RE: Metal Gear 4:Guns of the Patriots

gilag

New member
RE: Metal Gear 4:Guns of the Patriots

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots adalah game ketujuh dari seri Metal Gear, sekaligus game Metal Gear pertama di konsol next-gen. Game ini dikembangkan oleh Kojima Productions secara eksklusif untuk konsol PlayStation 3. So, loe enggak akan menemukan game ini di konsol lain selain PS3. Game ini telah dirilis di seluruh dunia pada 12 Juni 2008, menandakan telah 10 tahun sejak Metal Gear Solid dirilis untuk PlayStation.

metal-gear-solid-4-portada.jpg


Cerita
Mengambil setting waktu tahun 2014, 5 tahun setelah kejadian ?Big Shell? (Metal Gear Solid 2). Solid Snake yang telah menua sebelum waktunya kini dikenal sebagai Old Snake. Ia mengalami ?accelerated aging? yang disebabkan oleh degenerasi sel Big Boss dalam dirinya. Snake yang seharusnya sudah pensiun, kini harus menjawab panggilan tugas yang diberikan oleh Campbell. Sekali lagi, ia harus menyelamatkan dunia dari ancaman Liquid Ocelot. Liquid Ocelot sekarang adalah seorang pimpinan dari 5 PMC (Private Military Company) terbesar di dunia. Tentu saja yang akan Snake hadapi tidak hanya seorang Liquid Ocelot. Sebelum bisa menghabisi Liquid, Snake harus berhadapan dengan sebuah pasukan yang dikenal sebagai Beauty and the Beast Corps.
Beauty and the Beast Corps ini terdiri dari sekelompok wanita setengah mesin yang sangat berbahaya. Mereka adalah Crying Wolf, Raging Raven, Screaming Mantis, dan Laughing Octopus. Sebelum ambisi Liquid untuk melakukan pemberontakan bersenjata dengan menggerakkan SOP (Sons of the Patriots, sistem nanomachine yang digunakan oleh PMC), merupakan sebuah kewajiban bagi Snake untuk dapat menghentikannya. Bagaimana akhirnya? Tentu bakal lebih asyik kalau loe mainkan sendiri. Yang jelas, Kojima benar-benar telah mengemas petualangan Snake ini dengan sangat memuaskan. Plot dengan background story yang kompleks dan berakhir dengan berbagai jawaban atas misteri yang ada di dalam game ini. Two thumbs up for Kojima!

Gameplay
metal-gear-solid-4-2.jpg


Game ini memiliki motto ?No Place to Hide?. Snake harus bisa untuk tetap survive di medan perang yang tidak memperdulikan keadaan fisiknya sekarang. Fisik yang sudah tua bukanlah sebuah halangan bagi Snake untuk menyelesaikan misinya. Snake dibekali oleh pengalamannya di berbagai medan perang yang pernah ia lalui. Ia juga masih dilengkapi kemampuan CQC (Close Quarter Combat) dan keahlian menggunakan berbagai senjata. Kali ini, Snake tidak perlu kuatir mengenai pasokan senjata di medan perang. Sekarang ia dipertemukan dengan Drebin, seorang pedagang sekaligus ?pencuci? senjata. Untuk bisa menggunakan jasa Drebin, Snake harus mengumpulkan Drebin Points yang dapat diperoleh di sepanjang act dengan membereskan pasukan musuh yang ada. Di satu sisi, kehadiran Drebin ini sangat membantu gamer, namun hal ini juga cukup berpengaruh untuk menurunkan nilai kesulitan dari game ini.
Karena game ini merupakan sebuah game stealth action, enggak usah merasa malu untuk bersembunyi. Snake kini dilengkapi dengan ?OctoCamo? yang bakal sangat membantu Snake dalam misinya kali ini. Seperti seekor bunglon, Snake bisa berkamuflase sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Apabila ia merayap di tanah, maka warna suit yang dikenakan Snake akan menyesuaikan dengan warna tanah tersebut. Tapi ingat, persentase kamuflase loe juga harus diperhatikan. Semakin tinggi angkanya, maka tingkat kesempurnaan kamuflase loe juga akan semakin tinggi. Tidak hanya OctoCamo, Snake juga dapat memanfaatkan kostum yang ia temukan untuk bisa membaur dengan situasi di sekelilingnya. Dan tidak hanya itu saja, Snake juga masih bisa memanfaatkan kamuflase tong kosong seperti kamuflase kardus yang terdapat di game MGS sebelumnya.
Game ini juga akan menampilkan ?Psyche Meter? dan ?Stress Meter?. Semakin tinggi stress akan mengakibatkan performa tempur Snake menurun yang dipengaruhi dengan berkurangnya ?Psyche Meter?. Dan untuk mengembalikannya, loe bisa memanfaatkan berbagai item yang ada. Mulai dari iPod, rokok, hingga majalah Playboy. Banyak item baru yang akan sangat mendukung aksi Snake di medan perang kali ini.
Pengaktifan night vision dan binocular akan dipermudah di game kali ini. Snake akan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan ?Solid Eye?. Enggak hanya itu, Solid Eye juga akan membantu loe untuk mengetahui barang apa yang akan di-drop oleh lawan itu. Selain Solid Eye, Snake akan ditemani dengan sebuah robot bernama ?Mark II? yang membantu Snake dalam berkomunikasi (CODEC), dan juga dapat melumpuhkan lawan dengan semacam electric shock.
Kontrol dari game ini kurang lebih masih mirip dengan kontrol di game-game sebelumnya. Penggunaan kontroler Sixaxis dalam game ini juga telah memanfaatkan fitur motion-sensing. Dengan menggoyangkan kontroler, loe bisa mengubah warna OctoCamo loe kembali ke warna default. Game ini juga memperkenalkan fitur ?Threat Ring? yang terlihat bergetar pada saat ada suara yang mendekat. Fitur ini akan sangat membantu untuk merasakan kehadiran musuh di dekat loe. Mengenai kendali kamera dalam game ini juga bisa dibilang tidak ada masalah, alias memuaskan.
Tingkat kesulitan AI yang disajikan dalam game ini terasa memuaskan. Variasi dari aksi yang dilakukan oleh musuh-musuh yang ada dalam game ini pun cukup beragam. Jadi, mengantisipasi masalah yang sama belum tentu bisa dilakukan dengan cara yang sama, karena pola AI musuh dalam game ini bisa jadi akan berbeda dari sebelumnya.

