21 Juli 1948 Cat Steven / Yusuf Islam Lahir

kunyuk

New member
Cat Stevens lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou di London, pada 21 Juli 1948. Georgiou adalah anak ketiga dari ayahnya yang merupakan keturunan Siprus-Yunani dan ibunya yang berasal dari Swedia. Cat Steven terutama dikenal sebagai seorang penulis lagu asal lnggris.

Pada awal karir musiknya, Georgiou mengambil nama Cat Stevens. Ia berhasil menjual 40 juta album, kebanyakan pada masa 1960-an dan 1970-an. Lagu-lagunya yang paling populer termasuk Morning Has Broken, Peace Train, Moon- shadow, Wild World, Father and Son, Matthew and Son, lan Oh Veiy Young. Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk Islam pada 1978 setelah mengalami pengalaman mendekati kematian.

Ia lalu mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah vokal agamanya yang baru. Satu dasawarsa kemudian ada kontroversi ketika ia melontarkan pernyataan mendukung fatwa yang dikeluarkan menentang penulis Salman Rushdie. Yusuf Islam sekarang tinggal di London bersama istri dan lima anaknya.

Ia mendirikan yayasan kemanusiaan Small Kindness. Yayasan ini mulanya menolong korban kelaparan di Afrika. Sekarang makin berkembang dengan membantu ribuan anak yatim dan keluarga di Balkan, Indonesia, dan Irak. Ia juga mendirikan yayasan kemanusiaan Muslim Aid tetapi meninggalkannya sebagai Ketua pendiri pada 1999.
 
Back
Top