ahlussunnah....
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


ahlussunnah....

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

ahlussunnah....

rona kehidupan umat islam telah banyak mendatangkan keburukan keburukan yang di sebabkan amalan umat yang sudah jauh menyimpang dari koridor sunnah.baik dari segi kehidupan perekonomian atu hubungan vertikal dengan sang kholoik...
banyak sudah keluar buku buku yang membid'ahkan berbagai perbuatan atau bentuk peribadatan dalam islam.
setelah banyak kita lihat buku buku itu ternyata tidak memberikan solusi atau jl keluar.bahkan menjadikan umat bingung dan tdk tahu fungsinya dalam masyarakat...contohnya ada orang yang berlatar pendidikan kesehatan(dokter)
setelah sang dokter membaca buku tentang fatwa fatwa berkaitan dg bidah
akhirnya udah seperti mufti besar,suka membidahkan orang lain padahal buku tersebut bertebal 100 halaman.sedangkan untuk menjadi mufti harus sekolah dulu belasan tahun di bidangnya...

jadi apa sebenarnya yang di katakan ahlussunah ... ?skrg ada organisasi yang merek bajunya ahlussunah waljamaah.
bagaimana solusi dari peristiwa yang kita contohkan di atas...?

wallahua'lam
IDED
IDED IDED is offline
National Level

Post: 1.513
 
Reputasi: 1

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: ahlussunnah....

Ahlusunnah adalah orang yang menggunakan Alqur'an dan Sunnah sebagai jalan hidupnya.

Bid'ah adalah ibadah yang tidak ada dasar hukumnya di Al-quran maupun Sunah, biasanya berdasarkan budaya masyarakat
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: ahlussunnah....

yang pastinya jangan berhenti terus untuk mencari ilmu. Memperdalam pemahaman Al Quran dan As Sunah... dan berpegang teguh pada keduanya...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246

__________________
Nyi Belang


:D:D





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: ahlussunnah....

kalimat "ihdina shirat-al mustaqim" (maaf kalau salah pengejaan)
itu kan artinya "tunjukilah aku jalan yang lurus" (kurang lebih)

nah asalkan tiap shalat kita menghayati tiap bacaan dan gerakan, terutama membaca doa tersebut diatas dengan penuh pengharapan. Bukankah Yang Maha Mendengar bakal menjawab?
gagaklinglung
gagaklinglung gagaklinglung is offline
City Level

Post: 275
 
Reputasi: 0

__________________
~Jawaban bukan ditemukan, tapi dikumpulkan~





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: ahlussunnah....

Kutip:
Oleh gupy15 View Post
Ahlusunnah adalah orang yang menggunakan Alqur'an dan Sunnah sebagai jalan hidupnya.

Bid'ah adalah ibadah yang tidak ada dasar hukumnya di Al-quran maupun Sunah, biasanya berdasarkan budaya masyarakat
yakin itu aja,trus posisi ihtihaj ma ijma dimana nih???kan banyak tuh yang membiddahkan ijma dan ihtihaj ulama setempat karena mereka tidak tercantum pada budaya islam bahkan dalam alquran dan alhadist yang berkaitan dengan habluminannas,
ato ada syarat apa kalo yang ijma dan ihtihaj tuh itu mesti belajar ilmu selama belasan tahun gitu,sanafnya jelas,kemudian para salafi gitu bukan syiah,bukan islam liberal bukan muhammadiyah,padahal tebabaran ilmu ALLAH DAN PEMAHAMANAN AKAN ILMU TAFSIR ADA DIMANA SAJA BUKAN CUMA ORANG-OARANG YANG MENGKAMIKAN DAN MEREKAKAN.
devson
devson devson is offline
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: ahlussunnah....

nih ada artikelnya tentang ahlusunnah wal jamaah, semoga bisa menambah pengetahuan kita :D

Makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Kata “Ahlussunnah” terdiri dari dua suku kata yaitu ’ahlu’ yang berarti keluarga, pemilik, pelaku atau seorang yang menguasai suatu permasalahan, dan kata ’sunnah’. Namun bukanlah yang dimaksud di sini sunnah dalam ilmu fiqih, yaitu perbuatan yang mendapat pahala jika dilakukan, dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Akan tetapi sunnah adalah apa yang datang dari Nabi baik berupa syariat, agama, petunjuk yang lahir maupun yang bathin, kemudian dilakukan oleh sahabat, tabiin dan pengikutnya sampai hari Kiamat. Dengan demikian definisi Ahlus Sunnah adalah mereka yang mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan sunnah para shahabatnya. Sehingga Imam Ibnul Jauzi berkata,” Tidak diragukan bahwa orang yang mengikuti atsar (sunnah) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya adalah Ahlus Sunnah” (Lihat Talbisul Iblis hal. 16)

