(ask) beda katolik dan kristen
 
Go Back   Home > Agama > Katolik

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


(ask) beda katolik dan kristen

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #11   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh miatobey View Post
justru itu mas gonzo, karna belum jelas yah.. apa yg mau dikomplain? anggap aja bang judgescar cm memberi masukan apa yang pernah dia dengar, dan kalau mas gonzo punya masukan yang lebih baik lagi yah monggo soalnya apa yang udh mas gonzo kemukakan sebelumnya terlalu sedikit, boleh dijelasin lebh banyak lg ngga? ... btw, mas gonzo sndri katholik/ngga? boleh dong ksih jwbn ats pertanyaan mas sendiri...seandainya benar/tidak issue surat penghapusan dosa itu?
Bang Miatobey, maaf saat ini saya masih belum bisa menjawabnya tapi saya menemukan artikel disini mudah mudahn bisa memberikan informasi, nanti kita diskusi disini.

Maaf belum sempat langsung menjawab.
gonzo
gonzo gonzo is offline
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0

Loading...
       





    #12   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh Katro View Post
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaannya.

Pertama saya ingin luruskan dulu mengenai pertanyaan anda, yang tepat adalah : “Perbedaan Antara Katolik dengan Protestan”, karena keduanya adalah sama-sama Kristen.

Tidak mudah untuk memahami perbedaan antara Katolik dengan Protestan, akan sangat panjang pembahasannya dari mulai sejarah terbentuknya Protestan sampai perbedaan pemahaman Alkitab secara mendalam.

Sejarah singkatnya sebagaimana yang ditulis Gonzo, secara mendasar hal tersebut disebabkan karena perbedaan terhadap pemahaman Alkitab yang akhirnya menimbulkan perbedaan mendasar secara theology.

Letak perbedaan yang mendasar adalah :
Protestan meyakini yang dinamakan sola fide & sola scriptura, maksudnya :

-Sola Fide : keselamatan diperoleh berdasarkan iman saja
Sementara Katolik meyakini bahwa iman tanpa perbuatan adalah sia-sia, sehingga Katolik meyakini iman dan perbuatan.

-Sola Scriptura : hanya berdasarkan Alkitab
Inti pengajaran Protestan hanya didasarkan pada Alkitab, sementara Katolik tidak semata-mata dari Alkitab melainkan masih memegang teguh tradisi-tradisi suci.

Perbedaan-perbedaan mendasar tersebut akhirnya berpengaruh kepada :
-Pemahaman tentang Bunda Maria
-Tata cara ibadah
-Jenis-jenis doa
-Pemahaman tentang orang-orang kudus
-dsb.

Demikian sedikit garis besar yang bisa saya jelaskan, semoga berguna.
setuju ma yg diatas ini.

saya sendiri orang katholik.dan sepengetahuan saya(sry klo salah) memang dulu pada abad 16 "vatikan mengeluarkan" surat pengampunan dosa yg uangnya dipakai untuk membangun gereja st petrus.dan itu pun sudah diakui klo itu adalah kesalahan terbesar pemimpin-pemimpin katholik.namanya juga manusia ga ada yg luput dari kesalahan.
skrg sudah ga ada lg yg namanya surat pengampunan dosa,cuma pas abad 16.
valent14288
valent14288 valent14288 is offline
City Level

Post: 144
 
Reputasi: 2

__________________
Neraka Itu Kosong, Semua Setan Ada Di Dunia
ingin bisnis Pulsa www.valent14288.co.cc





    #13   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh valent14288 View Post
setuju ma yg diatas ini.

saya sendiri orang katholik.dan sepengetahuan saya(sry klo salah) memang dulu pada abad 16 "vatikan mengeluarkan" surat pengampunan dosa yg uangnya dipakai untuk membangun gereja st petrus.dan itu pun sudah diakui klo itu adalah kesalahan terbesar pemimpin-pemimpin katholik.namanya juga manusia ga ada yg luput dari kesalahan.
skrg sudah ga ada lg yg namanya surat pengampunan dosa,cuma pas abad 16.
Salam kenal Valent,

Saya menemukan satu topik yg membahas tentang ini dan saya pikir bagus buat dibaca oleh Valent atau yg lainnya juga, silahkan baca topik yg berjudul "Mari Membeli "Surat Pengampunan Dosa"

Kalau sudah baca maka intinya adalah bahwa tidak ada yg namanya "Surat Pengampunan Dosa", dalam pengertian secara teology Pengampunan Dosa" itu berbeda dgn Indulgensi, atau Indulgensi bukanlah Pengampunan Dosa.

