Tanggalan penting dan bersejarah (Desember)

uRaN

New member
Tanggalan penting dan bersejarah di bulan Desember​




1 Kesepakatan pemerintah Georgia dan Abkhazia.

Di Genewa pemerintah Georgia dan kelompok separatis Abkhazia mencapai kesepakatan. antara lain tentang gencatan senjata, pengembalian
pengungsi. dan pertukaran tabanan militer, serta memulai perundingan
di Moskwa pada bulan Januari.




2 Raja Obat bius tewas tertembak.

Pablo Escobar, raja perdagangan obat bius Colombia, tertembak mati oleh pasukan keamanan dalam usaha penangkapannya.

Kongres Luar biasa PDI dibuka di Surabaya. PDI mengadakan kongres luar biasa sebagai langkah pemecahan alas gagalnya Kongres IV di Medan pada tanggal 21—25 juli 1993. Dalam kongres ini mayoritas peserta mendukang Megawati Soekarnopautri untuk menduduki kursi ketua DPP PDI. Tetapi 4 hari setelah dibuka, kongres maccet karena caretaker yang ditunjuk pemerintah tidak muncul-muncul. Megawati menyatakan diri sebagai ketua umum de facto, tetapi pemerintah menyatakan kongres belum selesai dan PDVI harus mengadakan musnas.



4 Kerusuhan menentang utonomi Gaza-Yeriko.

Di daerah pendudukan terjadi kericuhan untuk menentang persetujuan Israel- PLO mengenai otonomi Palestina di Jalur Gaza dan Yeriko. Sehari sebelumnya peristiwa tembak-menensbak antara warga Israel dan Palestina menewaskan banyak orang.




5 Presiden baru Venezuela.

Pemilihan presiden dimenangkan oleh calon bebas, Rafael Caldera. yang sudah pernah menjadi presiden Venezuela dari tahun 1969 hingga tahun 1973.





Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (Desember)

7 Orang asing tewas ditembak di Aljazair.

Dua orang asing tewas ditembak di Aljazair. Sekurang-kurangnya sudah I1 orang ditembak mati sejak tanggal 21 September, ketika kelompok muslim ekstremis Al jazair mengeluarkan ultimatum menentang orang asing.






12 Pemilihan parlemen dan referendum UUD Rusia.


Dalam pemilihan parlemen demokrasis pertama sejak 75 tahun, nasional ekstrem kanan. Vladimir Zjirinovski dan partai komunis menderita kekalahan. Referendum tentang UUD baru pada hari yang sama yang memberi kuasa sangat luas kepada presiden, manghasilkan suara mayoritas setuju.






13 Penarikan mundur Israel dari Jalur Gaza dan Yeriko di tunda.

Penarikan mundur pasukan Israel dari Jalur Gaza
Yeriko yang direncanakan mulai hari ini ditunda sekurang-kurangnya 10 hari setelah pertemuan puncak antara Pendana Menteri Rabin dari Israel dan pemimpin PLO, Yasser Arafat, di Cairo menemui kegagalan.





14 Kompromi dagang Amerika Serikat-Uni Eropa.

Setelah melalui perundingan berhari-hari, para perunding dari Amerika Serikat dan Uni Eropa mencapai suatu kompromi tentang perdagangan bebas di kedua belah pihak melalui produk-produk audiovisual.Dengan demikian,jalan semakin terbuka untuk suatu kesepakatan umum GAIT (General Agreement on Tariffs and Trade) tentang liberalisasi perdagangan dunia.





15 Kesepakatan GATF baru.

Setelah perundingan selama 7 tahun. di Putaran Uruguay, 117 negara mencapai kesepakatan GATT baru di Genewa tentang liberalisasi perdagangan dunia yang berlaku mulai tanggal 1 Januari 1995. Bersamaan dengan itu diharapkan pula didirikan suatu organisasi perdagangan dunia (World Trade Organization - WTO) untuk mengawasi pelaksanaan kesepakatan serta menyelesaikan perselisihan. Kesepakatan ini dianggap sebagai perjanjian dagangan terpenting dalam sejarah.



Perdana menteri Haiti mengundurkan diri.

Perdana menteri Haiti, Malval, minta berhenti karena langkah kembali ke sistem demokrasi di Haiti gagal dan konferensi perdamaian nasional yang direncanakannya tidak berjalan.




Orang Palestina kembali ke daerah pendudukan.