Sedangkan kata ”Al Jama’ah” artinya bersama atau berkumpul. Dinamakan demikian karena mereka bersama dan berkumpul dalam kebenaran, mengamalkannya dan mereka tidak mengambil teladan kecuali dari para sahabat, tabiin dan ulama–ulama yang mengamalkan sunnah sampai hari kiamat. Karena merekalah orang-orang yang paling memahami agama yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Namun yang perlu digaris-bawahi di sini adalah bahwa Al Jama’ah adalah orang-orang yang berada di atas kebenaran, bukan pada jumlahnya. Jumlah yang banyak tidak menjadi patokan kebenaran, bahkan Allah Ta’ala berfirman yang artinya: ”Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah” [Al An’am: 116]. Sehingga benarlah apa yang dikatakan Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu: “Al-Jama’ah adalah yang mengikuti kebenaran walaupun engkau sendirian” (Syarah Usuhul I’tiqaad Al Laalika-i no. 160).

Ringkasnya, Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah orang-orang yang mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya, dan dalam memahami dan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tersebut mereka meneladani praktek dan pemahaman para sahabat, tabi’in dan orang yang mengikuti mereka. Dan makna ini sesuai dengan apa yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tentang satu golongan yang selamat pada hadits di atas: ”yaitu orang-orang yang berada pada jalanku dan jalannya para sahabatku dihari ini”.

Pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Mungkin setelah dijelaskan makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, sebagian orang masih rancu tentang siapakah sebenarnya mereka itu. Karena semua muslim, dari yang paling ’alim hingga yang paling awamnya, dari yang benar hingga yang paling menyimpang akan mengaku bahwa ia berjalan di atas jalannya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya. Maka dalam kitab Ushul Aqidah Ahlis Sunnah, Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhahullah menjelaskan bahwa Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dapat dikenal dengan dua indikator umum:

1. Ahlus Sunnah berpegang teguh terhadap sunnah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, berbeda dengan golongan lain yang beragama dengan berdasar pada akal, perasaan, hawa nafsu, taqlid buta atau ikut-ikutan saja.
2. Ahlus Sunnah mencintai Al Jama’ah, yaitu persatuan ummat di atas kebenaran serta membenci perpecahan dan semangat kekelompokan (hizbiyyah). Berbeda dengan golongan lain yang gemar berkelompok-kelompok, membawa bendera-bendera hizbiyyah dan bangga dengan label-label kelompoknya.

Perlu diketahui juga bahwa istilah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah muncul untuk membedakan ajaran Islam yang masih murni dan lurus dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dengan ajaran Islam yang sudah tercampur dengan pemikiran-pemikiran menyimpang seperti pemikiran Jahmiyah, Qodariyah, Syi’ah dan Khawarij. Sehingga orang-orang yang masih berpegang teguh pada ajaran Islam yang masih murni tersebut dinamakan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Imam Malik rahimahullah pernah ditanya : “Siapakah Ahlus Sunnah itu? Ia menjawab: Ahlus Sunnah itu mereka yang tidak mempunyai laqb (julukan) yang sudah terkenal. Yakni bukan Jahmiyah, bukan Qadariyah, dan bukan pula Syi’ah”. (Lihat Al-Intiqa fi Fadlailits Tsalatsatil Aimmatil Fuqaha. hal.35 oleh Ibnu Abdil Barr).

Walaupun pada kenyataannya orang-orang yang berpemikiran menyimpang tersebut, seperti Jahmiyah, Qodariyah, Syi’ah dan Khawarij juga sebagian mengaku sebagai Ahlus Sunnah. Sehingga hal ini memicu para Imam Ahlus Sunnah untuk menjelaskan poin-poin pemahaman Ahlus Sunnah, agar umat dapat menyaring pemahaman-pemahaman yang tidak sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah. Salah satunya dari Imam Ahlus Sunnah yang merinci poin-poin tersebut adalah Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah dalam kitabnya Ushul As Sunnah. Secara ringkas, poin-poin yang dijelaskan Imam Ahmad tentang pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah diantaranya adalah:

* Beriman kepada takdir Allah,
* Beriman bahwa Al Qur’an adalah Kalamullah (perkataan Allah), bukan makhluk dan bukan perkataan makhluk,
* Beriman tentang adanya mizan (timbangan) di hari Kiamat, yang akan menimbang amal manusia,
* Beriman bahwa Allah ‘Azza Wa Jalla akan berbicara dengan hamba-Nya di hari Kiamat,
* Beriman tentang adanya adzab kubur dan adanya pertanyaan malaikat di dalam kubur,
* Beriman tentang adanya syafa’at Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bagi ummat beliau
* Beriman bahwa Dajjal akan muncul,
* Beriman bahwa iman seseorang itu tidak hanya keyakinan namun juga mencakup perkataan dan perbuatan, dan iman bisa naik dan turun,
* Beriman bahwa orang yang meninggalkan shalat dapat terjerumus dalam kekufuran,
* Patuh dan taat pada penguasa yang muslim, baik shalih mau fajir (banyak bermaksiat). Selama ia masih menjalankan shalat dan kepatuhan hanya pada hal yang tidak melanggar syariat saja,
* Tidak memberontak kepada penguasa muslim,
* Beriman bahwa tidak boleh menetapkan seorang muslim pasti masuk surga atau pasti masuk neraka,
* Beriman bahwa seorang muslim yang mati dalam keadaan melakukan dosa tetap disholatkan, baik dosanya kecil atau besar.

Jangan salah membatasi


Imam Al Barbahari berkata: ”Ketahuilah bahwa ajaran Islam itu adalah sunnah dan sunnah itu adalah Islam” (Lihat Syarhus Sunnah, no 2). Maka pada hakikatnya pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah Islam itu sendiri dan ajaran Islam yang hakiki adalah pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Maka Ahlus Sunnah adalah setiap orang Islam dimana saja berada yang mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dengan pemahaman para sahabatnya. Jika demikian, sungguh keliru sebagian orang yang membatasi Ahlus Sunnah dengan batas-batas yang serampangan.

Telah keliru orang yang membatasi Ahlus Sunnah dengan suatu kelompok atau organisasi tertentu, seperti perkataan: ’Ahlus Sunnah adalah NU’ atau ’Ahlus Sunnah adalah Muhammadiyah’. Telah salah orang yang membatasi Ahlus Sunnah dengan majlis ta’lim atau ustadz tertentu dengan berkata: ’Ahlus Sunnah adalah yang mengaji di masjid A’ atau ’Ahlus Sunnah adalah yang mengaji dengan ustadz B’. Keliru pula orang yang membatasi dengan penampilan tertentu, misalnya dengan berkata ’Ahlus Sunnah adalah yang memakai gamis, celana ngatung dan berjenggot lebat. Yang tidak demikian bukan Ahlus Sunnah’. Tidak benar pula membatasi Ahlus Sunnah dengan fiqih misalnya dengan berkata ’Yang shalat shubuh pakai Qunut bukan Ahlus Sunnah’ atau ’Orang yang shalatnya memakai sutrah (pembatas) dia Ahlus Sunnah, yang tidak pakai bukan Ahlus Sunnah’. Dan banyak lagi kesalah-pahaman tentang Ahlus Sunnah di tengah masyarakat sehingga istilah Ahlus Sunnah mereka tempelkan pada kelompok-kelompok mereka untuk mengunggulkan kelompoknya dan berfanatik buta terhadap kelompoknya.

Adapun Ahlus Sunnah yang sejati tidak sibuk dengan label dan pengakuan, serta benci dengan semangat kekelompokkan. Sebagaimana perkataan Ibnu Qoyyim Al Jauziyah tentang Ahlus Sunnah: ”Sesuatu yang tidak mempunyai nama kecuali Ahlus Sunnah” (Lihat Madarijus Salikin III/174). Bahkan seorang Ahlus Sunnah menyibukkan diri dengan menerapkan sunnah dalam setiap aspek kehidupannya. Dan tidak ada gunanya seseorang mengaku-ngaku Ahlus Sunnah, sementara ia sibuk dengan melakukan bid’ah dan hal-hal yang bertentangan dengan sunnah. Allah Ta’ala berfirman yang artinya ”Sesungguhnya Rabb-mu lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia juga lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk” [An Najm: 30].sumber : http://www.mii.fmipa.ugm.ac.id/new/2...us-sunnah-itu/


apakah kita sudah termasuk ahlussunnah wal jamaah?jawab sendiri...:D
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
"Aku Melawan Teroris" Sebuah Kedustaan Atas Nama Ulama Ahlussunnah andy_baex Islam 2
Mengenal Para Imam Ahlussunnah Ashabul Hadits andy_baex Islam 0
CMM - sebuah Kedustaan atas nama Asatidz Ahlussunnah andy_baex Islam 0
Sikap Ahlussunnah Terhadap Kesalahan Ulama nurcahyo Islam 0
Fenomena Tahdzir, Cela-mencela Sesama Ahlussunnah Dan Solusinya nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.