Grafig
metal-gear-solid.jpg


Kualitas grafis dari game ini memang terlihat baik. Hal ini bisa dilihat dari detil environment yang bisa terbilang sangat jelas. Lighting dalam game ini juga terasa hidup dan sesuai tempat. Tapi masih belum bisa dibilang sempurna, karena Kojima sendiri pernah menyatakan bahwa ia masih merasa kecewa dengan kualitas grafis dari game ini. Yang memberikan nilai lebih bagi grafis dari game ini adalah pembawaan game secara sinematik. Loe akan merasakan bahwa game ini lebih dari sekedar game biasa.
Loading dan perpindahan dalam tiap bagian game ini juga bisa dibilang mulus, memuaskan. Hal ini disebabkan karena sebelum memulai act yang baru, game ini akan menginstall update yang sangat membantu dalam menampilkan game secara prima tanpa kendala pada aspek grafik. Loe juga bisa mengaktifkan atau me-nonaktifkan penggunaan subtitle pada cutscene yang ada.

Suara
Soundtrack yang disajikan game ini benar-benar mengagumkan. ?Love Theme? telah disebut sebagai salah satu lagu terbaik di sepanjang sejarah game Metal Gear. Penggunaan iPod dalam game ini benar-benar dioptimalkan. Enggak hanya berperan untuk menurunkan tingkat stress Snake, lagu-lagu yang ada di iPod ini juga tentu menambah keasyikan loe dalam bermain. Lagu-lagu yang disediakan pun merupakan soundtrack-soundtrack dari game Metal Gear sebelumnya. Gue sendiri menikmati dramatisnya baku tembak yang ditemani dengan lagu Calling to the Night yang merupakan ending song dari Portable Ops.
Kualitas suara merupakan salah satu kekuatan dari game ini. Kualitas dari dubber-dubber dalam game ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Lihat saja kemampuan David Hayter yang selalu bisa mengolah dan menyajikan berbagai emosi Snake lewat suara dengan sangat baik, memang sudah tidak bisa disangkal lagi. Suara dari game ini bisa dibilang sempurna. Penyajian suara dalam game ini akan sangat menambah keasyikan bermain. Suara seperti langkah kaki yang mendekat bisa loe dengar dengan sangat jelas, hal ini tentunya sangat membantu loe dalam mengantisipasi berbagai ancaman. Suara dari berbagai penjuru arah dapat loe dengar dengan sangat jelas, apalagi kalau ditambah dengan dukungan fasilitas surround sound.

Keunggulan
Segala aspek yang memuaskan adalah kunci utama dari kesuksesan game ini. Namun, kalau harus memilih aspek mana yang merupakan aspek keunggulan utama dari game ini, tampaknya gue akan memilih Story & Gameplay. Sekali loe bermain, loe akan tertarik untuk terus bermain demi mengetahui kelanjutan hingga akhir dari petualangan Snake. Varian tingkat kesulitan yang disediakan cukup menantang loe untuk mencoba lebih. Tingkat kesulitan Solid masih terasa kurang dan membosankan? Mungkin loe harus mencoba tingkat kesulitan Big Boss. Masih merasa bosan? Kayaknya loe harus main Metal Gear Online untuk menjajal kemampuan loe melawan pemain lain. Spinoff multiplayer dari MGS4 ini dapat loe mainkan hingga 16 orang secara online.

metal-gear-solid-4-guns-of-the-patriots--20080605010302559.jpg


Dan qlo menurut gw ini adalah game paling ebad tapi ada sayangnya
gw gk bisa maen nie game karena ada di ps3 dan sekarang harganya masih mahal

sumber : cari di internet
 
Re: Metal Gear 4:Guns of the Patriots

kayanya gk ada buat pc game ini ekslusif buat ps3
 
Back
Top