Tips Ketupat Gurih dan Kenyal

chickenfighter

New member
Ingin tahu caranya agar ketupat tak cepat basi, tapi rasanya lebih gurih, kenyal, dan legit? Ini tipsnya!

1. Cangkang Ketupat. Pilih daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar ketupat lebih bersih dan putih.
2. Gurih & Kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat. Air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet atau tak cepat basi. Agar rasanya lebih gurih, bisa tambahkan sedikit garam pada beras.
3. Air Rebusan. Bila air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan air panas. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terkesan kotor.
4. Tak Basi. Bila berlebih, masukkan sisa ketupat ke dalam lemari es agar tak cepat basi. Saat akan dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Lalu, rebus di dalam air mendidih sekitar 30 menit dan tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit. Selamat mencoba!

sumber: Erwin Kuditawati - kompas.com
 
Kunci dasar Membuat Ketupat

RESEP MASAKAN PANDI - siapa bilang bikin ketupat itu ada rahasiannya. yang ada cuma beberapa kunci dasar aja yang perlu diperhatiin dengan seksama.

* yang pertama Pilih beras dengan mutu baik, kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Rendam beras selama 3 jam dengan air bersih. Angkat, tiriskan, campur sedikit dengan kapur sirih. Jika beras yang dicuci kurang bersih, ketupat akan mudah berbau dan tidak tahan lama.
* Pilih pembungkus ketupat dengan anyamannya teratur dan rapat agar isi ketupat padat dan tampak putih bersih. ada baiknya jika anyaman di cek ulang.
* Isi ketupat dua pertiga dari pembungkusnya dengan menggunakan sendok kecil, agar dapat diperkirakan.
* Sewaktu direbus ketupat harus terendam dalam air mendidih. Jika air akan habis, segera tambah dengan air mendidih. Lama memasak ketupat sekitar 4 jam.
* Setelah matang, angkat. Simpan ketupat sambil diangin-anginkan dengan cara digantungkan.
 
Wah, boleh juga lu chicken, tapi itu ancaman buat lu sendiri, abis jodonya ketupat itu OPOR CHICKENFIGHTER....hehehe salam...selamat lebaran ayam autis..
 
Back
Top