Psikologi Narsis

bla_bla_bla

New member
Definisi narsis adalah sebuah pola sifat dan perilaku yang dipenuhi obsesi dan hasrat pada diri sendiri untuk mengabaikan orang lain, egois, serta tidak memperdulikan orang lain dalam memenuhi kepuasan, dominasi, dan ambisinya sendiri.

Mitchell JJ dalam bukunya, The Natural Limitations of Youth, mengatakan, ada lima penyebab kemunculan narsis, yaitu adanya kecenderungan mengharapkan perlakuan khusus, kurang bisa berempati sama orang lain, sulit memberikan kasih sayang, belum punya kontrol moral yang kuat, dan kurang rasional. Kedua aspek terakhir inilah yang paling kuat memicu narsisme yang berefek gawat.

Roslina Verauli Mpsi, seorang psikolog dari Empati Development Center mengatakan, ”Orang yang narsis merasa dirinya lebih tinggi dibanding orang lain.” Menurut dia, narsis sudah tergolong ke dalam gangguan kepribadian.

Ciri-ciri orang narsis :

(1). Orang narsis merasa lebih penting dan besar dibanding orang lain. Contohnya, dia merasa paling hebat dalam hal prestasi, bakat, dan karier.
(2). Punya fantasi untuk mencapai sukses dan kekuasaan yang sangat tinggi. Walaupun hal itu mustahil untuk bisa dicapai.
(3). Merasa dirinya begitu unik dan beda dengan yang lainnya. Dia akan merasa lebih tinggi statusnya serta lebih cantik atau ganteng dibanding orang lain.
(4). Selalu merasa butuh pengakuan yang berlebihan dari orang lain.
(5). Mereka yang narsis selalu berharap yang tak masuk akal untuk diperlakukan oleh orang lain. Orang yang narsis selalu ingin diperlakukan istimewa, meski dirinya sebenarnya tak istimewa.
(6). Narsis juga cenderung manipulatif dan selalu mengeksploitasi orang lain untuk kepentingan dirinya.
(7). Tidak bisa berempati pada orang lain. Ya, orang seperti ini tak akan merasa peduli dengan apa yang menimpa orang lain. Misalnya saja, bila ada temannya yang terkena musibah, orang narsis tak akan peduli.
(8). Selalu arogan.

Sekarang di media internet sudah banyak sekali contoh orang orang yang narsis, bahkan ada yang menyalurkan kenarsisannya dengan mengabadikan kemolekan tubuhnya tanpa pakaian dengan kamera dan memajangnya agar orang bisa melihat dan memuji betapa molek tubuhnya. Itu hanya salah satu dari sekian banyak contoh narsis.

( Dari berbagai sumber )
 
ada temen dresti yg narsiiiiiiiiiiis bgt.....

hehehe.....

dia bilang dirinya: imut, cantik, pintar (padahal aku lebih bagus prestasinya drpd dia... maaf...... ya)
 
jangan ngomong diri sendiri nih
adik dres narsis juga ya

heee.... dresti kan cuma agak narsis karena salalu memasukkan 'cool' pada nama username! gak lebih dr itu! :p
 
Aku juga narsis :D:D:D
Tapi ga nyampai yang ga peduli sama orang lain.... Masih care kok sama orang lain, masih berempati juga...:)
( kalau ga salah sih :)))...
 
ngak kayak nya cantik ngak narsis tapi emang udah cantik
ya wajar aja dong narsis menyombongkan kelebihan itu kan blh
 
Sedikit Narsis itu Baik


Narcissist : someone in love with themselves.

Dalam bahasa sehari-hari kita kenal dengan "narsis". Oleh sebagian orang dikonotasikan dengan mencintai diri sendiri secara berlebihan bahkan sampai menghabiskan waktu berjam-jam di depan kaca, hanya untuk mengagumi dirinya.

Kita tentu tidak ingin seperti itu, tapi satu hal yang pasti jelas : Kita pasti mencintai diri kita sendiri. Saya sendiri, juga merasa sangat mencintai diri sendiri. Cinta Saya ada dalam konteks bahwa segala yang melekat pada diri Saya adalah sebuah amanat. Amanat yang harus Saya jaga dan pelihara. Sebab jika Saya tidak melakukannya, Saya akan merasa berdosa. Cinta Saya pada diri Saya, seperti juga cinta Anda pada diri Anda sendiri, adalah cinta karena amanat-Nya.

Percayalah, bahwa tidak ada satu pun yang tidak berguna dalam diri kita. Anda tentu meyakini bahwa Tuhan adalah Maha Adil dan Maha Sayang pada setiap manusia. Akankah Anda mempertanyakan kembali itu semua, manakala Anda menghadapi atau menemukan adanya kekurangan di dalam diri anda? Percayalah, bahwa semua kekurangan ada manfaatnya. "There is no such thing as useless". Jika Anda punya fear, itu ada manfaatnya. Jika Anda miskin, itu ada gunanya. Jika Anda sakit, itu pun berguna. Jika Anda kehilangan anggota badan, itu ada hikmahnya. Jika Anda kebetulan ber-iq rendah, itu ada alasannya. Jika Anda belum juga dikaruniai seorang anakpun sampai saat ini, itu juga ada latar belakangnya.

Cintailah diri Anda, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Pahamilah, bahwa itu artinya : Anda punya tugas besar dan mulia untuk menjadi seseorang yang akan merubahnya menjadi keberhasilan. Itulah yang sangat mungkin menjadi sumber inspirasi bagi dunia.

Dan Anda, sangat beruntung karena Andalah yang terpilih.


mayan nih nemu pendapat mas adhi dari kendal
 
narsis itu kadang-kadang diperlukan lho.....

apalagi di saat kita mau ngegaet cewe.....

sedikit narsis akan membuat sang cewe semakin lengket sama kita...
 
lah bahasa narsis sapa yg buat?

"narsis" itu berasal dari yunani. jadi ada sejarahnya, dulu waktu zaman para dewa, ada pengeran yunani yang bernama "narsiscus". dia tampan dan rupawan, suatu ketika ada dewi yang jatuh cinta sama dia, namun narsiscus menolaknya karena dia merasa bahwa dirinya yang paling baik dari semua manusia, dia menjadi cinta dengan dirinya sendiri. lalu karena perlakunya itu dewapun marah, narsiscus dikutuk dengan mencintai bayangannya sendiri. dan pada saat itu narsiscus sedang berada di pinggir kolam dan menilhat bayangannya ada di kolam. narsiscus neymplung ke kolam utnuk mengejar bayangannya itu. lalu mati tenggelam...

smbernya dari buku yang gue baca.. judulnya "kenapa anda enggan berubah"..
 
Back
Top