Malam Lailatul Qadar
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Malam Lailatul Qadar

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Malam Lailatul Qadar


Malam Lailatul Qadar


Kutip:
Malam Lailatul Qadar adalah malam yang dimuliakan Allah. Allah menamainya dengan Lailatul Qadar, menurut sebagian pendapat, karena pada malam itu Allah mentakdirkan ajal, rizki dan apa yang terjadi selama satu tahun dari aturan-aturan Allah SWT. Hal ini sebagaimana Allah SWT firmankan:
Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (Ad Dukhan: 4)

Di dalam ayat tersebut Allah menamai Lailatul Qadar karena sebab tersebut. Menurut pendapat lain, disebut malam Lailatul Qadar karena malam tersebut memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah. Allah menyebutnya sebagai malam yang berkah, sebagaimana firman-Nya:
Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesunggunhnya kami-lah yang memberi peringatan. (Ad Dukhan: 3)
Allah juga memuliakan malam ini dalam firman-Nya:
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (Al Qadr: 2-3)
Maksudnya, amalan di malam yang barakah ini menyamai pahala amal seribu bulan yang tidak ada Lailatul Qadar padanya. Seribu bulan sama dengan 83 tahun lebih. Ini menunjukkan keutamaan malam yang besar ini. Oleh karenanya Nabi berusaha mencari malam Lailatul Qadar. Beliau bersabda:
“Barang siapa shalat di malam Lailatul Qadar karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lampau ataupun yang akan datang.”
Allah juga mengabarkan bahwa pada malam itu malaikat Jibril dan ruh turun. Ini menunjukkan betapa besar dan pentingnya malam ini karena turunnya malaikat tidak terjadi kecuali untuk perkara yang besar. Kemudian Allah mensifati malam itu dengan firman-Nya:

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Al Qadr: 5)
Allah mensifati malam tersebut dengan malam keselamatan. Ini menunjukkan kemuliaan, kebaikan, dan keberkahannya. Orang yang terhalangi dari kebaikan malam itu berarti terhalangi dari kebaikan yang sangat banyak. Inilah keutamaan-keutamaan yang besar pada malam barakah ini.
Akan tetapi, Allah menyembunyikannya di bulan Ramadhan agar seorang muslim bersungguh-sungguh mencarinya. Sehingga amalnya semakin banyak dan dengan itu ia menggabungkan antara banyaknya amal di seluruh malam-malam Ramadhan dan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar dengan segala keutamaan, kemuliaan dan pahalanya. Sehingga dengan itu ia mengumpulkan antara dua kebaikan. Ini merupakan karunia Allah atas hamba-hamba-Nya.
Ringkasnya, bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang besar (agung) dan berkah. Juga merupakan nikmat dari Allah yang mendatangi seorang muslim di bulan Ramadhan. Maka jika dia diberi taufik untuk memanfaatkannya dalam kebaikan, ia akan mendapatkan pahala yang besar dan kebaikan yang banyak yang sangat dia butuhkan.


Kapan Malam Lailatul Qadar Itu?

Terdapat riwayat dari Nabi bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam 21, malam 23, malam 25, malam 27, atau malam 29 dan akhir malam bulan Ramadhan.
Al-Imam Asy-Syafi’i berkata: “Ini menurut saya, wallahu a’lam, karena Nabi menjawab sesuai dengan pertanyaannya. Dan pendapat yang paling kuat bahwa itu terjadi pada malam-malam yang ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan berdasarkan sabda Nabi �*dari ‘Aisyah bahwa Nabi beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau mengatakan:
“Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim, lihat Shifat Shaum An-Nabi, Asy-Syaikh Ali Hasan)



Bagaimana Mencari Malam Lailatul Qadar...