Sebanyak 2 orang dan sekitar 400 orang Palestina, anggota kelompok HAMA menewaskan ratusan orang. Puluhan ribu penduduk Burundi mengungsi ke Rwanda.


Pusat nuklir Chernobyl beroperasi lagi.

Parlemen Ukraina menetapkan pusat tenaga nuklir Chernobyl masih akan dioperasikan; padahal pada tahun 1986 di sini pernah terjadi kecelakaan nuklir paling serius sepanjang masa.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (Desember)

22 Peristiwa Masjid Hazratbal di Srinagar.

Tentara menembak mati sekurang-kurangnya 13 orang muslim Kashmir. Mereka menentang tentara yang mengepung Masjid Hazrathbal di Srinagar. tempat penyanderaan sekelompok peziarah oleh kelompok separatis muslim yang bersenjata. Pengepungan baru berakhir pada tanggal 16 November.




23 Pembumihangusan Desa Stupni Do di Bosnia Tengah.

Desa Stupni Do di Bosnia Tengah dibakar habis oleh kelompok Kroatia-Bosma. Peristiwa itu mengakibatkan pertumpahan darah di kalangan Muslim-Bosnia. Bukti-bukti tentang orang-orang yang tewas dibenarkan behbrapa hari kemudian oleh tentara PBB yang mengunjungidesa tersebut.




Ledakan born IRA di Belfast

Born yang dipasang oleh kelompok IRA di lingkungan Protestan di Belfast meledak sebelum waktunya. menewaskan lO orang dan melukai hampir 600 orang.








Pemerintah mengeluarkan Paket Deregulasi 23 Oktober 1993.


Saleh Afiff, menteri koordinator ekonomi, keuangan. dan pengawasan pembangunan. pengumumkan sejumlah kebijaksanaan baru pemerintah yang dikeluarkan untuk memangkas ekonomi biaya tinggi yang sebelumnya dianggap membuat investor asing enggan menanamkan modal di Indonesia. Beleid yang menyederhanakan prosedur izin dan meringankan persyaratan menanamkan modal ini melipuli enam sektor.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (Desember)

25 Munas Golkar ditutup.

Munas V Golkar yang telah berjalan selama 5 hari ditutup dengan terpilihnya pengurus baru DPP Golkar periode 1993—1998. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Golkar. sebagai ketua umum DPP Golkar terpilih seorang sipil, yaitu Harmoko yang juga menjabar sebagai meteri penerangan dalam kabinet pembangunan VI. Sebagai sekretaris jenderal terpilih Ary Masdjono, seorang pensiunan perwira tinggi ABRI, sejak awal munas, duet HArmoko sudah jelas-jelas didukung oleh Dewan Pembina Golkar.





foto : Republika




Partai Liberal Canada menang.

Partai Liberal Canada memperoleh kemenangan besar dalam pemilihan parlemen (178 kursi).Partai Bloc Quobecois menjadi partai oposisi terbesar(54 kursi). Dengan demikian pemimpin Partai liberal. Jean Chretien,menjadi perdana menteri Canada. Chretien diangkat menjadi perdana menteri Canada pada tanggal 4 November.







27 Pembaruan pertahanan di Rusia.


Presiden Boris Yeltsin dari Rusia menandatangani sebuah dekrit mengenai pembaruan dibidang pertahanan. Dengan debit tersebut monopoli negara atas pemilikan tanah, yang sudah vberlangsung lebih dari 60 tahun, dihapuskan.






29 Pertemuan puncak ME.

Pada pertemuan puncak ME diBrussel,dengan berlakunya Perjanjian Maastricht pada tanggal I November di Uni Eropa, dianggap perlu pendirian definitif sejumlah lembaga baru Eropa yang terkait. Misalnya, Lembaga Moneter Eropa. yang nantinya dianggap sebagai bank sentral Eropa, akan didirikan di Frankfurt, Jerman.





31 Banjir besar di Perancis dan Italia.

Banjir besar akibatnya hujan lebat di Corsica menewaskan 10 orang. Di P. Sardinia sendiri banjir besar mengakibatkan kerusakan besar.




Kebakaran hutan di California.

Kebakaran hutan yang berlangsung sejak tanggal 26 di bagian selatan California semakin menjadi-jadi alcibat tiupao angin gurun. Puluhan ribu hektare hutan menjadi debu dan ratusan rumah habis terbakar.Api baru dapat dikuasai pada tanggal 8 November.



Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top