Rujak Bisa Jadi Alternatif Kesehatan

Megha

New member

KEBANYAKAN masyarakat Indonesia malas mengonsumsi buah-buahan sebagai desert (makanan penutup) karena faktor repot. Ya, mereka seolah kehabisan waktu untuk membeli dan memotong buah-buahan Kendati demikian, ada kebiasaan masyarakat kita untuk membeli buah rujak. Ini menurut dr Samuel Oetoro, bisa menjadi alternatif yang baik. ?Biasanya, ada beragam buah-buahan dalam rujak. Justru itu lebih baik karena kandungan vitaminnya berbeda-beda,? tutur ahli gizi dari Semanggi Specialist Clinic.

Bagi yang ingin diet, sambung dia, konsumsi buah jelas sangat dianjurkan. Buah mengandung air dan elektrolit, sejumlah vitamin dan mineral, antioksidan dan phytochemical, serta serat dan prebiotik. ?Pilihlah buah dengan warna mengiLap dan pekat. Biasanya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebib baik dari buah dengan warna kusam atau transparan (tidak memiliki zat warna). Contohnya dalam satu buah jambu mengandung 165 milignam vitamin C, sedangkan satu buah jeruk hanyak mengandung 69 miligram vitamin C,? papar Oetono.

Buah yang paling berkhasiat adalah apel. Buah ini dikenal mengandung fitokimia atau zat antioksidan yang efektif melawan radikal bebas, pektin dan asam D glucaric yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Zat flavonid dalam apel akan menurunkan risiko kanker paru sampai 50 persen. Hal itu dibuktikan dan penelitian Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen.

?Apel terbukti mencegah serangan stroke dan penyempitan pembuluh darah jantung. Orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah,? tambahnya.

Anda yang gemar mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya, dan leci terbukti dapat meringankan batuk dan asma. Sementara itu kalium yang terdapat pada mangga berfungsi menjaga keteraturan denyut jantung dan tekanan darah dalam memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Stroberi mengandung zat anti alergi dan anti radang, serta asam ellagic yang banyak dikandungnya mampu membantu melumpuhkan kerja aktif kanken. (IP)
 
tetapi kalau pedes dan tidak bersih bisa buat diare tuh!

mungkin bagusnya di sebut mixed fruits atau fruits salad saja juga sudah bagus koq..sebagai pemakan buah yang beragam enak koq. Yang paling saya suka adalah berbagai jenis berries, asyik buat ngemil
 
Back
Top