pengalaman gw turun ke desa... :")
 
Go Back   Home > Cerita Pendek Cerpen, atau Bersambung

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


pengalaman gw turun ke desa... :")

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

pengalaman gw turun ke desa... :")

Gue mau bagi pengalaman gue waktu turun ke desa, semacam pengabdian gitu ke sebuah desa di wilayah Jawa Barat. Disana gue harus berangkat pagi2 ke balai desa yang letaknya jauh banget
Hal yang paling gue suka adalah kalo udah mulai interaksi sama masyarakat

Gue awalnya selalu heran sama dua anak kecil (satu cewek-satu cowok) yang umurnya kira-kira tujuh tahunan, selalu kemana-mana berdua. Yang laen sekolah, mereka malah nyuci piring, nimba air di sumur atau nyapu pelataran rumah. Sorenya baru main bareng, itupun cuma berdua. karena penasaran, gue tanya hal sama mereka berdua, kenapa kemana-mana selalu berdua kayak sendal jepit

TERNYATA, mereka udah terikat dalam suatu hubungan pernikahan!!!!!
Gue sampe melongo beberapa detik, shock... speechless...
GUe enggak ngebayangin di umur gue yang sembilan tahun (setelah gue tanya, yang cowok umurnya 9 tahun, yang cewek 7 tahun), gue udah punya istri
Mampus aja gue...

Disitu ada perasaan kaget sekaligus malu... Soalnya anak cowok itu terlihat sangat bertanggung jawab sama ceweknya...
Sedangkan gue, lebih sering ngambeknya...
GOD, gue kalah sama anak 9 tahun...

Cerita di belahan desa lain, yang cukup kental islamnya, gue ngeliat anak2 yang putus sekolah padahal orang tua mereka cukup mampu. Mereka kemana-mana demen banget pake baju koko yang cuma gue pake kalo ada acara keagamaan doang...
Gue udah diskusi sama orang tua mereka, orang tua mereka ngaku bingung soalnya anak-anak mereka itu sendiri yang enggak mau sekolah
Mereka lebih milih buat kerja dan ngabisin waktu di mesjid daripada sekolah. Akhirnya gue ngerasa, ini tugas gue buat nyadarin anak2 itu sekolah buat dapetin taraf kehidupan yang mungkin jauh lebih baik dari sekarang
Saat gue nasehatin, mereka masih ga mau. Gue ngelakuin pendekatan, masih juga enggak mau...
Akhirnya salah satu dari mereka mematahkan semangat gue saat gue melakukan pendekatan. Cowok itu bilang, "Ngapain juga kita sekolah? Kalo kita mati kan enggak akan ditanyain soal matematika di akhirat..."
Akhirnya gue pulang dengan semua rasa keputus asaan gue...
satyanagarabhakti
satyanagarabhakti satyanagarabhakti is offline
National Level

Post: 1.639
 
Reputasi: 2

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

seenggaknya punya pengalaman baru dari desa :wink:
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

Kutip:
Oleh megha View Post
seenggaknya punya pengalaman baru dari desa :wink:
Ya... Saya jadi kangen sama merekaaaaaaaaaa...
Rencananya tahun ini saya bakal lebih sering 'mengidentifikasi' mereka

Semoga aja hasil yang saya bawa nanti jauh lebih baik
satyanagarabhakti
satyanagarabhakti satyanagarabhakti is offline
National Level

Post: 1.639
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

Gila banget tuh anak...
harusnya kamu jawab...,"sok tahu... qt mana tahu di akhirat bakal dtanyain matematika apa ng'ga... paling ng'ga di dunia ini, matematika bisa memperbaiki taraf hidupmu dan orang tuamu. Jangan salahin pemerintah klo kebijakan mereka bikin kalian menderita. Jangan salahin orang kaya klo ga maw bantu kamu. Jangan salahin pengusaha kalo mw ngambil alih rumahmu."

Gampang aja gw ngomong kayak gitu di sini. klo udah di sana pasti gw juga ga bisa ngomong apa2.... klo kayak gitu sih cara yang paling tepat adalah manggil orang yg udah sukses or ulama bwt ngasih taw mreka klo skul itu penting.
EsterAntonia
EsterAntonia EsterAntonia is offline
National Level

Post: 1.458
 
Reputasi: 15

__________________
Kembali Berkarya





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

Mungkin mereka terikat pernikahan kawin gantung yaitu tradisi menjodohkan anak mereka dengan persetujuan 2 keluarga.. dinikahi sejak kecil agar dewasa tak lari ato pacaran dengan laen2 beuh atuh kembali ke jaman siti nurbaya euyy
kamisaematsu
kamisaematsu kamisaematsu is offline
City Level

Post: 208
 
Reputasi: 2

__________________
The Kampret RI



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

Kutip:
Oleh EsterAntonia View Post
Gila banget tuh anak...
harusnya kamu jawab...,"sok tahu... qt mana tahu di akhirat bakal dtanyain matematika apa ng'ga... paling ng'ga di dunia ini, matematika bisa memperbaiki taraf hidupmu dan orang tuamu. Jangan salahin pemerintah klo kebijakan mereka bikin kalian menderita. Jangan salahin orang kaya klo ga maw bantu kamu. Jangan salahin pengusaha kalo mw ngambil alih rumahmu."

Gampang aja gw ngomong kayak gitu di sini. klo udah di sana pasti gw juga ga bisa ngomong apa2.... klo kayak gitu sih cara yang paling tepat adalah manggil orang yg udah sukses or ulama bwt ngasih taw mreka klo skul itu penting.
Hehehe, gue juga speechless dengernya...
Udah gitu mereka banyakan lagi, kompak bener
Ucapan mereka mengintimidasi gue...

Tapi seharusnya gue emang melontarkan sesuatu
Bukannya malah cuma senyum tebar pesona (ceilah...) dan pergi dari hadapan mereka

Ntar dah gua balik lagi kapan2
Elo ikut yak??? Heuheu//
satyanagarabhakti
satyanagarabhakti satyanagarabhakti is offline
National Level

Post: 1.639
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

heiye heiye

kak satya.. come here
purin
purin purin is offline
Continent Level

Post: 2.265
 
Reputasi: 1

__________________
Pengganggu dari negri sebrang

"UTHIE SCENOVIA"





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

Kutip:
Oleh purin View Post
heiye heiye

kak satya.. come here
ayayayay, i'll come mamaaaa...
satyanagarabhakti
satyanagarabhakti satyanagarabhakti is offline
National Level

Post: 1.639
 
Reputasi: 2

__________________
cutest bachelor

When you hurt
Would you turn the other cheek????


:nyetirmarah:





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

ya tetap terus berjuang aja sampai titik darah penghabisan
jangan lupa tambah ilmunya dan berdoa
kenapa anak tersebut tidak mau sekolah?? katanya pelajaran matematika kan ngk ditanya di akhirat, ya kita harus panndai menjelaskannya kalau matematika dipelajari hukumnya sunnah dan itu akan memperbanyak amal serta mendekatkan diri kita pada Allah. contohkan aja kisah para ilmuwan Islam di zaman abbasyiah... ahli matematika alkindi kalau ngk salah atau ibnu sina ahli kedokteran
met berjuang aja ya sobat
edrizal
edrizal edrizal is offline
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: pengalaman gw turun ke desa... :")

mas satyanagarabhakti
Anaknya ada berapa??
Semuanya ga sekolah??
Gile,seumur-umur belum pernah gw liat org demen doa daripada belajar
gLB-876
gLB-876 gLB-876 is offline
Continent Level

Post: 2.277
 
Reputasi: 2

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.