelilingi bumi. Mudahnya satelit adalah benda langit yg mempunyai kemampuan u/ mengelilingi planet dan pada pergerakan-nya mengelilingi planet, satelit juga mempunyai pergerakan mengelilingi bintang.

Kutipannya dr winkipedia:

Bulan merujuk kepada satu atau lebih satelit yang beredar mengelilingi sebuah planet yang ukurannya lebih besar, dan mereka pula pada gilirannya bergerak mengitari bintang. Bulan yang beredar mengelilingi bumi hanya berukuran seperempat ukuran bumi dan beredar mengelilingi bumi setiap 27.3 hari, pada jarak rata-rata 384,400 kilometer di bawah tarikan gravitasi bumi.

Bulan tidak mempunyai sumber cahaya dan cahaya bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya matahari. Bulan mempunyai diameter bersamaan 3,476 kilometer dengan gaya gravitasi hanya 0.16 = (1/6) gaya gravitasi bumi. Bulan dipercaya berasal daripada asteroid sebesar Mars yang menghantam bumi lalu pecah. Teras asteroid itu terus menghentam bumi, tetapi lapisan luar asteroid terpelanting dan terperangkap dalam orbit mengelilingi bumi lalu membentuk bulan.
 
Back
Top