Adakah Informasi soal Pangan Transgenik?

andree_erlangga

New member
Tempe dan tahu bisa dibilang makanan sehari-hari sebagian penduduk Indonesia. Kedua lauk ini hampir setiap hari menghiasi meja makan. Namun, ketika mengonsumsi kedua makanan itu, pernahkah Anda berpikir kedelai yang dipakai sebagai bahan baku berasal dari tanaman transgenik?

Saat ini produk transgenik yang sudah menyebar di pasar internasional adalah kedelai (60 persen), jagung (23 persen), kapas (11 persen), dan kanola (6 persen). Artinya 60 persen kedelai yang ada di pasar internasional adalah produk rekayasa genetika.

Di Indonesia kebutuhan kedelai nasional 3 juta ton setahun. Dari jumlah itu, 70-80 persen konsumsi kedelai dipasok oleh kedelai impor. Bisa jadi, kedelai yang dikonsumsi penduduk Indonesia dalam bentuk tempe dan tahu merupakan hasil rekayasa genetika.

"Yang kami persoalkan adalah konsumen harus mendapatkan haknya untuk mendapatkan informasi yang benar. Informasi ini penting karena konsumen berhak mendapatkan keamanan pangan, mendapat informasi tentang makanan yang dipilihnya. Mereka juga berhak untuk memilih makanan," kata Ilyani S Andang dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

kompas.com
 
Back
Top