Nephentes Si kantong Uang Buruk Rupa

Megha

New member

* Nephentes Amphularia di Kampar Riau


Tanaman buruk rupa ini mulai populer 1-2 tahun terkhir di Indonesia. Semula ia hanya sebuah pohon buruk rupa yang tidak dilirik, namun setelah "Dipoles" dalam kemasan menarik (dipotkan, dibuat kompak) si "buruk rupa" ini berubah menjadi "putri cantik."

Meski begitu, bukan berarti mengoleksi si kantong beruk ini tanpa kendala. Beberapa orang yang pernah saya tanyai mengaku sempat berhenti mengoleksi nephentes karena ketakung yang yang didapatnya mati setelah dirawat selama 2 bulan, kemungkinan karena tanaman ini terbiasa hidup didaerah dataran tinggi dan tak sanggup beradaptasi secara tiba-tiba begitu saja (didataran rendah), apalagi dikota.



* Nephentes Rajah

Tanaman asal hutan itu pun sulit diperbanyak. Pengalaman seorang pengoleksi Nephentes, 90% setek nephentes hutan mati. Diduga media tidak tepat dan kelembapan kurang jadi penyebab. Nephentes ternyata menyukai media bersifat asam dan porous. Pengalaman Ir.Uhan Suharlan yang saya kutip dari majalah Trubus mengatakan ia pernah menggunakan media moss. Namun tanaman justru membusuk, moss terlalu basah untuk digunakan nurseri di Cangkuang, kabupaten bandung. apalagi setiap pagi dan sore hari kantong beruk disiram layaknya merawat tanaman biasa.



*Nephentes Jacqueline

Perkara tanaman mesti dipupuk atau tidak pun sempat jadi kontroversi. Tapi sejauh yang banyak orang lakukan, mereka lebih suka mencemplungkan semut dan serangga lain daripada memberi pupuk, mengikuti "pola makan" nephentes di alam. Namun sebagian pengoleksi nephentes (juga) memberikan pupuk, hanya saja dengan dosis yang sangat ringan.

Nephentes ternyata bukan hanya sekedar tanaman Unik penyimpan uang, tetapi juga menyimpan energi positif dari ilmu Feng Shui.
 
Nephentes Menurut Pandangan Feng Shui



* Nephentes Rafflesiana


Kantong = Energi

Kantong energi. Itulah sebutan Dr Akina WAzzaro, master feng shui di Jakarta Pusat untuk nepenthes. "Dalam ilmu feng shui setiap kantong merupakan penyerap energi, ?kata doktor manajamen pemasaran dari Universiras Indonesia itu. Pun kantong nepenthes. Periuk kera menyerap energi dari Iingkungan sekitar Di rumah, ruang tamu?terutama pintu utama?adaIah tempat tepat meletakkan ketakung.

Maklum, ruang tamu jalur masuknya energi Namun, hindari nepenrhes yang mulutnya bergerigi. Menurut Akino, itu bisa mengubah energi baik yang masuk ke kantong menjadi energi jahat.





* Nephentes Adrianii

Merah = Jodoh

Boleh percaya, boleh tiduk. Namun, menurut Dr Akina Wazzaro, nepenthes berkantong merah bagus buat mereka yang susah mendapat jodoh. Dalum ilmu feng shui warna merah disebut li gua. Untuk memrperkuat efeknya, mesti diletakkan di Iokasi tertentu berdasarkan shio. Pada 2006, jika bershio ayam, taruh di arah selatan. Sedangkan shin babi di arah utara. Peletakkan lebih akurat bila perhitungan berdasarkan

tanggal Iahir Mereka yang punya masalah mata sebuiknya punya nepenthes merah.





* Nephentes Reinwardtiana

Kuning = Rezeki

Ini buat anda yang sedang menunggu promosi, mengharap rezeki berlimpah, dan karir rnenanjak. Nepenthes berkantung kuning dan berpinggang, pilihan tepat Menurut Dr Akino, bentuk dan warna kantong seperti itu mewakili mental.

Dalam ilmu feng shui disebut qian gua,itu mendatangkan rezeki Pada 2006, efek kaning metal lebih bagus jika diletakkan di ruang tamu dan mengurah ke utara.
 
Ini dia satu lagi jenis Nephentes Truncata yang banyak disukai kaum ibu, karena motif & bentuk bibirnya yang unik..

 
Tia suka yang ini

1_Nephentes_Truncata.jpg



=w=
 
Back
Top