Dijual: Kehidupan Pemuda 24 Tahun

pratama_adi2001

New member
Dijual: Kehidupan Pemuda 24 Tahun

SYDNEY - Jual beli barang melaui pasar elektronik eBay memang kian biasa. Barang apa saja bias dijual dan dibeli di sana. Bahkan, kehidupan baru pun bias dibeli di transaksi elektronik ini. Paling tidak, ada Nicael Holt, peselancar asal Australia, yang menyatakan menjual hidupnya. Dalam penawarannya, dia menyatakan menjual nama, nomor telepon, property, kehidupan sehari-harinya, bahkan teman-teman dan musuhnya.

Mahasiswa filsafat berusia 24 tahun itu, misalnya, berjanji memperkenalkan calon pacarnya, termasuk delapan wanita yang dikencaninya dan hubungannya yang sudah putus dengan seorang mantan pacar yang pemarah, kepada penawar tertinggi. Penawaran dimulai dengan AUD 5.000 dan ditutup pada AUD 7.500. Holt yang kuliah di Universitas Wollongong, Sidney Utara, itu menyatakan siap membuat kesepakatan jika ada penawar serius dan siap membayar tunai.

Holt juga menawarkan kursus empat minggu "menjadi aku", termasuk selera berbusana, makanan, dan gaya merayu. Dikatakannya, pembeli akan diberinya pelajaran sejarah pribadiku (yang baik dan buruk). Bahkan segala ketrampilannya juga akan diajarkan kepada pembeli, termasuk keterampilan berselancar, berdiri di atas tangan, dan berputar di api .

Mulai Maret mendatang, "Holt baru" (si pembeli hidup Holt) akan punya akses ke sebuah pekerjaan pengiriman buah. Sedangkan, Holt yang sesungguhnya (si penjual) akan memulai ambisi baru, yakni membuat dokumer tentang bisnisnya yang penuh risiko tadi. "Jika lima penawar yang mencatatkan diri itu nyata, saya benar-benar akan melakukannya. Bagi saya, itu sangat menarik. Tapi, jika kelima penawar itu tidak serius, saya akan mundur," ujarnya.

Sejauh ini, penjualan "kehidupan" melalui eBay tersebut telah menarik 48 penawar. Identitas dan jenis kelamin penawar tertinggi hinga kini belum diketahui. Mereka hanya disebut dengan istilah ridderstrade. EBay tidak mengomentari penjualan tersebut. Yang pasti, mereka tak melarang penjualan unik ini di situs transaksi elektronik tersebut.

Properti yang ditawarkan Holt meliputi tempat tidur, pakaian, 300 koleksi CD, papan selancar, foto masa kanak-kanak Holt, ransel, sepeda, dan tindikan senilai USD 180. Dia juga berjanji memperkenalkan si pembeli dengan kehidupan sosialnya, termasuk 15 teman dekat dan 170 teman lain.

Pada pembukaan situsnya, Holt antara lain menulis, "Teman-teman akan memperlakukanmu seperti mereka memperlakukanku, mengajakku lari, berselancar, mendaki gunung, dan memasak." Anehnya, meski menyatakan menjual kehidupannya, Holt menyatakan, kesepakatan jual beli ini tidak berlaku pada paspor, SIM, ijazah akademik, KTP, dan hak waris. (afp/ap/ina)
 
Back
Top