Georgia

NanaOChan

New member
GEORGIA​


Negara republik di Asia Barat berbatan dengan Rusia di utara, Armenia dan Turki di selatan, Laut Hitam di barat, dan Azerbaijan di timur. Luas: 70.000 km2. Penduduk: 5.500.000 jiwa (1995). Kepadatan penduduk 79/km2. Bahasa resmi: Georgia. Ibu kota: Tbilisi. Satuan mata uang: Rubel (sudah berencana memiliki mata uang sendiri: Lari).

Setelah lepas dari Uni Soviet pada bulan April 1991, Georgia menjadi kancah sederetan pemberontakan akibat keinginan kuat daerah-daerahnya untuk memisahkan diri. Hingga akhir 1993 daerah otonom yang masih di bawah Georgia adalah Abichazia, Ossetia Selatan, dan Adzhania. Sedangkan Mingrelia di Georgia barat telah didiami oleh kaum oposisi di bawah GamsakhUrdia dan sudah lepas dan kekuasaan pusat sejak AgustuS 1993.

Setelah Georgia merdeka dari Uni Soviet, Zviad GamsakhUrdia terpilih sebagai presiden pada bulan Mei 1991. Tetapi sebulan kemudian parlemen Abkhazia mengesahkan resolusi yang memberlakukan kembali konstitUSi tahun 1925. Menurut konstituSi lama ini, Georgia dan Abkhazia mempunyai kedudukan yang sama di bawah satu federasi.





Pada akhir Juli 1993, PM Ten giz Sigua mengundurkan diri dari jabatannya. Satu bulan kemudian, Eduard Shevardnadze menunjuk OtarPatsatsia sebagai perdana menteri baru. Otar mendapat tugas untuk menyelamatkan Georgia dari masalah ekonomi dan politik yang semakin buruk.
 
Back
Top