Mengapa Laut Berwarna Biru?

Megha

New member


Mungkin inilah pertanyaan yang akan muncul dari anak berusia lima tahun, sebuah pertanyaan ilmiah yang menyimpan jutaan tanda tanya dibenaknya.
Laut bisa berwarna biru sebab terjadi penyerapan cahaya dan adanya peran phytoplankton (tumbuhan berukuran mikro yang hidup didalam air) yang memiliki klorofil. Molekul dalam klorofil-lah yang akan memerangkap energi dari sinar matahari," papar Dr.Simon Boxall, dari the National Oceanography Centre di Southampton.

Klorofil menyerap spetrum cahaya warna birudan merah kemudian memantulkan warna hijau. Inilah warna yang kita lihat.

"Saat perairan dipenuhi phytoplankton, sebagian besar cahaya biru akan diserap oleh klorofil tanaman tersebut, dan karena itulah perairan tampak berwarna hijau . Namun, sat perairan kekurangan phytoplankton, berarti tidak ada penyerapan sinar berwarna biru, maka jadilah laut terlihat berwarna hijau" kata Boxall.

Nah, untuk summer tahun depan pilihlah laut yang tidak terlalu banyak dihuni phytoplankton. Sampai disini, adakah yang mempunyai pendapat lain mengenai teori warna biru pada air laut dari Dr.Boxall?
 
Last edited:
Gw lom punya anak.
Padahal gw klo di kampus anak bawang, temen2 yg seprogram dah tua2 semua. Sering malah disangka anak S1, mungkin tampang masih keliatan muda...atau mungkin juga karna kelakuan gw.
 
dasar PARA MOD ynag aneh
gw kira in para mod itu beresin thread
lha ini ma malah ngancurin thread
jadi klo MOD ngancurin thread

para member juga boleh

horeeeeeeeeeeeee.....
 
laut itu bukan karena langitnya biru , memang biasanya anak2 sd berpikiran begitu tapi setelah mereka mempelajari fisika pemikirannya langsung berubah. Sebetulnya anda tau ga kenapa langit berwarna biru, jawabannya bukan karena air laut berwarna biru kan? :tongue:
 
biarin aja warna biru kalau warna putih nanti di kira susu

samp09a3de767dddcaed.jpg
 
wayah... mas Rizal pake nampilin kartu identias imitasi segala
mau promosi ya?? tapi boleh lah, kreatip.

payah nih nggak ada yang punya teori lainnya ya?
penasaran, dulu teman saya berhasil menemukai teori lain mengapa laut berwarna biru. tapi sayang saya nggak merhatiin penjelasannya di kelas waktu itu. wah jadi agak menyesal..
 
Last edited:
Ada beberapa faktor mengapa air laut berwarna biru, karena laut merupakan kumpulan air dan air itu salah satu sifatnya yaitu tidak berwarna maka bisa disimpulkan klo laut berwana biru itu bukan airnya yang berwarna biru dan tentunya ada hal lain yang mempengaruhinya, di antaranya yaitu :

  1. Karena tingkat kedalaman dari laut itu sendiri.
  2. Pengaruh dari biota laut dan jasad renik e.g plankton
  3. Bias pantulan dari langit yang berwarna biru, pada kedalaman tertentu bias dari langit inilah yang paling banyak pengaruhnya.

Sama ketika ada yang bertanya kenapa langit berwarna biru, apakah mungkin ada pembatas dilangit itu yang berwarna biru ? tentu tidak kan, karena langit itu tak berbatas, semuanya terjadi karena kemampuan dari jarak pandang kita yang terbatas jadi warna biru dilangit itu adalah batas dari jarak pandang yang bisa kita jangkau, lain halnya klo kita memakai alat bantu seperti teropong bintang misalnya.

Wuih udah kayak ilmuwan aja ya...:D:D:)):))
 
Back
Top