Tentang kotak infak keliling
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Tentang kotak infak keliling

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Tentang kotak infak keliling

Banyak dijumpai pada pelaksanaan sholat di masjid masjid, seseorang yang diberi tugas untuk berjalan keliling dengan membawa kotak amal kepada para jamaah shaf demi shaf agar para jamaah mau beramal atau cukup kotak amalnya saja yang berputar dari satu jamaah ke jamaah lainnya.

Ini merupakan kesalahan. Orang yang diberi tugas tersebut menyangka bahwa ia telah berbuat kebaikan, padahal perbuatan trsebut adalah perbuatan sia sia yang dilarang pada saat Khatib sedang berkhutbah dan perbuatan tersebut bukan merupakan petunjuk Rasulullah atau salah seorang dari para sahabatnya.

Sedangkan para jamaah yang berinfak pada saat khutbah berlangsung, ia juga telah melakukan kesalahan karena meletakkan tangannya di sakunya, mengeluarkan uang dan memasukkannya ke kotak amal. Semua ini termasuk perbuatan sia sia yang dilarang pada saat Khatib sedang berkhutbah.

Barangsiapa yang berinfak, maka hendaklah ia berinfak sesudah shalat selesai dilaksanakan. Imam Muslim mriwayatkan dalam shahihnya dari Abu Hurairah bahwa Nabi MuhammaD bersabda :

"Barangsiapa mengusap usap kerikil, maka ia telah sia sia." ( Riwayat Muslim No 857)

Jika sekedar mengusap usap kerikil masjid atau tikarnya saja dinilai sia sia, maka bagaimana halnya denganorang orang pada saat khutbah berlangsung yang berdiri dari tempatnya dengan membawa kotak amal dengan melewati para jamaah satu demi satu, serta bagaimana halnya dengan orang orang yang mencari di sakunya untuk mengeluarkan uang untuk dimasukkan ke dalam kotak amal?

Wallahu a'lam bis shawab


Sumber : Majalah NIKAH
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246

__________________
Nyi Belang


:D:D
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

lalu.. bagaimana dengan orang yang melakukan shalat tahiyatul masjid pada saat khatib berkhutbah....?? xixixi...
banyak banget tuh yang begitu.. kalo ada yang bisa meluruskan.. tolong ya...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tentang kotak infak keliling

Nah ntu om pop, aku mau tau pendapatnya temen temen di sini tuh kayak apa soal yang aku jadiin thread ntu... aku baca baca di majalah nikah kek gitu. kalau nurut om pop sendri gimana tuh?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246

__________________
Nyi Belang


:D:D





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

apanya..?? majalah nikah..?? bagus kok...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tentang kotak infak keliling

yah kok majalahnya... ya tentang kotak infak yang dikelilingkan ntu...

bagusan lagi soal nikahnya...
nikah yok... haha...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246

__________________
Nyi Belang


:D:D


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
yah kok majalahnya... ya tentang kotak infak yang dikelilingkan ntu...

bagusan lagi soal nikahnya...
nikah yok... haha...
wew.. gue udaaaaaah....
huh.. dasar nyi blorong...
gini ya bala bala..
tentang kotak infaq itu.. terus terang, gue belum bisa kasih penjelasan sekarang... asli luput dari perhatian gue.. heheeh.. gue baru mikir sekarang....
nanti yaa.. kalo ada yang lebih paham nanti juga bakal kasih masukan...

kalo yang selama ini gue perhatikan tuh.. kalo menjelang shalat jum'at, (pas khutbah sedang berlangsung) terus ada yang datang terlambat.. maka kebanyakan langsung melakukan tahiyatul masjid... baru duduk mendengarkan khutbahnya...
ini yang gue perhatikan..
heheh..
untuk hal yang ini.. kalo menurut gue.. ini salah...
kenapa..??
ya jelas.. jika ada yang wajib dan yang sunnah bertemu.. dahulukan yang wajib..
yang wajib apa....?? hehehe.. di shalat jum'at, mendengarkan khutbah itu wajib hukumnya...
and shalat tahiyatul masjid itu belum pernah gue denger ada yang mewajibkan....
terus... kenapa dahulukan yang sunnah..??
aneh gak..?? atau.. memang selama ini belum terfikirkan oleh mereka..
yaa kita bantu agar menjadikan ini sebagai bahan pemikiran..
mengenai nanti hasilnya bagaimana ya terserah pemikiran mereka..
asal.. sudah dipikirkan dulu.. gak cuma ikut ikutan aja.. atau gak tau alasannya.. pokoknya orang orang begitu maka sayapun begitu juga...
ingat.. jangan melakukan sesuatu tanpa mengerti ilmunya...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tentang kotak infak keliling

yup, mang betul tuh om pop, khutbah juga wajib didengerin. Kalau di tempat aku masih banyak tuh yang malah sengaja datang terlambat, cuma ikut sholatnya doank. wah wah wah...
Nah kalau masalah kotak infak itu kalau nurut aku emang lebih baik dilakukan sesudah sholat. Tapi masih sering juga ngejumpai yang keliling itu...

yup, moga dengan sharingan dari temen2 di sini jadi bertambah deh ilmu aku.....
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246

__________________
Nyi Belang


:D:D





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

eh yups jyugya,,jeng bla keyen kepikiran bahas beginian...
nah masalahna...aku pernah denger jyuga,,, katanya melakukan shalat tahiyatul masjid ntu klo udah duduk tu ga boleh...jadi setelah datang di masjid, dalam keadaan berdiri tu ya langsung shalat...apa itu ya alasannya orang- orang mendahulukan sholat sunnahnya dari pada mendengarkan kutbah...

atau dalam permasalahan ini boleh diambil "lihat konteksnya mengikuti shalat apa yak?"
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

Wah.. wah.. tntang shalat tahiyatul masjid koq dibenturkan gini ya.. :D

Pernah tanyain ini kpd ulama Muhammadiyah, bahwa sebaiknya shalat tahiyatul masjid dulu meski sudah khutbah yaitu dg cara shalatnya agak dipercepat. Saya dulu disindir mulu oleh ulama ini krn klo telat langsung duduk hehehe.. disindirnya pake dalil pula. Klo ulama NU tidak begitu jelas menjawabnya, di NU memang jarang terjadi yg demikian krn adanya 2 adzan sehingga lebih tertib, tapi secara umum boleh2 saja. Sementara ulama lain yg agak 'keras' bukannya melarang tp menghimbau dg keras untuk datang sebelum adzan.
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Tentang kotak infak keliling

eheheheheh...
ya yang bener tuh gitu.. datang sebelum adzan..

kan udah bertubi tubi peringatannya..
mulai dari kalo hari jum'at tuh (apalagi mendekati waktu shalat jum'at) memang di sarankan meninggalkan segala urusan dunia...
sampe ganjaran yang tinggi bagi yang datang shalat jum'at di awal awal, seperti datang pertama dapat pahala seperti bersedekah satu unta dst.. dst..
memang disini yang diajarkan adalah konsepsi kedisiplinan.. bisa nggak kita menyelesaikan semua urusan dunia dengan cara seefisien mungkin waktu kita.. bisa nggak datang tepat waktu.. sehingga semuanya bisa dijalankan baik wajib maupun sunnahnya..
gitu..
lha.. kok masih aja terlambat..
kan agak agak aneh gitu ya...??
hehehe...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.