TAHUKAH ANDA

Status
Not open for further replies.
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

20 Desember

  • "... bahwa Thomas Nast adalah orang pertama yang menyebutkan Kutub Utara sebagai tempat tinggal Sinterklas? Pada 1882 ia membuat kartun dengan Sinterklas yang duduk di sebuah kotak dengan alamat "Kotak Natal 1882, Sinterklas, Kutub Utara". Pendapatnya, Kutub Utara cocok sebagai tempat tinggal sang kakek baik hati itu."
  • "... bahwa para pengawal di Tembok Besar di Tiongkok pada Abad Pertengahan seringkali dilahirkan, dibesarkan, menikah, meninggal dan dikuburkan di situ juga? Banyak dari mereka yang tidak pernah meninggalkan Tembok itu sepanjang hidupnya."
  • "... bahwa Henry Ford membutuhkan tujuh tahun untuk memproduksi 1 juta mobil? Setelah angka itu dicapai pada 1924, ia hanya membutuhkan 132 hari kerja untuk memproduksi 9 juta mobil lagi!"
  • "... bahwa Cheetah (citah) adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan paling tinggi. Ia dapat berlari dengan kecepatan 95 km/jam."


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

21 Desember

  • "... bahwa hiasan-hiasan di pohon Natal mulanya adalah buah-buahan, bunga, dan lilin sungguhan? Indah, tapi berat. Karena itu para peniup gelas Jerman mulai menciptakan bola-bola kaca untuk mengganti hiasan-hiasan yang berat itu."
  • "... bahwa Basic Chess Endings (Dasar-dasar Permainan Akhir) adalah buku terbaik tentang langkah-langkah penutup dalam permainan catur? Buku ini dikarang oleh Reuben Fine hanya dalam waktu tiga bulan!"
  • "... bahwa seekor lebah ratu dapat menghasilkan 3000 butir telur dalam sehari?"
  • "... bahwa bolpen pertama dijual pada 1945 dengan harga AS$12 per buah?"
  • "... bahwa kota Romeo terdapat di Colorado, Florida, Illinois, Michigan, Mississippi, dan Tennessee, sementara Joliet ada di Illinois dan Montana - kesemuanya di Amerika Serikat?


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

22 Desember

  • "... bahwa di Ukraina, bila orang menemukan sarang laba-laba di dalam rumah pada pagi Natal, hal itu diyakini sebagai tanda keberuntungan? Karena itu bangsa Ukraina sering meletakkan laba-laba buatan bersama sarangnya di pohon Natal mereka."
  • "... bahwa Yongle dadian adalah sebuah ensiklopedi dari masa Dinasti Ming di Tiongkok? Ensiklopedi ini terdiri dari 22.937 bab, dengan 10.000 volume. Lebih dari 2000 sarjana Tiongkok mengerjakan buku ini selama lima tahun."
  • "... bahwa klub bola basket Harlem Globetrotters pernah bermain di depan satu orang penonton saja? Pada tahun 1921 mereka bermain hanya untuk Paus Pius XI."
  • "... bahwa orang kidal cenderung mengunyah makanannya pada sisi sebelah kiri mulutnya? Demikian pula sebaliknya dengan orang yang tangan kanannya lebih dominan."


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

23 Desember

  • "... bahwa permen tongkat yang banyak dijadikan hiasan Natal mulanya berbentuk batang lurus putih dari gula? Seorang dirigen di Katedral Köln membengkokkan ujungnya sedikit untuk menggambarkan tongkat gembala untuk dibagikan kepada anak-anak kecil agar mereka tenang selama misa berlangsung. Baru pada abad ke-20 tongkat itu diberi garis-garis merah."
  • "... bahwa Ajib adalah mesin catur pertama yang dibuat oleh Charles Hopper pada 1865? Mesin ini dijalankan oleh beberapa jago catur yang masuk ke dalamnya. Seorang pemain yang dikalahkan Ajib menembaknya hingga sang operator terluka."
  • "... bahwa rata-rata satu orang Amerika makan lebih dari 365 butir kentang setiap tahunnya?"


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

24 Desember

  • "... bahwa hari raya Natal awalnya tidak jatuh pada bulan Desember?"
  • "... bahwa lagu Natal populer The Twelve Days of Christmas konon pertama-tama digunakan sebagai sarana untuk pengajaran iman Katolik secara rahasia di Britania Raya ketika agama Katolik ditindas oleh pemerintah yang Protestan?"
  • "... bahwa di negara bagian Florida dan Michigan terdapat kota yang dinamai Christmas, sementara di Indiana ada kota Santa Claus?"
  • "... bahwa menurut survei nasional di Amerika Serikat, 80% dari semua guru di Taman Kanak-kanak hingga kelas 8 di negara itu pernah menerima cokelat sebagai hadiah dari murid-murid mereka?"