Dalam Gereja Katolik kita mengenal yg namanya Sakramen Sakramen, kita percaya bahwa dalam setiap Sakramen Sakramen itu terdapat pengampunan akan dosa, misalnya adalah Sakramen Baptis kita percaya bahwa Sakramen Baptis mempunyai kuasa akan Penghapusan Dosa asal dan Dosa kita termasuk akibat dosanya juga, tapi juga ada khusus yg untuk pengampunan dosa itu sendiri yg di sebut dengan Sakramen Tobat maksudnya adalah jika kita tidak bertobat maka tentunya pengampunan dosa tidak akan terjadi, siapa yg mengampuni dosa ?

Tentunya adalah Allah sendiri.

Gereja hanya melaksanakan perwakilan yg di berikan oleh Kristus kepada Rasul rasulNya (Yoh 20:23 & 2Kor 5:18)

Nah itulah sekilas tentang Sakramen Tobat.

Sedangkan Indulgensi adalah Penghapusan Siksa Dosa untuk dosa dosa yg telah diampuni.

Dalam Katekismus Gereja Katolik di terangkan seperti ini

1472Supaya mengerti ajaran dan praktik Gereja ini, kita harus mengetahui bahwa dosa mempunyai akibat ganda. Dosa berat merampas dari kita persekutuan dengan Allah dan karena itu membuat kita tidak layak untuk kehidupan abadi. Perampasan ini dinamakan "siksa dosa abadi". Di lain pihak, setiap dosa, malahan dosa ringan, mengakibatkan satu hubungan berbahaya dengan makhluk, hal mana membutuhkan penyucian atau di dunia ini, atau sesudah kematian di dalam apa yang dinamakan purgatorium [api penyucian). Penyuciaan ini membebaskan dari apa yang orang namakan "siksa dosa sementara". Kedua bentuk siksa ini tidak boleh dipandang sebagai semacam dendam yang Allah kenakan dari luar, tetapi sebagai sesuatu yang muncul dari kodrat dosa itu sendiri. Satu pertobatan yang lahir dari cinta yang bernyala-nyala, dapat mengakibatkan penyucian pendosa secara menyeluruh, sehingga tidak ada siksa dosa lagi yang harus dipikul

Nah bagaimana cara mendapatkan Indulgensi ini Gereja mengajarkan banyak cara yaitu dapat dengan Berpuasa, Berdoa Khusus atau bahkan melakukan Sedekah, nah yg dilakukan diabad 16 itu Sedekah itu dibuatkan surat tanda terima Sedekah atau lebih di kenal dgn "Surat Indulgensi" itu dan juga cara penyelengaraannya berlebihan dan itu dialamatkan kepada Jhon Tetzel yg terlalu provokatif.

Tujuan dari sedekah inilah yg di gunakan oleh Vatikan pada saat itu salah satunya adalah untuk membangun Basilika St. Petrus dan satu lagi adalah untuk membantu Perang Salib pada saat itu.

Jadi kalau ditanya apakah Surat Indulgensi itu sekarang masih ada ?

Tentunya sudah tidak ada lagi, tapi Indulgensinya sendiri masih tetap ada di Imani oleh Gereja Katolik sampai saat ini, Gereja sudah tidak mengeluarkan lagi "Surat Tanda Terima Sedekah" :D

Mohon koreksi jika ada kesalahan dan tambahan jika ada kekurangan
gonzo
gonzo gonzo is offline
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #14   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Protestan lahir karena Martin Luther tidak setuju dengan ajaran gereja pada saat itu (sekitar abad ke 16) Nah, karena itulah Kristen terpecah dua yang pertama itu yang masih mengikuti segala macam tata cara aturan gereja mula-mula yang disebut Katolik (artinya general; universal) dan Protestan (karena Martin Luther protes terhadap gereja mula-mula).
Kalo mau tau lebih dalem tentang asal mula protestan, cari aja DVD Luther. disitu diceritain koq tentang hidup Martin Luther ini.

