Pencalonan Anggota Lama tanpa Persyaratan Umur
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Pencalonan Anggota Lama tanpa Persyaratan Umur

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #1   Report Post  

Pencalonan Anggota Lama tanpa Persyaratan Umur

JAKARTA - Ada kabar baik bagi para anggota KPUD periode 2004-2009. Ketentuan batas umur keanggotaan KPUD minimal 30 tahun ternyata tidak berlaku bagi anggota KPUD pelaksana Pemilu 2004 itu, bila mereka berniat mencalonkan diri kembali.

Dengan kata lain, anggota KPUD periode sekarang yang belum berumur minimal 30 tahun tersebut tetap tidak kehilangan peluang untuk kembali mengurusi pelaksanaan Pemilu 2009.

Wakil Ketua Panitia Khusus RUU Penyelenggara Pemilu Ferry Mursyidan Baldan menyampaikan, pengecualian tersebut merupakan bentuk penghargaan DPR dan pemerintah kepada anggota KPUD yang telah bekerja baik pada Pemilu 2004.

"Kami tidak mau kehadiran UU ini berkesan diskriminatif atau seperti sengaja hendak menghambat anggota KPUD periode 2004-2009 yang masih berminat menjadi anggota KPUD periode mendatang," jelasnya di gedung DPR, Senayan, Jumat (26/1).

Faktanya, memang ada sejumlah anggota KPUD periode 2004-2009 yang ketika seleksi KPUD mendatang dibuka tahun depan masih berumur di bawah 30 tahun. Misalnya, anggota KPUD dari Magetan, Jawa Timur, Hendra Subyakto yang baru berumur 27 tahun pada 2008.

Pengecualian itu, kata Ferry, sebenarnya juga diberikan kepada anggota KPU periode 2004-2009. Namun, kebetulan tidak ada anggota KPU yang masih di bawah batas minimal umur anggota KPU menurut UU tersebut, yaitu 35 tahun. Bahkan, anggota KPU termuda periode 2004-2009, Anas Urbaningrum, sudah berusia 39 tahun pada 2008. "Tapi, secara normatif, hal itu tetap kami atur," ujarnya.

Meski demikian, anggota KPUD lama tidak otomatis menjadi anggota KPUD periode mendatang. "Mereka tetap harus melalui serangkaian seleksi sampai fit and proper test," tegas legislator Golkar tersebut.

Terlepas dari adanya "hak istimewa" buat anggota KPUD periode sekarang, Ferry menyampaikan, kenaikan batas umur anggota KPU dan KPUD yang sebelumnya minimal 21 tahun itu sangat penting dilakukan. "Kami tidak sekadar menambah-nambah. Kami mempertimbangkan tingkat kedewasaan dan kematangan orang pada rentang umur 30 dan 35 tahun itu," ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Andi Yuliani Paris, wakil ketua Pansus RUU Penyelenggara Pemilu, juga menyampaikan pentingnya menambah batas umur anggota KPU dan KUPD. Apalagi, mengingat beban kerja, moral, serta psikologis yang harus dihadapi seorang anggota KPU dan KPUD sangat besar. "Ini bukan pekerjaan sekadar coba-coba. Termasuk, wilayah pekerjaan bagi fresh graduated yang sedang mencari-cari pekerjaan," katanya. (pri)
pratama_adi2001
pratama_adi2001 pratama_adi2001 is offline
City Level

Post: 370
 
Reputasi: 0

__________________
Download Mp3 Gratis di www.adminkidnet.co.nr
kalau mau pulsa gratis bisa di www.indonesian.co.nr
and jangan lupa kunjungi blog gw di www.adminkidnet.co.cc
Loading...
       
loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
kentong
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Arus Bawah PDI-P Tolak Pencalonan Sutiyoso andree_erlangga Politik, Ekonomi & Hukum 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.