7 Alasan Belajar Bahasa Arab
 
Go Back   Home > Other Language. Bicara Dengan Bahasa Lain > Arabic/Arab

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


7 Alasan Belajar Bahasa Arab

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

7 Alasan Belajar Bahasa Arab

Sesungguhnya Allah swt telah memilih bahasa Arab sebagai bahasa penutup risalah-Nya (wahyu-Nya). Hal ini telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an dalam banyak tempat dan secara jelas bahwasanya risalah-Nya yang terakhir diturunkan dalam bahasa Arab. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa al–Qur’an berupa al–Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya." (QS. Yusuf:2).

Sesungguhnya umat Islam di zaman-zaman awal sudah merasakan manfaat yang sangat besar dari bahasa Arab tersebut dan banyak sekali tujuan-tujuan mulia terwujud dengan perantara bahasa Arab. Tidaklah bahasa Arab sebagai bahasa risalah (wahyu) semata dan pada saat tersebutlah umat Islam menjadi umat yang sangat mulia dan sejahtera

Pada zaman kita banyak sekali perhatian orang-orang Arab dan kaum muslim terhadap belajar dan mengajarnya (bahasa Arab), perhatian umat muslim baik dahulu ataupun sekarang dikarenakan beberapa sebab:

1. Bahasa Arab merupakan bagian dari agama ini. Telah berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah, “Merupakan sesuatu yang sudah diketahui bersama bahwasanya belajar dan mengajarkan bahasa Arab hukumnya fardhu kifayah” dan beliau juga berkata, “Sesungguhnya bahasa Arab merupakan bagian dari agama dan mengetahuinya wajib, karena memahami Al-Qur’an dan sunnah wajib. Dan keduanya tidak dapat dipahami kecuali dengan bahasa Arab dan apa yang suatu kewajiban tidak akan terwujud kecuali dengannya maka sesuatu itu menjadi wajib.”

Ibadah-ibadah baik shalat, do’a, membaca Qur’an serta banyak sekali syi’ar-syi’ar Islam akan terpenuhi dan sempurna dengan mempelajari bahasa Arab.

2. Memahami bahasa Arab menjadikan kita selamat dari syubhat-syubhat dan bid’ah. Imam Syafi’I rahimahullah berkata, “Tidaklah kebodohan dan perbedaan-perbedaan yang terjadi pada manusia (umat muslim) melainkan karena mereka meninggalkan bahasa Arab dan mereka lebih memilih bahasa Aristoteles (bahasa orang barat).”

Beliau juga berkata, “Tak seorang pun akan mengetahui jelasnya ilmu-ilmu dalam Al Qur’an selama orang itu tidak mengetahui luasnya bahasa Arab, luasnya cakupannya, luasnya masalah dan tingkatannya dan barangsiapa memahaminya maka dia akan selamat dari terkena syubhat seperti yang terjadi pada orang-orang yang tidak memahaminya”.

As-Suyuti rahimahullah berkata, “Sesungguhnya saya telah menemukan orang-orang sebelum Imam Syafi’I, mereka mengisyaratkan seperti yang saya duga bahwa sebab terjadinya bid’ah adalah tidak memahami bahasa Arab.” Hasan Bashri berkata terhadap orang-orang Ahlu Bid’ah, “Yang menghancurkan mereka adalah ketidaktahuan mereka terhadap bahasa Arab.”

3. Paham bahasa Arab adalah salah satu dari sebab-sebab kemudahan.

4. Bahasa Arab merupakan syi’ar Islam, bagian dari Islam dan bahasa Arab merupakan syi’ar yang paling besar yang dengannya menunjukkan kelebihan mereka.

5. Kuatnya bahasa Arab merupakan salah satu sebab kemuliaan Islam dan kaum muslimin. Musthofa Shodiq Arrofi’ berkata, “Tidaklah bahasa suatu kaum itu rendah kecuali mereka akan direndahkan dan kemuliaannya tidaklah menjadikan kekuasaan itu pergi meninggalkan mereka. Oleh karena itu, penjajah asing mewajibkan (bahasa mereka untuk dipelajari) kepada kaum yang mereka jajah.”

6. Bahasa Arab merupakan sarana terkuat untuk mewujudkan persatuan / hubungan diantara umat muslim. Pada saat mereka bersemangat mengajarkan bahasa Arab guna mewujudkan kedekatannya kepada bahasa Arab, maka akan terwujud keseragaman pada dhahirnya (yaitu dengan bahasanya) sehingga terwujud pula keseragaman di hati mereka, dikarenakan mereka dapat memahami peradaban dan keyakinan beragama yang sama.