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

25 Desember

  • "... bahwa pada 1965 duet Simon and Garfunkel menerbitkan lagunya "Silent Night/7 O'Clock News"? Dalam lagu Silent Night versi mereka terdengar berita radio yang semakin menguat, penuh dengan berita tentang kekerasan dan kejadian tragis yang kontras dengan berita damai di dalam lagunya."
  • "... bahwa pada hari Natal di Ukraina, masyarakat menyiapkan makan malam tradisional yang terdiri dari 12 jenis makanan? Anak terkecil di dalam keluarga itu mengamati lewat jendela munculnya bintang malam yang menjadi tanda bahwa pesta makan malam dapat dimulai."
  • "... bahwa di Britania Raya, Undang-Undang Hari-hari Suci dan Puasa yang masih berlaku sejak 1551, mewajibkan setiap warga negara menghadiri kebaktian Natal di sebuah gereja Kristen, dan dilarang menggunakan kendaraan apapun untuk pergi ke gereja itu?"
  • "... bahwa pada pesta Natal yang mewah di Abad Pertengahan, angsa dan merak kadang-kadang disajikan dengan lapisan safron yang telah dicelupkan ke dalam mentega cair?"



-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

26 Desember

  • "... bahwa pada 1822 kepala kantor pos di Washington, D.C. merasa khawatir akan jumlah pos yang meningkat pada musim Natal? Ia menganjurkan agar dikeluarkan undang-undang yang membatasi jumlah kartu yang boleh dikirim seseorang."
  • "... bahwa Josef Stalin bukanlah pengisap pipa? Ia mengisap pipa hanya pada konferensi-konferensi dan bila tampil di muka umum, sementara sehari-hari ia seorang perokok berantai. Perokok berantai merupakan orang yang biasa menyalakan rokok untuk dinikmati segera setelah selesai menikmati rokok lain, kadang-kadang menggunakan bekas rokok untuk menyalakan rokok berikutnya. Kebiasaan ini adalah salah satu bentuk kecanduan."
  • "... bahwa Presiden Amerika Serikat Lyndon Johnson menikah dengan menggunakan cincin pernikahan yang dibelinya seharga AS$2,50 dari toko serba ada Sears Roebuck?"
  • *"... bahwa delapan orang Presiden Amerika Serikat dilahirkan sebagai warga negara Britania? Mereka adalah George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, James Madison, James Monroe, J.Q. Adams, Andrew Jackson, dan William Harrison."


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

27 Desember

  • "... bahwa Elena Akhmilovskaya adalah Grandmaster catur yang menjadi penantang dalam perebutan Kejuaraan Catur Perempuan pada 1986? Pada 1988 ia kawin lari dengan Master Internasional dari Amerika Serikat, John Donaldson, ketika sedang bertanding dalam Olimpiade Catur di Yunani."
  • "... bahwa Max Born yang menghasilkan karya penting dalam mekanika kuantum dan penerima Hadiah Nobel Fisika pada 1954, adalah kakek dari penyanyi Olivia Newton-John?"
  • "... bahwa nama Louis digunakan oleh banyak tokoh Perancis, termasuk 18 orang raja di negara itu?"
  • "... bahwa di Hong Kong terdapat satu-satunya restoran McDonald's di dunia yang dibangun di sebuah tempat pacuan kuda?"


-dipi-
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

28 Desember

* "... bahwa hampir satu dari empat orang mengaku sakit kepala di musim Natal daripada di waktu-waktu lainnya? Sebanyak 75% dari yang disurvei mengatakan mereka pusing karena tidak punya cukup waktu, 73% karena lalu lintas yang padat, dan 51% karena tidak makan."
* "... bahwa di Huntington, West Virginia, ada hukum yang mengatakan bahwa orang boleh memukuli istrinya asalkan itu dilakukan di tempat terbuka, pada hari Minggu, dan di tangga gedung pengadilan?"
* "... bahwa samudera yang paling kecil dan terdangkal di dunia adalah Samudera Arktik?"
* "... bahwa diduga setidak-tidaknya 33% dari semua orang yang berambut pirang di Amerika Serikat sesungguhnya bukan warna alamiah?"
* "... bahwa sel-sel yang membentuk tanduk rusa besar adalah yang paling cepat pertumbuhannya di dalam alam.
 
Re: Tahukah Anda....?? [Daily Update]

29 Desember

* "... bahwa minuman soda bergas diciptakan pada tahun 1767 oleh Joseph Priestley? Bersama Antoine Lavoisier ia menemukan oksigen."
* "... bahwa aspirin dijual sebagai obat pada tahun 1899 setelah Felix Hoffmann, seorang kimiawan Jerman di perusahaan obat Bayer berhasil memodifikasi asam salisilat, senyawa yang ditemukan dalam kulit kayu dedalu?"
* "... bahwa ketika bertunangan dengan Louis XIV dari Perancis, Putri María Teresa dari Spanyol memberikan tunangannya hadiah berupa cokelat yang ditempatkan dalam sebuah kotak berukir yang indah?"
* "... bahwa Lillian Moller Gilbreth adalah seorang perintis ergonomik? Gilbreth banyak mematenkan temuannya, termasuk alat pencampur makanan dari listrik dan tempat sampah dengan penutup yang dapat dibuka dengan injakan kaki."
* "... bahwa madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk?"
* "... bahwa otot yang paling kuat di tubuh manusia adalah otot lidah?"
 
Re: tahukah anda..??

tahukah anda.. bahwa obat flu ternyata tidak menyembuhkan penyakit flu nya itu sendiri..melainkan hanya meringankan gejalanya saja
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top