Mie Ramen & Ragam Jenisnya

Megha

New member

Kita Semua tau dong kalo Ramen tuh mie asal jepang (yang katanya) punya kedasyatan rasa di kuah.. Tapi sayang, gak semua orang tau jenis, rasa, bahkan wujud ramen itu kayak gimana. Nah, disini megha mau ngasih sedikkit gambaran ramen.

Ssst.. Didedikasikan buat yang Cinta banget sama Noodle.



Salah satu jenis Ramen kemasan yang terkenal di negeri asalnya tuh Myojo. Myojo ini kalo dari luar keliatan sama aja kayak mie rebus buatan lokal. isinya meliputi noodle Shio Ramen, bumbu penyedap, dan minyak yang dikemas dalam kantong plastik mirip sama merk mie siap saji buatan lokal indonesia. Tapi yang bikin beda, dia ada kaldu & sayuran kering.

Selain Myojo, ada lagi jenis Ramen yang katanya Asik punya, namanya Tonkotsu & Shoyu. Tonkotshu & Shoyu ini sedikit istimewa, Cz disertai dengan bumbu tulang daging babi. So, buat yang lagi main ke Jepang kalo gak mau cepet gemuk ati" deh milih-milih ramen.


Yang diatas tadi namanya Sun Noodle Shio Ramen, 2. Dijual bebas ditoko kelontong dengan harga $1.89 <-- dolar jepang kayaknya.

nah ini kuah kaldu Noodle Shio Ramen sebelum kena & sesudah seduhan air panas.




Komposisinya terdiri dari :
Air, semacam kalsu kecap asin, garam, minyak, penyedap rasa, Minyak wijen, Cuka, ikan bonito kering, bawang, kol Cina, wortel, bawang putih, sedikit alkohol, jahe dan bumbu ekstra.

Nah, kalo gambar yang aku kasih ini kira-kira bahan tambahannya paling-paling Chashu (semacam sayuran) telur rebus, buah persik yang diiris (yg masih segar), Daikon dan Menma (nah daikon dan Menma ini kalo di indonesia namanya apa ya?).


menma ini katanya enak banget, terbuat dari enteng pedas cabe rawit dan minyak wijen.


Nah yang satu ini namanya Chashu. Chashu yang ini terdiri dari Dashinomoto, shoyu, mirin dan sake; katanya bagus banget kalo dimakan pas musim dingin. Tambahan lain, disini ada irisan buah persik yang dibungkus dengan kemasan sacet (kayaknya sih buah kering) dan irisan daging babi.


Sgitu aja ah, udah ngiler duluan nih
 
Yah Myojo merk Shio Nama Ramen mah kecill… gw juga bisa ngolah sendiri, nih resep gw

Yang kamu lihat dibawah ini buatan sendiri lho, isinya tuh daging babi, telur, taburan daun bawang. Gimana? ngiler kan ngeliatnya? <3D



yang ini bahan-bahan mie ramen yang biasanya saya buat, komposisinya gampang banget.. Disini ada mie segar, satu sacet kaldu cair, minyak gandum, penyedap rasa dan bahan-bahan mie yang umumnya sama dengan yang ada di toko-toko kelontong di negeri kita. Sebungkusnya cuma $2.79 di Marukai.



nah yang ini merknya Myojo, jenisnya Shio Ramen. Komposisi dalam kemasannya paling-paling cuma Air, Minyak nabati, Garam, MSG, Hydrolyzed Vegetable Protein, Bawang Extract, Ragi Extract, Gula, Bonito Extract, Merica putih, Disodium Inosinate, Malic Acid dan Curry Powder.

cara masaknya lebih baik kaldunya yang disiram air panas, dibanding air panas yang diseduh sama kaldu Cz warna & rasanya bakalan beda banget & kurang enak dipandang.



terus tambahin Bonito (sejenis ikan kering), kata temen sih bonito yang bagus itu dikasih minyak didalam kemasannya supaya rasa& penampilannya tetep ok dipandang mata.



yang ini pasti tau kan? ini mie yang belum dimasak alias masih mentah. Mie ini dibalur pake tepung supaya gak lengket & tetep kompak pada saat dimasak. cara masaknya sama aja kayak masak mie biasa cuma dicempuling ke air mendidih (yaiyalah nenek-nenek salto juga ngerti :D) selama tiga menit jangan kelamaan, nanti mie-nya kelembekan. Oya, jangan lupa ditiriskan dulu sebelum dicampur ke kuah kaldu. ini dilakukan supaya rasa sama tampilan tetep kompak dan yahud dimulut :D



nah, setelah mie & kuah kaldunya nyatu, tinggal ditambahin hiasan deh. Cobain deh pake sirop jagung hijau, aneh ya? itu supaya rasanya lebih legit. Cz buat nyari kecap di negeri sono rada-rada gimanaaa gitu, cz rasa kecap orang sono beda sama kecap orang kita. terus iris dagingnya masukin kuah kaldunya. Oya, kata orang sono ada takarannya sendiri kalo mau makan ramen dengan irisan daging babi. Cz ada standar kesehatannya juga, saya mah kagak doyan daging babi makanya diganti aja sama daging-daging halal yang dimasak kayak semur :D
 
Last edited:
wadooooohhh........lapar

ada yang punya resepnya g?
bahan2nya trus cara masakna?

klo yg punya q kci bintang deh.....
 
Back
Top