Sesungguhnya malam yang diberkahi ini, barangsiapa yang diharamkan untuk mendapatkannya, maka sungguh telah diharamkan seluruh kebaikan (baginya). Dan tidaklah diharamkan kebaikan itu, melainkan (bagi) orang yang diharamkan (untuk mendapatkannya). Oleh karena itu, dianjurkan bagi muslimin (agar) bersemangat dalam berbuat ketaatan kepada Allah untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahalaNya yang besar, jika (telah) berbuat demikian (maka) akan diampuni Allah dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim).
Rasulullah Shalallahu ’alaihi wassalam Shalallahu ’alaihi wasallam bersabda (yang artinya), “Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”. (HR Bukhari dan Muslim)
Disunnahkan untuk memperbanyak do’a pada malam tersebut. Telah diriwayatkan dari Sayyidah ‘Aisyah Radiyallahu ‘anha, (dia) berkata : “Aku bertanya, Ya Rasulullah (Shalallahu ’alaihi wassalam), Apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku ucapkan ?”. Beliau menjawab, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.”. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dari Aisyah, sanadnya shahih.



Tanda-tandanya...
Ketahuilah hamba yang taat mudah-mudahan Allah menguatkanmu dengan ruh dariNya dan membantu dengan pertolongaNya, sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ’alaihi wassalam menggambarkan paginya malam Lailatul Qadar agar seorang muslim mengetahuinya.

Dari Ubay Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shalallahu ’alaihi wassalam bersabda (yang artinya) : “Pagi hari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa sinar menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi.” (HR Muslim).

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Kami menyebutkan malam Lailatul Qadar di sisi Rasulullah Shalallahu ’alaihi wassalam beliau bersabda : (yang artinya) “Siapa diantara kalian yang ingat ketika terbit bulan, seperti syiqi jafnah.” (HR Muslim). Perkataannya “Syiqi Jafnah”, syiq artinya setengah, jafnah artinya bejana. Al Qadli ‘Iyadh berkata :”Dalam hadits ini ada isyarata bahwa malam Lailatul Qadar hanya terjadi di akhir bulan, karena bulan tidak akan seperti demikian ketika terbit kecuali di akhir-akhir bulan.”)

Dan dari Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shalallahu ’alaihi wassalam bersabda (yang artinya) : “ (Malam) Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, (dan) keesokan harinya cahaya sinar mataharinya melemah kemerah-merahan.” (HR Thyalisi, Ibnu Khuzaimah, Bazzar, sanadnya hasan).

Wallahu a’lam.
HTML Code:
sumber:http://sofiyan.cybermq.com/post/detail/5770/malam-lailatul-qadar
berikut mungkin amalan yang di jabarkan seseorang dalam mencari malam lailatul qadar.

AMALAN PADA MALAM-MALAM LAILATUL QADAR

Kutip:
Berikut ini dapat diamalkan pada malam lailatul qadar (sebaiknya mulai tengah malam):

1. Sembahyang sunat wudu’.

2. Sembahyang sunat hajat , berdoa minta dipertemukan Allah dengan malam Lailatul Qadar.

3. Membaca al-Quran.

4. Istighfar:

ASTAGHFIRULLAAHAL’AZHIIMA WA ATUUBU ILAIHI

5. Zikrullah:

LAA ILAAHA ILLALLAAH(U) ;
LAA ILAAHA ILLALLAAHU MUHAMMADAN(R)-RASUULULLAAH(I);
ALLAAHU AKBAR

6. Bertasbih:

SUB-HAANALLAAHI WAL-HAMDULILLAAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL’ALIYYIL’AZHIIM(I);
SUB-HAANALLAAHI WA BIHAMDIHI SUB-HAANALLAAHIL’AZHIIM(I);
SUB-HAANA RABBIYAL A’LAA

SUB-HAANA RABBIYAL’AZHIIMI WA BIHAMDIH(I)

7. Salawat:

ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD

8. Sembahyang sunat tahajjud.

9. Sembahyang sunat tasbih.

Orang yang bertemu dengan Lailatul Qadar dipercayai akan terus dingin badannya karena dihampiri oleh para malaikat (sebentar saja). Hendaklah segera membaca:

ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN KARIIM (UN) TUHIBBUL’AFWA FA’FU ‘ANNII

Rasulullah s.a.w telah bersabda yang bermaksud: “Barangsiapa beribadat sesaat pada malam Qadar, kira-kira selama seorang penggembala memerah susu kambingnya, maka adalah lebih disukai Allah daripada berpuasa setahun penuh. Demi Allah yang telah mengutus daku dengan hak menjadi nabi, sesungguhnya membaca satu ayat dari al-Quran pada malam Qadar adalah lebih disukai Allah daripada mengkhatamkannya pada malam-malam yang lain.”

Dari Aisyah r.a bahwa dia mengatakan, aku bertanya: “Ya Rasulullah, kalau aku bertepatan dengan malam Qadar, maka apakah yang patut aku baca? Jawab Rasulullah s.a.w.: Ucapkanlah:

ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN KARIIM (UN) TUHIBBUL’AFWA FA’FU ‘ANNII

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Tuhan Yang Maha Pemaaf lagi Pemurah, yang suka memberi kemaafan, maka maafkanlah aku.”
HTML Code:
sumber:http://salam-online.web.id/2006/10/22/amalan-pada-malam-malam-lailatul-qadar.html
masih ada waktu kalo ingin mencari malam cahaya seribu bulan
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Malam Lailatul Qadar

terima kasih threadnya
terima kasih banyak
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.649
 
Reputasi: 304






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Malam Lailatul Qadar

Hm...
Temen2 udah ada yg pernah bertemu dgn lailatul qadr gag?
Kalo ada yg pernah, boleh gag cerita disini?..
Berbagi pengalamannya gitu..
Coz aku blm pernah ktmu ma org yg pernah bertemu dgn malam lailatul qadr ini...
Jd penasaran aja gtu..
Mungkin bung DevSon udah pernah x ya?
Share dong..
Hehehe..
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Malam Lailatul Qadar

ayo lagi obral tuh malam-malam cahaya,dah malam 21 semalam ,

malam lailatul qadar itu udah pasti dan udah di janjikan sama ALLAH SWT,tinggal kita aja apakah merasakan ato masih belum merasakan.
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Malam Lailatul Qadar

Kutip:
Oleh devson View Post
ayo lagi obral tuh malam-malam cahaya,dah malam 21 semalam ,

malam lailatul qadar itu udah pasti dan udah di janjikan sama ALLAH SWT,tinggal kita aja apakah merasakan ato masih belum merasakan.
kalo devson sendiri udah pernah merasakan belom?
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1

__________________
Prince Charming

bye




loading...



Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Malam Lailatul Qadar

penting g dijawab,perlu g dijawab,haruskah dijawab
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Malam Lailatul Qadar

Penting, perlu, kalo mw jwb ya silakan..
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Malam Lailatul Qadar

Astaghfirrullah.......
Saya beberapa hari yang lalu mimpi...(lupa pastinya)...tapi dalam mimpi itu saya ingat---saya semacam disuruh sholat tasbih........wah..saya kayanya banyak dosa..trus mengingat ini periode malam lailatul qodr..jadi saya harus mensucikan diri dan bertobat.....
kog saya ga ngeh...ya......
waduh.....
"mungkin ini hal positif yg saya terima di malam lailatul qodr......
wallahua'lam/...
xelamory
xelamory xelamory is offline
Village Level

Post: 33
 
Reputasi: 0

__________________
My Blog: http://download-anime-video.blogspot.com/
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Sisi Lain Lailatul Qodr andy_baex Islam 0
Doa Di Malam Lailatul Qadar andy_baex Islam 0
Hukum Ridha' Terhadap Qadar nurcahyo Islam 0
tentang qadar nurcahyo Islam 0
pendapat tentang qadar nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.