Israel gempur Gaza Gencatan senjata berlaku di Palestina 1

zabuza

New member
Israel gempur Gaza
Gencatan senjata berlaku di Palestina

Gaza City (Espos)
Sebuah gencatan senjata bersama mulai berlaku di Jalur Gaza, Selasa (30/1) pagi, setelah lima hari pertempuran intensif antara Faksi Hamas dan Fatah yang mengakibatkan 34 orang tewas.
Sementara itu situasi kembali tenang beberapa saat setelah Israel melakukan serangan balasan pertama terhadap bom bunuh diri Palestina di Kota Eilat, Israel.
Serangan udara Israel Selasa pagi mengambil target sebuah terowongan yang dibuat orang Palestina di dekat perbatasan Gaza-Israel.
Partai yang memerintah di Palestina, Hamas, dan saingannya, Fatah, Senin (29/1) malam, menyerukan gencatan senjata bersama tersebut. Menteri Luar Negeri Mahmud Az-Zahar menyampaikan pengumuman itu setelah baku-tembak antara pendukung Fatah dan Hamas berkecamuk di seluruh Jalur Gaza kendati Arab Saudi menawarkan untuk mengakhiri kerusuhan terburuk dalam satu tahun.
”Gencatan senjata akan berlaku Selasa pukul 03.00 waktu setempat (08.00 WIB). Semua bentrokan harus berhenti dan orang-orang bersenjata harus segera mundur dari jalan),” kata Az-Zahar kepada wartawan, saat membacakan pernyataan bersama setelah Perdana Menteri Ismail Haniyeh bertemu dengan Raqthi Fattuh, utusan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Senin malam.
 
Back
Top