Risalah untuk Saudariku Terkasih Tentang Urgensi Menuntut Ilmu (bag3)

andy_baex

New member
Dan katakanlah:"Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan". (QS. Thaahaa:114)

Berkata Ibnu `Uyainah, "Rasulullah senantiasa bertambah ilmunya sampai Allah mewafatkan beliau"
Berkata Ibnul Qayyim, "Dengan hal ini cukuplah merupakan kemuliaan bagi ilmu, yaitu bahwa Allah memerintahkan Nabi-Nya untuk meminta tambahan berupa ilmu"

"Dan itulah hujjah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Rabbmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui." (QS. al-An`am: 83)

Imam Al Qurtubi berkata,
"Firman Allah, Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat yaitu dengan ilmu, kepahaman dan imamah (kepemimpinan) serta kekuasaan"

"Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu. Tetapi mereka tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak dapat membahayakanmu sedikitpun kepadamu. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu." (QS. An Nisaa` :113)

Berkata Ibnul Qoyyim tentang ayat di atas,
"Allah menyebutkan kenikmatan-kenikmatan dan karunia-Nya kepada Rasul dan Allah menjadikan kenikmatan dan karunia-Nya yang paling agung adalah memberinya Al Kitab dan hikmah serta mengajarkan kepadanya apa yang belum diketahuinya."

Demikianlah Ukhti Muslimah,
Semoga pemaparan saya kali ini bermanfaat bagi ukhti semuanya. Harapan saya semoga kita masih mendapat kesempatan untuk meniti ilmu-Nya yang maha luas. Amin

Dari Majalah As Sunnah Edisi 04 Tahun VI tahun 2002M/1423H
 
Last edited:
Back
Top