7. Pengajaran bahasa Arab merupakan sarana terpenting guna mewujudkan peradaban Islam dan dengan bahasa akan mengangkat peradaban pemilik bahasa tersebut.

Keistimewaan belajar bahasa arab
Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam - salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!).

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Alasan lain yaitu bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua yang hidup di dunia, dan merupakan bahasa asli dari banyak bahasa, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa "bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa" dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, di lain pihak banyak orang-orang bukan-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka (contohnya huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa manapun di dunia, dan bahasa Arab sering disebut sebagai bahasa dhad).

Dalam ribuan tahun, sedikit perubahan terjadi pada bahasa ini, dan bahasa ini selalu sesuai pada setiap jaman, menembus berbagai peradaban yang menggunakannya sebagai bahasa asli mereka. Bahkan, bahasa Arab memiliki pengaruh yang besar dalam sebagian besar bahasa yang ada di masa kini. Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab (0,1,2,,3,...), tanpa menyebutkan bahwa banyak kata-kata Arab yang digunakan oleh banyak bahasa pada saat ini (algoritma, sugar, coffee, kopi, alamat, kabar, dan daftar ini terus berkelanjutan....). Mengapa bahasa ini tetap hidup lebih dari ratusan tahun sementara bahasa yang lain tidak? Alasan utama untuk pertanyaan tersebut adalah bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur'an, inilah yang menjaga bahasa Arab menjadi bahasa utama hingga lebih dari 1400 tahun peradaban Islam.

(Abu Ayyub), Diterjemahkan bebas dari Kitab al – ‘Arabiyah Baina Yadaika.

jiplak 100% dari : http://belajarislam.com/program-bela...all/89-7alasan
dan jiplak 50% dari : http://www.arabion.net/indonesian/
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

iyah, dengan mengerti bahasa Arab, bisa lebih mengerti juga kandungan Al Qur'an, dalam pembacaannya juga bisa lebih baik, karena mengerti benar bagaimana panjang pendeknya, dimana berhenti yang tepat, dsb.... n betul, untuk sholat juga lebih sempurna.

terus, kalo bisa berbahasa Arab, bertemu dari muslim belahan dunia mana pun insya Allah bisa berkomunikasi deh...

Dan juga mungkin ada tuh yang dikasih doa sama siapa gitu, kalau ga mengerti bahasa Arab bisa bahaya, karena kandungan / isi dari doa itu mungkin saja tidak berarti yang baik2...

yup memang banyak tuh keuntungan2 menguasai bahasa Arab....
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

klik buat den masykur.....................

^ yups bener jeng, aku juga kadang pernah kan didoain ma orang ga kenal gitu..ya ga tau artinya sih, tapi aku aminin aja...(iyaya klo tahu artinya kan jadi lebih tahu makna doanya)
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

makasih...
ya...itu salah satu manfaatnya...kalau doa tahu artinya juga kerasa lebih mantap
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
klik buat den masykur.....................

^ yups bener jeng, aku juga kadang pernah kan didoain ma orang ga kenal gitu..ya ga tau artinya sih, tapi aku aminin aja...(iyaya klo tahu artinya kan jadi lebih tahu makna doanya)
iya jeng resi, bahaya kalao ga tahu artinya, semisal kalo ternyata isinya minta pertolongan sama setan, jin, atau apa kan jadi berabe... :)
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

tapi sayang sekali kalau bahasa arabayaddentikan enga khzanah islai,.

bahasa arab tu kaya akan knwledge,.
emadeus
emadeus emadeus is offline
Village Level

Post: 55
 
Reputasi: 12

__________________
yang butuh pinjaman uang, dari jutaan hingga Milyar boleh liat disini...





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

maksudnya?? khazanah islami?
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
maksudnya?? khazanah islami?
semua postingan emadeus di forum b.arab pada sepotong2 gk jelas, mungkin dr hp
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

hehe iya bang masy,,, mmungkin gitu ya...

humm nunggu konfirmasi emadeus deh
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: 7 Alasan Belajar Bahasa Arab

Allah berfirman:
20:113. Dan demikianlah Kami menurunkan Al Qur'an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Qur'an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
belajar bahasa arab... subhanluffy Arabic/Arab 104
belajar bahasa arab dari kisah kisah lucu (تعلم اللغة العربية من قصص المض*كة) masykur Arabic/Arab 24
Karakteristik Bahasa Arab masykur Arabic/Arab 9


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.