Tanggalan penting dan bersejarah (FEBRUARI)

uRaN

New member
Tanggalan penting dan bersejarah di bulan FEBRUARI​




3 AS mencabut embargo perdagangan atas Vietnam.

Embargo perdagangan yang dijatuhkan Amerika Serikat kepada
Vietnam dicabut setelah berusia 2 dekade, tetapi pencabutan ini tidak berarti pemulihan hubungan diplomatik kedua negara. Sinyal ke arah pencabutan embargo ini sudah muncul ketika dalam pemungutan suara di Kongres mayoritas anggota mendukung pencabutan embargo (62:38). Namun keputusan kongres ini baru bisa terlaksana setelah disetujui presiden. Besarnya potensi ekonomi Vietnam kemudian menjadikan pencabutan embargo ini bisa terealisasi. Satu-satunya pihak yang menolak pencabutan embargo adalah kalangan veteran perang Vietnam yang menganggap pencabutan embargo Itu merupakan pengkhianatan pemerintah terhadap mereka. Dikhawatirkan pencabutan embargo akan meagurangi keseriusan pemerintah Amerika Serikat dan Vietnam dalam menyelesaikan masalah tentara Amerika Serikat yang hilang dalam perang Vietnam (Missing in Action/MIA). Diperkirakan terdapat 2.238 tentara Amerika Serikat hilang di kawasan Indocina sejak tahun 1975, 1.647 di antaranya di Vietnam.



8 Demonstrasi mahasiswa ITB menentang rektor.

Sekitar 2.000 mahasiawa ITB berdemonstrasi menentang keputusan
rektor mereka yang menskoring 2 orang mahasiswa, masing-masing
Mohammad Meylana Hermawan dan Yosalfa Rinaldi Chaer. Keduanya berdasarkan keputusan No.06 dan 07/SK/PTO7.H/0/ 1994 diskor selama 3 semester karena telah menyalahi peraturan pelaksanaan Orientasi Studi (OS) di perguruan tinggi itu. Keputusan itu dinilai sepihak karena tidak menyertakan mahasiswa dalam penetapannya. Selain demonstrasi, keputusan diambil dengan ancaman pengunduran diri Agus Dwiyanto, mahasiswa Teknik Sipil tingkat akhir. Demonstrasi diisi dengan pidato, pembacaan puisi, pengusungan boneka berbentuk mayat dan penyeretan pasung mahasiswa dalam keadaan terikat. Selain dihadiri oleh mahasiswa ITB. demonastrasi itul juga diramaikan mahasiawa dari 20 perguruan tinggi lainnya. Rektor ITB tidak mencabut SK rektor Itu karena dinilainya sudah berjalan actual dengan peraturan.









9 Perjanjian damai PLO-Israel mendapat kemajuan di Cairo.
Pemimpin PLO, Yasser Arafat,dan menlu Israel, Shimne - ret. menandatangani penjanjian parsial di Cairo tentang rincian pemerintahan sendiri Paleatina dan penarikan pasukan Israel dari pendudukan Jalur Gaza dari Yeriko. kota di Tepi Barat. Penandataganan disaksikan oleh presiden Mesir, Husni Mubarok. Menurut amfat, kedea dokumen itu merupakan langkah panting sesuai dengan perjanjian perdamaian yang ditandatangani bolan September 1993.Meski ia pun mengakui masih terdapat beberapa celah yang harus diselesaikan sehubungan dengan penjanjian itu. Semantara perdana menteri Israel





Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (FEBRUARI)

21 Kasus agen ganda AS terungkap.

Aldrich Hazen Ames (52) dan istrinya Maria del Rosario Casas Ames (4l), ditangkap atas tuduhan menjual informasi rahasia Amerika Serikat kepada agen rahasia Rusia (KGB) dalam kurun waktu 1985—1991. Skandal agen ganda Ames ini berhasil diungkap setelah pemerintah Amerika Serikat melakukan penyelidikan secara seksama terhadap Ames selama 2 sahun. Skandal Ames ini merupakan skandal paling besar pada zaman Presiden Bill Clinton serta merupakan pukulan terberat bagi dinas rahasia Amerika Serikat yang terkenal sangat ketat pengamanannya. Menurut perkiraan pengamat. Ames berhasil menjual rahasia CIA karena ia adalah pejabat tinggi di CIA. Ia merupakan intel yang memiliki reputasi hebat di CIA karena berhasil dalam tugasnya sebagai perwira operasi khusus rekrutmen spion-spion Amerika Serikat di Uni Soviet. Pemerintah Amerika Serikat segera meminta Moskwa agar memanggil pulang semua staf kedutaannya yang terlibat dalam kasus itu. Diduga Ames mendapat uang sebanyak US$1.5 juta dari aktivitasnya itu.






