Pemakai Sepeda/motor Listrik

lelaki

New member
kemarin pas ku maen yogya di suatu pusat perbelanjaan ada pameran sepeda dan motor listrik (kendaraan yang tidak memerlukan Bensin, man memakai tenaga bateraii seperti ghal nya hp atau camera)

nah disini kalau ada diantara rekan2 yang make sepeda/motor listrik isi yach...
  • Dah berapa lama make tu kendaraan
  • apa saja kelebihan dan kekurangannya menurut kalian
ayoo buruann diisiii yaaa
 



ne contoh motor listrik punya gw,,yang pasti kekurangannya banyak bangeet kalo untuk dipake jarak jauh,,yang jelas motor ini cocok sekedar di komplek aja
 
rodanya mirip sama sepeda yak? mirip sama motor Mio lagi, keren!

btw bisa bertahan berapa lama nih kalo dipake? dan pengisiannya berapa jam?
 
Bls: Pemakai Sepeda/motor Listrik

Speda motor listrik dan speda bermotor listrik.

Speda motor listrik, kendaraan dengan kerangka speda motor atau scooter namun tenaga penggeraknya bukan mesin bensin melainkan motor listrik.

Motor listrik ini digerakkan oleh seperangkat batre. Batrenya dari jenis batre yang dapat diisi ulang. Pengisian batre ini dapat langsung di-isi dengan jaringan listrik rumah melalui battery charger. Batre charger ini merubah tegangan listrik 220 V AC menjadi menjadi 12 Volts atau 24 volts DC dengan arus listrik (amperage) yang disesuaikan dengan kesanggupan batre itu untuk menyerapnya aliran listrik dan menampungnya. Biasanya waktu pengisian berlangsung antara 2 jam sampi 6 jam, sampai batre terisi penuh dengan tenaga listrik.

Dengan kemajuan teknologi dibidang batre ini, sekarang speda motor listrik ini dapat mencapai jarak sejauh 30 mil atau 45 km dengan sekali isi. Kecepatannya dapat mencapai 25 km perjam lebih. Lebih cepat speda motor listrik dijalankan akan mengurangi jarak maximum yang ditempuh dalam sekali nengisi.

Jenis lain ialah Speda Bermotor Listrik.
Kerangka speda genjot dipasang motor listrik di "as" roda depan atau roda belakang. KArenamotor listriknya kecil, kecepatannya tidak secepat speda motor listrik. Keuntungan dari speda bermotor listrik ini ialah pemakaian listrik dapat di-irit. KAlau jalanan rata dan masih banyak tenaga, speda digenjot seperti biasa. Kalau jalanan menanjak, atau sudah merasa cape, motor listrik dinyalakan. Motor listriknya jalan dapat saja dibantu dengna "mengenjot".

Ada jenis lain, bila speda bermotor listrik ini digenjot dan motor listriknya tidak jalan, sekarang motor listrik itu berfungsi sebagai "Generator". Generator menghasilkan arus listrik, arus listrik ini mengisi batre. Dengan cara demikian jarak tempuhnya akan menjadi lebih jauh.

Cara pengangkutan baru ini ada kekurangannya ialah tidak ada tempat pengisian batre selain di rumah sendiri atau ditempat kerja.

Mengingat begitu banyaknya speda motor bertenaga mesin bensin disetiap kota besar, merupakan persoalan baru dalam pencemaran udara.

Speda motor listrik dan speda bermotor listrik akan mengurangi pencemaran udara. Kelebihannya,lebihbanyajspeda motorlistrik dijalanan lebih bersih udara yang dihirup.Akan berpengaruh besar akan kesehatan para pemakai jalanan. Kekurangannya atau belum populernya karena terbentur soal pengisian batre. Namun jalan keluarnya sedang dipikirkan. Salah satu jalan ialah engan pemkaian "solar panel" sebagai sumber listrik untuk pengisian batre.

Mungkin suatu hari kalau speda motor listrik ini diparkir, dilindungi oleh payung. Payung ini disampir melindungi motor listrik dari panas matahari juga payung ini yang permukaan luarnya terdiri dari panel-panel penyerap sinar matahari untuk dijadikan arus listrik. Payung ini sekarang berfungsi sebagai pengisi batre.

Dengan sinar matahari yang selalau ada, kecuali kalau hujan, prinsip speda motor listrik memakai payung solar Panel sebagai sumber pengisian batre merupaka suatu ide yang sangat menarik sebagai salah satu jalan dalam mempopulerkan Speda Motor Listrik diwaktu yang akan datang.

Joe R.S.
 
Last edited:
Sangat bagus bre, ini tidak perlu bensin dan lainnya. Tentu saja ini nanti akan booming pada ke depan kayaknya. Ada gesits yang baru diproduksi tahun depan.
 
Back
Top