Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Luar Angkasa/Astronomi] Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?



Bentuk Air di Antariksa Bulat, Mengapa?
Oleh wah

Salah satu sifat dasar air adalah selalu mengikuti bentuk wadahnya. Gaya gravitasi Bumi-lah yang membuatnya selalu menyesuaikan dengan bentuk ruangan di sekitarnya.

Namun, hukum fisika tersebut hanya berlaku di permukaan Bumi. Di antariksa, pengaruh gaya gravitasi memberikan efek berbeda terhadap air.

Seperti astronot, satelit, dan objek apapun, air juga melayang jika berada di orbit Bumi. Air, tidak akan mengikuti bentuk wadahnya dan akan selalu berbentuk bulat.

Mengapa demikian?

Benda-benda di sekitar Bumi tetap terpengaruh gaya gravitasi meskipun semakain kecil seiring jaraknya dengan Bumi. Jadi, istilah gravitasi nol sebenarnya kurang tepat.

Yang terjadi sebenarnya, objek-objek tersebut jatuh ke Bumi namun sedikit demi sedikit dengan sudut kemiringan sangat kecil. Keadaan ini membuatnya kelihatan melayang dan dirasakan sebagai kondisi tanpa bobot.

Cairan yang melayang di antariksa memperoleh tekanan yang relatif sama dari lingkungan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan tegangan di permukaan air sama rata dan ikatan antarmolekulnya membentuk lapisan terluar yang elastis. Ikatan antarmolekulnya merata sama kuat sehingga bentuk yang paling efektif adalah berupa bulatan.

Lantas, bagaimana cara minum di luar angkasa jika airnya melayang-layang? Ya telan saja, karana gaya peristaltik tenggorokan dan lambung sanggup mengatasinya.

Sumber : KCM (9 Januari 2008)
cat_girl
cat_girl cat_girl is offline
National Level

Post: 1.211
 
Reputasi: 5

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

salah satu penelitian nggak sis? :))
wnks wnks is offline
Continent Level

Post: 4.394
 
Reputasi: 197

__________________
Will Traveller

http://www.mp3fiesta.com/?user=342392





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

bukan.....gw biasanya bikin bahan.....
cat_girl
cat_girl cat_girl is offline
National Level

Post: 1.211
 
Reputasi: 5






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

terserah dah mau bulat mau lonjong mau gepeng kalau turun ke bumi yang penting air hujan

gitu aja kok repot
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

Kutip:
Oleh rizalolo View Post
terserah dah mau bulat mau lonjong mau gepeng kalau turun ke bumi yang penting air hujan

gitu aja kok repot
payah tidak tertarik dg fenomena alam. Mungkin blom pernah liat globe kali yah...
cat_girl
cat_girl cat_girl is offline
National Level

Post: 1.211
 
Reputasi: 5



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

akhirnya paham juga, makasih tan. Adik saya udah belasan kali bertanya "Mengapa cairan terlihat berbentuk bulat-bulat seperti kelereng diluar angkasa?" seenggaknya sekarang dia mendapatkan jawaban dari pertanyaan ilmiahnya. Aku kasih bintang yah....
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post  

Saya setuju

apa yang saya cari, terima kasih
GaptheathCess GaptheathCess is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?


gambarnya dong gan.. belum pernah liat soalnya
asli penasaran

Ammi
Ammi Ammi is offline
City Level

Post: 101
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?



Videonya kurang lebih seperti ini....


Yang menarik adalah bagaimana saat kita merebus air dalam keadaan mendidih di ruang angkasa?.... Gambarannya seperti ini...


Video di atas itu yang kiri (1 G) adalah bentuk air mendidih di bumi, sedangkan yang micro G itu adalah bentuk air mendidih di luar angkasa...

Bagaimana penjelasannya? ..... Air tetap bisa mendidih di luar angkasa, namun gelembung udara yang muncul pada air mendidih di ruang angkasa menyatu menjadi sebuah gelembung besar dan tidak menyembul ke permukaan....Bentuk gelembung didihan air seperti itu akibat tidak adanya konveksi dan daya apung (dua fenomena yang diakibatkan oleh gravitasi).... Di bumi, efek dari konveksi dan daya apung bisa kita lihat di panci saat memasak air hingga mendidih... Apakah konveksi itu? Konveksi adalah pergerakan molekul-molekul pada fluida (cairan atau gas)... Konveksi merupakan salah satu cara perpindahan panas dan massa

-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Mengapa bentuk Air di antariksa bulat?

itu udaranya gak sampai ke permukaan air (saat air mendidih di antariksa) apakah air tersebut akan matang sepenuhnya ya? :D aih penasaran euy.


ini ada beberapa video terkait tentang bentuk air di antariksa.. diantaranya adalah

Bagaimana cara minum air di antariksa?



kalau begitu, bagaimana cara cucimuka di antariksa?

Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Koloni Antariksa Megha Science & Penemuan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.