Kristen itu pasti katolik itu salah. Kristen itu artinya pengikut Yesus. Nama Kristen diberikan oleh bangsa Romawi - setelah Yesus naik ke surga dan para muridNya memulai misi pelayanan - kepada setiap pengikut Kristus. Saat nama Kristen diberikan, belum ada yang namanya Katolik ato Protestan. Namun dalam perkembangannya, hampir di seluruh dunia, Kristen itu identik dengan protestan. Kalo ada orang nanya saya "kamu agama apa?" otomatis saya akan menjawab 'Kristen" dan biasanya orang-orang udah tau itu tuh berarti Protestan. Sedangkan kalo umat katolik biasanya menjawab "katolik." getoo....hal ini berlaku juga di seluruh dunia, walaupun biasanya kalo orang yang nanya ga 'ngeh' maka dia akan nanya lagi "kristen apa?" nah baru kita jawab deh.

tentang katolik menganggap protestan sesat kayanya enggak deh. memang ada perbedaan ajaran, tata cara penyembahan dan segala macamnya tapi kan intinya kita berdua mengakui kalo Kristus Yesus adalah Tuhan. Selama ini seh belom pernah denger umat katolik yang menganggap umat protestan sesat.

Maap Klo salah satu pihak merasa tergangu ini hanya sebuh informasi yg saya dapat

rx34ak
rx34ak rx34ak is offline
Continent Level

Post: 4.141
 
Reputasi: 9






    #15   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

waduh, infonya dari mana dapatnya tuh? g plu jauh2 sampe ke seluruh dunia deh, di indonesia aja semua orang jg tahu kalo kristen ada 2
: protestan & katolik. mungkin nih yaa.....protestan lbh didahului karna emang mayoritas. gimana bisa kalo katolik itu kristen yg salah wong ajrannya aja juga diteruskan langsung dari rasul2 Yesus seperti Rasul Petrus misalnya, bahkan katolik mempunyai misa2 perayaan khusus menghormati orang2 kudus tsb. identik tidak berarti pasti suatu kebenaran. mungkin karna protestan emang mayoritas di seluruh dunia. tapi kenapa setiap acara Natal tahunan, di hampir setiap channel tv selalu yang disiarkan langsung adalah misa natal gereja di vatikan roma ya? protestan hanya selentingan aja tuh....seharusnya kan sebaliknya kalo emang seperti yang kamu bilang kalo protestan itu adalah kristen yang sesungguhnya. yah..mungkin yang membuat katolik minoritas karna tata cara ibadahnya yang emang sedikit konservatif dan agak kuno. tapi buatku sangat kusyuk ;) gini aja deh, mungkin yang lebih benar itu ajaran yang ada dalam agama itu sendiri, bukan nama. buatku sendiri, katolik itu satu tapi universal. satu ajaran buat seluruh umatnya dari suku dan ras apapun dia, semua terkumpul dalam rumah ibadah yang satu tanpa ada penggolongan2.

@-->
miatobey miatobey is offline
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0






    #16   Report Post  

Re: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh rx34ak View Post
Protestan lahir karena Martin Luther tidak setuju dengan ajaran gereja pada saat itu (sekitar abad ke 16) Nah, karena itulah Kristen terpecah dua yang pertama itu yang masih mengikuti segala macam tata cara aturan gereja mula-mula yang disebut Katolik (artinya general; universal) dan Protestan (karena Martin Luther protes terhadap gereja mula-mula).
Kalo mau tau lebih dalem tentang asal mula protestan, cari aja DVD Luther. disitu diceritain koq tentang hidup Martin Luther ini.
Hmmm... emang benar pada saat itu terpecah menjadi 2, setelah itu karena mengikuti Martin maka jadi pecah berkeping2 katanya sudah mencapai 30 ribuan denominasi dan satu dan yg lain bisa saling bertentangan sementara Katolik sendiri masih tetap satu.

Kutip:
Kristen itu pasti katolik itu salah. Kristen itu artinya pengikut Yesus. Nama Kristen diberikan oleh bangsa Romawi - setelah Yesus naik ke surga dan para muridNya memulai misi pelayanan - kepada setiap pengikut Kristus.[/b]
Ehhhh.... coba Abang lihat apa yg saya Bolt diatas gereja mula-mula yang disebut Katolik (artinya general; universal) jadi Gereja mula mula itu disebut Gereja Kristen sifatnya Katolik = universal/general = umum untuk siapa saja/semua orang

Jadi sudah benar kalau Gereja Kristen adalah Gereja Katolik.