23 Kasus kredit macet Robby Tjahjadi merebak.

Kasus kredit macet Kanindotes merebak setelah Bambang Warih Kusuma. seorang anggota DPR, menyatakan diharian Suara Pembaruan bahwa perusahaan tekstil milik Robby Tjahjadi itu terbelit kredit macat sekitar 1,5 triliun. Robby, yang pernah dihukum 2.5 tahun pada tahun 1973 karna menyelundupkan mobil mewah. akhirnya diundang ke DPR untuk mengklarifikasikan persoalan. Dalam pernyataannya di depan pers Ia mengatakan bahwa kredit yang diperolehnya tidak macet dan ambisinya dalam mangembangkan industri tekstil masih dalam batas yang rasional. Bambang kemudian sempat di kecam karena dinilai tidak fakta yang benar. Namun beberapa bulan kemudian di ketahui bahwa perusahaan kanindotex tidak sehat. Manajemen perusahaan kemudian di alihkan pada Koperasi Batik Indinesia yang menyuntikkan dana segar
buat kanindotex.Masalah ini sempat menyeret nama mantan Pangkokamtib,Soemitro, yang pernah menjabat sebagai komisaris kanindotex, namun ia membantah terlibat kasus kredit macet itu.




24 Vonis 4 tahun penjara bagi Nuku Soleiman.

Nuku Soleiman. seorang aktivis LSM yang dituduh telah menghina kepala negara dengan menyebarkan 1.200 stiker ketika mengadakan demonstrasi menentang SDSB bulan November 1993, akhirnya divonis hukuman penjara 4 tahun. Stiker itu berisi pelesetan akronim SDSB menjadi kalimat yang menghina kepala negara. Proses peradilan atas kasus ini sempat menjadi perhatian nasional karena menghadirkan beberapa politisi sebagai saksi ahli.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (FEBRUARI)

25 Pembantaian 53 warga Palestina di Hebron.

Baruch Goldstein, 42, seorang fanatik yahudi, melakukan pembantaian dengan menembakkan senapannya ke barisan warga muslim yang sedang melakukan shalat shubuh pada bulan puasa (Ramadhan)di Masjid Hebron. Sebagian saksi mata mengatakan bahwa Goldstein melakukan seorang diri, sementara yang lainnya mengatakan setidaknya terdapat 4-5 orang yahudi lainnya yang membantu Goldstein.Goldstein sendiri tewas setelah ia melakukan aksinya karena bentrok dengan polisi Israel setelah pembantaian itu.Keprihatinan dunia berdatangan menyusul tragedi itu, bahkan perdana menteri Israel.Yizhak Rabin mengutuk perbuatan itu sebagai tindakan orang gila.Sementara pimpinan PLO segera melakukan rapat darurat untuk membahas kejadian itu. Pihak Israel segera menanggapi kasus ini dengan menjanjikan akan melucuti, menahan, dan membatasi gerak warga pemukiman yahudi yang berhaluan keras.Israel juga berjanji akan membebaskan 800-1000 warga palestina yang di tahan di penjara Israel.



Malaysia membokiot barang-barang Inggris

Akibat tuduhan korupsi pers Inggris terhadap perdana menteri Mahathir, wakil perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, mengumumkan keputusan Malaysia untuk tidak akan membeli barang-barang Inggris dan tidak akan memberikan kontrak kepada perusahaan Inggris-suatu langkah yang bisa merugikan perusahaan-perusahaan Inggris sampai ratusan juta dollar Amerika Serikat. Keputusan itu di ambil stelah pers Inggris dalam pemberitaannya telah mengaitkan E 234 juta bantuan Inggris (sekitar 726,6 miliar) untuk pembangunan bendungan Pagan di timur laut Malaysia dengan pembelian pesawat tempur Inggris senilai £ 1 miliar





26 Khasbulatov dan Rutskoi keluar dari penjara.

Dua tokoh revolusi Oktober 1993 Rusia yang ketika itu menduduki gedung
parlemen,Ruslan Khasbulatov dan Alexander Rutskoi, dibebaskan dari penjara setelah Dwna (Majelis Rendah). dengan suara 252:67, memutuskan untuk mengeluarkan amnesti untuk kledua tokoh itu.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top