Alex J Mariat, `Langkah Lelaki` Sensasi 4 Saudara

Megha

New member
Alex J Mariat, `Langkah Lelaki` Sensasi 4 Saudara





Ada satu sensasi muncul pada saat Langkah lelaki dirilis sebagai album rekaman Alex J Mariat.




Ia menyebutkan 4 bersaudara: Katon, Nugie, Andre dan Alex dalam album sarat pesan moral, yang diberi title ‘Langkah Lelaki’.

Album Langkah Lelaki lahir dari pemikiran jernih ‘Pencinta Lingkungan’-, yakni Alex J Mariat.

"Saya mencoba mengangkat tema-tema yang tetap aktual dengan zaman, bagaimana mensyukuri alam dengan baik. Dari sebelas lagu yang masuk dalam album, semuanya ada pesan moralnya," kata Alex.


Seperti Bang Soma Ciptaan Katon Bagaskara misalnya, bercerita tentang seorang petugas sampah degan gerobaknya, Saya bisa membayangkan, bagaimana jika nggak ada dia, pasti ada bau busuk, jalanan kotor.

"Lagu Langkah Lelaki, saya ingin mengatakan bahwa lelaki harus tidak cengeng, tegar dan setelah terpilih sebagai single hits, secara visual dikuatkan dengan gambar seorang lelaki muda dengan tas ranselnya," cerita Alex.

Lagu lain yang menjadi sangat penting secara historis adalah ‘Wajah Mungil Karya Andre Manika. Lagu ini ditata dalam genre musik country balada, ada denting piano, gitar akustik, tapi tetap dalam bingkai musik pop yang universal. Setidaknya, dalam gaya menyanyi Alex.

"Saya memang nggak mau terjebak untuk menggarap musik country, meski saya menggemari John Denver atau Bob Dylan,” tambah Insiyur jebolan Universitas Lampung ini.


Dari 11 lagu, 6 diantaranya mengandalkan gitar akustik. Ini sengaja, karena pesan-pesan moral dan social dalam lirik lagunya memang lebih pantas dimainkan dengan harmonisasi musik yang terkesan lembut.

Bahkan minimalis. Satu dua lagu yang bertema beda adalah ‘Elegi Pagi’-tema cinta dan ‘Satu Hari’/ Lagu yang disebut terakhir bercerita tentang pengalaman pribadi Alex sebagai pemakai Moge (Notor Gede), tatkala berjumpa dengan pengendara motor bebek berambut gondrong.

"Wajahnya tertutup helm, rambutnya gondrong, saya pikir laki-laki, waktu helmnya di buka, eh ternyata perempuan, cantik lagi. Lagu ini ada unsure homornya, hasil penggalian pengalaman saya diawal karier bermusik sebagai finalis Lomba Musik Humor di tahun 80 an," ujar Alex sambil tertawa lepas.

Lagu lain yang menarik adalah “Sebatang Dji Sam Soe’ Karya Don Gunarto. ‘Hidup Ini Indah’,’Suara Dari Hati’,’Bajing’ dan nomor pesan moral ‘Garuda Pancasilaku’.

Dari catatan diatas, ternyata ada 4 nama bersaudara yang tampil dalam album Langkah Lelaki. Mereka adalah Alex Mariat, Andre Manika, Katon Bagaskara dan Nugie, putra keluarga Alfonso Rodriques Juwarno- Agnes Sumarsih. Keempat seniman musik ini lahir dengan pencitraan yang berbeda.
"Mas Andre lebih dikenal sebagai pemusik ballad dan klasik, Nugie terjun ke alternative rock, mas Alex di musik Country dan saya sendiri sebagai pemusik pop melalui KLa Project. Itulah yang terlihat pada keluarga kami. Masing-masing tak saling intervensi, tapi saling support," kata Katon Bagaskara.

Nugie merasa bangga karyanya “Ku Ingin Pulang” bisa terpakai dalam album Langkah Lelaki.

"Aslinya aransemennya country, Cuma karena keterbatasan sarana, saya memakai media digital. Mas Andre memperbaiki melalui musik akustik. Ku Ingin Pulang saya ciptain tahun 2000 an, relative baru," ujar Nugie yang pernah menulis lagu untuk Memes, BCL dan penyanyi lainnya.

Mungkinkah kuartet bersaudara ini bisa bersatu dalam sebuah album yang terkonsep untuk berempat ?

Katon, Nugie dan Alex menyatakan sangat mungkin, asal masing-masing bisa menyisihkan egonya dan menyatukan visi musik melalui tema khusus yang bisa di garap bersama. Hal itu pernah dilakukan Katon, Nugie dan Andre melalui album pop tematis untuk charity atau pencarian dana.
"Repotnya di Indonesia ini sulit membuat rekaman dengan lintas label. Tapi kami bersyukur melalui Langkah lelaki nya mas Alex, berempat bisa saling mengisi," kata Katon. (R/ly/foto:ist)
 
Back
Top