Kutip:
Saat nama Kristen diberikan, belum ada yang namanya Katolik ato Protestan ---> sepertinya tidak sesuai dgn pernyataan diatas. Namun dalam perkembangannya, hampir di seluruh dunia, Kristen itu identik dengan protestan---> kekeliruan yg diciptakan dgn sengaja ? :). Kalo ada orang nanya saya "kamu agama apa?" otomatis saya akan menjawab 'Kristen" dan biasanya orang-orang udah tau itu tuh berarti Protestan--->Brand sudah terbentuk : Beli aqua yg merknya VIT he he he...... Sedangkan kalo umat katolik biasanya menjawab "katolik."---> sepertinya pengeneralisasi pendapat.... getoo....hal ini berlaku juga di seluruh dunia---> masa sih ? :), walaupun biasanya kalo orang yang nanya ga 'ngeh' maka dia akan nanya lagi "kristen apa?" nah baru kita jawab deh.
Kalau bicara soal Katolik mau tidak mau harus melihat sejarah, kalau sudah terkait dengan sejarah maka pengungkapannya harus benar, kalau bohong terhadap sejarah maka akan menjadi pembodohan umat manusia >:'(


Kutip:
tentang katolik menganggap protestan sesat kayanya enggak deh. memang ada perbedaan ajaran, tata cara penyembahan dan segala macamnya tapi kan intinya kita berdua mengakui kalo Kristus Yesus adalah Tuhan. Selama ini seh belom pernah denger umat katolik yang menganggap umat protestan sesat.

Maap Klo salah satu pihak merasa tergangu ini hanya sebuh informasi yg saya dapat
Ketika semua mengakui kalo Kristus Yesus maka tentunya kalu ad perbedaan ajaran maka salah satunya benar dan salah satunya salah atau dua duanya salah tapi tidak mungkin dua duanya benar......

Katolik tidak minoritas kalau satu Katolik dibandingkan dengan 1 denominasi, Katolik menjadi minoritas kalau dibandingkan dengan semua protestan (keroyokan), tapi jgn lupa antara 1 protestan dn protestan yg lain juga bertentangan loh jadi kalau semua dianggap satu (keroyokan) menjadi tidak tepat
gonzo
gonzo gonzo is offline
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #17   Report Post  

Bls: (ask) beda katolik dan kristen

orang Kristen mempercayai Tuhan Yesus yg hidup dan mengalahkan maut
sedangkan
Katolik lebih mempercayai bunda Maria yg blum mengalahkan maut meski Yesus jga ada

tq y n mohon maaf jika ada salah bicara
4t0ng 4t0ng is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






    #18   Report Post  

Bls: (ask) beda katolik dan kristen

Kutip:
Oleh 4t0ng View Post
orang Kristen mempercayai Tuhan Yesus yg hidup dan mengalahkan maut
sedangkan
Katolik lebih mempercayai bunda Maria yg blum mengalahkan maut meski Yesus jga ada

tq y n mohon maaf jika ada salah bicara
Coba Bang Atong belajar lagi lebih dalam atau Bang Atong membaca postingan teman2 diatas, daripada bikin pernyataan yg ngga mendasar kaya gitu ya :))
gonzo
gonzo gonzo is offline
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 0






    #19   Report Post  

Bls: (ask) beda katolik dan kristen

malam :D
JessOnly JessOnly is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0






    #20   Report Post  

Bls: (ask) beda katolik dan kristen

Secara jelas, bahwa protestan adalah pecahan dari katolik pada saat pendeta Luther Martin memprotes surat pengampunan yang dikomersilkan. Meskipun indulgendi yang dikomersilkan sekarang tidak ada, tapi sejarah mengatakan demikian. Bahwa Katholik pernah menjual belikan Surat Pengampunan atas dosa dan lolos dari api penyucian (purgator)

untung bukan jubah pendeta yang dijual belukan :)) sungguh memalukan nama katolik saja ...
JessOnly JessOnly is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bangga Jadi Katolik? urhee Katolik 40
Pengalaman dan Alasan masuk Katolik FoA Katolik 40
puasa katolik holiniti Katolik 17
Devosi Dalam Gereja Katolik d4gom3z Katolik 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.