apa gunanya tombol "pencil " pada nokia ?????

ijoe_nets

New member
Sepertinya sepele ya.. tapi pasti banyak yang belum tau apa aja sih fungsi tombol tsb.. ?? apa buat menggambar seperti yang ada di diprogram2 pengolah gambar semacam paintshop , photoshop dsb..??
Ternyata bukan... (atau memang iya tapi saya yang blm tau caranya.. :D )

Tapi fungsi yang paling nyata dari tombol tersebut sebenarnya adalah untuk melakukan COPY PASTE.. caranya gampang kok.. semisal kita sedang berada di daerah texs, misalnya sedang menulis SMS, atau membuat Catatan, tinggal taroh posisi kursor diawal teks, tekan tombol pensil, jangan dilepas.. gerakan panah ke kanan/kiri sampai semua teks yg akan di copy terblock semua.. pilih COPY, after that.. terserah mau di paste dimana teks yg sudah tersimpan di clipboard tadi.. caranya sama.. tinggal tekan lagi tombol pensil tsb, kemudian pilih PASTE..

Tapi selain fungsi tersebut.. masih ada satu fungsi rahasia dari tombol pensil tadi.. yaitu sebagai key untuk membypass aplikasi2 yang dijalankan otomasis saat ponsel pertama kali di hidupkan (safe mode)..
Apa sih fungsinya... mmm.. apa yah.. saya kasih contoh begini..
misalkan di ponsel kita terinstall sebuah aplikasi yg akan jalan otomatis setiap ponsel dinyalakan.. (screen saver, fscaller, keylocker, antivirus dsb), dan kemudian salah satu dari aplikasi tsb rusak, sehingga menyebabkan ponsel tidak dapat hidup dengan mulus (atau bisa hidup, tp mungkin dengan pesan error yg menyebalkan.. ).. so.. saat inilah tombol Pensil tadi kita butuhkan.. caranya..???
Matikan Ponsel.. Tekan On/off, begitu ponsel nyala..secepatnya tekan tombol pensil tadi.. jangan lepaskan sampai ponsel tiba pada menu standby..
 
Bls: apa gunanya tombol "pencil " pada nokia ?????

pensil yang mana??
di HP gw nggak ada tombol pensilnya tuh???
 
Kalau ane belum tahu apa itu tombol pencil. Karena dulu kayaknya tidak ada itu tombolnya. Pernah pegang nokia 3310 dan 7610.
 
Back
Top