7 Kebiasaan Memperkaya Hidup
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Potensi Diri] 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

Jika ditanya...mungkin setiap orang akan menjawab "Ya..mau" atas pertanyaan "Maukah Anda menjadi Kaya?"
Tapi ketika ditanya "Lantas bagaimana Anda Akan memperkaya diri anda dan hidup anda?" Setiap orang akan menjawab dengan keanekaragaman jawaban bahkan mungkin ada beberapa yang malah belum tahu caranya memperkaya diri dan hidup.
Lantas, jika ditanya lagi "Kaya yang bagaimana yang anda maksudkan?"
Yang jelas kaya dalam artian harta belimpah, bukanlah segala- galanya, dan kaya dalam pembahasan kali ini pun mengajak kita semua untuk lebih memperkaya hidup, dari segi pemikiran, cara pandang dan hati tentunya...@-->@-->


1. Kebiasaan mengucap syukur.
Ini adalah kebiasaan istimewa yang bisa mengubah hidup selalu menjadi lebih baik. Bahkan agama mendorong kita bersyukur tidak saja untuk hal-hal yang baik , tapi juga dalam kesussahan dan hari-hari yang buruk.. Ada rahasia besar dibalik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah. Hellen Keller yang buta dan tuli sejak usia dua tahun , telah menjadi orang yang terkenal dan dikagumi diseluruh dunia. Salah satu ucapannya yang banyak memotivasi orang adalah “Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku, pekerjaanku dan Tuhanku”. Memang sulit untuk bersyukur,namun kita bisa belajar secara bertahap. Mulailah mensyukuri kehidupan, mensyukuri berkat , kesehatan, keluarga, sahabat dsb. Lama kelamaan Anda bahkan bisa bersyukur atas kesusahan dan situasi yang buruk.

2. Kebiasaan berpikir positif.
Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita pikirkan. Kalau selalu berpikiran positif, kita cenderung menjadi pribadi yang yang positif. Ciri-ciri dari pikiran yang positif selalu mengarah kepada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan suka cita. Sering-seringlah memantau apa yang sedang Anda pikirkan. Kalau Anda terbenam dalam pikiran negatif, kendalikanlah segera kearah yang positif. Jadikanlah berpikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan Anda alami.

3. Kebiasaan berempati.
Kemampuan berhubungan dengan orang lain merupakan kelebihan yang dimiliki oleh banyak orang sukses. Dan salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati, kemampuan atau kepekaan untuk memandang dari sudut pandang orang lain.Orang yang empati bahkan bisa merasakan perasaan orang lain . Orang yang empati bahkan bisa merasakan perasaan orang lain, mengerti keinginannya dan menangkap motif dibalik sikap orang lain. Ini berlawanan sekali dengan sikap egois , yang justru menuntut diperhatikan dan dimengerti orang lain. Meskipun tidak semua orang mudah berempati , namun kita bisa belajar dengan membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan yang empatik. Misalnya, jadilah pendengar yang baik, belajarlah menempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang Anda ingin orang lain lakukankepada Anda, dsb.

4. Kebiasaan mendahulukan yang penting.

Pikirkanlah apa saja yang paling penting, dan dahulukanlah!. Jangan biarkan hidup Anda terjebak dalam hal-hal yang tidak penting sementara hal-hal yang penting terabaikan. Mulailah memilah-milah mana yang penting dan mana yg tidak, kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup Anda efektif dan produktif dan meningkatkan citra diri Anda secara signifikan.

5. Kebiasaan bertindak.

Bila Anda sudah mempunyai pengetahuan , sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mempunyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan , maka langkah selanjutnya adalah bertindak. Biasakan untuk mengahargai waktu, lawanlah rasa malas dengan bersikap aktif. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena hanya mempunyai impian dan hanya mempunyai tujuan tapi tak mau melangkah.

6. Kebiasaan menabur benih.
Prinsip tabur benih ini berlaku dalam kehidupan. Pada waktunya Anda akan menuai yang Anda tabur. Bayangkanlah , betapa kayanya hidup Anda bila Anda selalu menebar benih ‘kebaikan’. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya Anda bila rajin menabur keburukan.

7. Kebiasaan hidup jujur.
Tanpa kejujuran , kita tidak bisa menjadi pribadi yang utuh, bahkan bisa merusak harga diri dan masa depan Anda sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada diri sendiri tapi juga terhadap orang lain. Mulailah mengatakan kebenaran, meskipun mengandung resiko. Bila Anda berbohong , kendalikanlah kebohongan Anda sedikit demi sedikit.

Sumber: www.planetmusic.4t.com
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

thnx eah, mu ksh cendol tp gk ada, versi mobiler seh wakakaka
Armand91 Armand91 is offline
City Level

Post: 123
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

yupiiiiii..makasih den........moga bermanfaat
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

nomor 7 yg plng sering gw lakuin :)
rafed
rafed rafed is offline
National Level

Post: 1.061
 
Reputasi: 12

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

wah bagus dunks...hemmm memang terkadang kita mau jujur bisa dibilang susah...tapi setidaknya kita berusaha untuk hal sekecil apapun nggak bohong, setidaknya pula tidak melebihkan dan mengurangi suatu informasi yang kita terima dll.........
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

no. 6 yang paling gw suka...
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.793
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

Kalo introspeksi diri termasuk yg mana,ya?
Introspeksi diri jg penting bgt,loh...
Bener gak,ya...
A_S_T
A_S_T A_S_T is offline
Continent Level

Post: 4.779
 
Reputasi: 8






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

wehh.. penting banget tuh..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.793
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
no. 6 yang paling gw suka...
hmmm mencurigakan..>:l

Kutip:
Oleh A_S_T View Post
Kalo introspeksi diri termasuk yg mana,ya?
Introspeksi diri jg penting bgt,loh...
Bener gak,ya...
yupi setuju den..penting bwanget,,kalau menurut aku instropeksi termasuk no.7.. kejujuran..di mana kita bisa jujur pada diri sendiri untuk berinstropeksi...

kalau menurut kalian?
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: 7 Kebiasaan Memperkaya Hidup

lha kok mencurigakan sih say??? kan menabur benih kebaikan... bukannya nanem benih di perut orang... jiakakaka....


kalo menurut aku introspeksi diri termasuk ke dalam berpikir positif.. karena sama2 berpikir lebih baik..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.793
 
Reputasi: 222

__________________
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak Megha Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 6
7 kebiasaan yang memperkaya hidup vika_vika Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.