Kabel KRL putus, ratusan rumah petak ludes terbakar

andree_erlangga

New member
Ratusan rumah petak di tepi rel kawasan Stasiun Kota, Jakarta Utara ludes dilumat si jago merah, Jumat (26/1) dini hari. Api diduga diakibatkan putusnya kabel listrik jaringan KRL.
Kebakaran diketahui warga sekitar pukul 04.25 WIB. Lokasi kebakaran adalah rumah-rumah petak semi permanen di tepi rel Stasiun Kota di RT 13/ XV Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Sedikitnya 18 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.
Karena rumah-rumah ini berada di dekat rel, mobil pemadam terpaksa menyemprotkan air dari belakang Pasar Pagi Mangga Dua dan dari Jl Kampung Bandan. Api baru bisa dipadamkan pukul 07.00 WIB.
Api diduga kuat berasal dari kabel tegangan tinggi yang putus. Kabel jatuh ke atap rumah petak yang kebanyakan berbahan tripleks dan menyulut api.
Penyebab kebakaran diduga karena kabel dipotong pencuri. Kabel beraliran listrik yang menjuntai akhirnya menyebabkan kebakaran di perumahan liar sekitar rel. ?Bahkan pencuri juga membawa beberapa meter kabel,? ujar Kahumas PT Kereta Api Daops I Akhmad Sujadi, Jumat.
Akibat peristiwa itu, perjalanan KRL tujuan Jakarta Kota sempat terganggu. Sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB, sempat terjadi antrean KRL hingga ke Manggarai.
?Pada pukul 07.15 WIB baru bisa normal lagi,? imbuh Sujadi.
 
Back
Top