Wisata Lumut?!

Megha

New member
Biasanya yang jadi taman wisata 'kan cuma wisata taman buah, wisata taman bunga, wisata taman lawang (Uupst.. salah ya :D) tapi gimana jadinya kalo ada wisata taman Lumut?!

Ah masa sih? :confused: ya iyalah.... coba aja datang ke kawasan Cibodas-Cianjur dekat kawah gunung Gede-Pangrango Jawa Barat. Siapa bilang lumut itu membosankan, coba deh dekati tanaman kerdil ini dari dekat.

Ditaman yang luasnya kurang lebih 200 hektar ini tumbuh ribuan jenis species lumut yang ada diseluruh penjuru tanah air. Dengan suhu antara 17 sampai 27 derajat celcius, ini emang klop banget sama habitat lumut yang suka dengan tempat-tempat yang lembab, so.. jangan heran kalau pengunjung yang datang banyak yang menggunakan jaket tebal (bagi yang belum terbiasa).

Saya sempat melihat ada lumut yang bentuknya seperti ekor merak, cantik banget deh!! (sayang nggak bisa nunjukin gambarnya) ada juga lumut yang bentuknya seperti daun pohon cemara tapi dalam ukuran lebih kecil. Pengunjung yang pertama kali datang ketaman lumut ini pasti akan terkecoh dengan pemandangan ditaman tersebut, semula saya juga begitu, saya pikir dataran hijau yang terbentang ini adalah rumput china yang menyerupai permadani, eh ternyata Lumut... :))

Selain hidup dibatu yan lembab, lumut juga ternyata tumbuh di tembok dan batang pohon. Diketahui bahwa lumut adalah tanaman pertama yang hidup didunia dan memberi kehidupan sampai masa sekarang (masa kita yang pernah hidup & bernafas didunia sampai saat ini). Pengunjung bakalan tercengang dengan ke-anekaragaman lumut yang ada ditaman yang bentuknya seperti miniatur gunung Gede-Pangrango ini,, asalkan rela berjongkok atau sedikit membungkuk untuk melihat keunikannya.

Lumut yang semula dianggap species menjijikan ternyata terangkat derajatnya oleh taman ini, bahkan banyak klinik Spa yang menggunakan lumut sebagai media kecantikan. Lumut dapat bertumbuh 1/2 cm pertahun (wah lama banget yah??) dan ternyata lumut berfungsi sebagai penyekat air & bisa dijadikan spons. Taman yang diresmikan pada tahun 2006 ini adalah taman lumut pertama dan terbesar didunia!! tapi jangan pernah menginjak atau menduduki lumut ini kalau sedang berkunjung yah.. :wink:

Ngmong-ngomong kalau lumut yang licin dikamar mandi itu, apakah benar-benar lumut yah?? >:l :D
 
Back
Top