[materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats
 
Go Back   Home > Other Language. Bicara Dengan Bahasa Lain > Arabic/Arab

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


[materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
makasih bang masykur....
oyah yang tanda- tanda Isim Mudzakkar kayaknya belum ya bang...?
trus yang tanda isim muannats..asal ada akhiran ta’ marbuthoh, selain nama pria,,,sudah memang pasti masuk ke isim muannats ya.

Lalu lagi saya mo nanya karna mang nggak tahu,,,kok dibagi- bagi menjadi 2 isim ini kenapa dan untuk apa? minta pencerahannya yak bang,,,makasih sebelumnya
selain tanda2 yang menunjukkan isim muannats, biasanya (pastinya) semua isim tersebut adalah isim mudzakkar (karena gak ada isim yg bukan laki2 juga bukan perempuan :D)

biasanya masalah mudzakkar-muannats digunakan dalam studi sastra arab, aku belum tahu masalah itu....tapi aku coba jawab semampuku (sumber=web)

mudzakkar-muannats termasuk dalam ilmu nahwu, yaitu ilmu yang mempelajari fungsi suatu kata dalam suatu kalimat bahasa Arab atau disebut juga Sintaksis ( tata kalimat ). manfaat Nahwu adalah menjaga lidah dari kesalahan bahasa dalam Bahasa Arab.

muannats-muzakkar juga mempengaruhi i'rab (perubahan akhir kalimat disebabkan karena jabatan kata dalam kalimat)

dengan mempelajari masalah muannats-mudzakkar dan hal2 lainnya, termasuk dalam menjaga kemukjizatan sastra al-qur'an dan mencegah kesalah pahaman dalam memahami ayat ayatnya.

begitu menurut saya mbak resi.....wallahu a'lam

================================================== ===
ada sebuah teka teki (ngasal aja)
apa jenis kelamin semut yang berkata kepada nabi sulaiman ketika pasukan nabi sulaiman hampir menginjak kaumnya ?
jawab :
An-Naml:18
semut tersebut adalah perempuan, karena dalam ayat tsb dikatakan "قَالَتْ نَمْلَةٌ "="berkatalah semut"
ada ta' marbutohnya kan?
itulah salah satu gunannya perbedaan isim muannats-mudzakkar :D
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Loading...
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh masykur View Post
selain tanda2 yang menunjukkan isim muannats, biasanya (pastinya) semua isim tersebut adalah isim mudzakkar (karena gak ada isim yg bukan laki2 juga bukan perempuan :D)

ada sebuah teka teki (ngasal aja)
apa jenis kelamin semut yang berkata kepada nabi sulaiman ketika pasukan nabi sulaiman hampir menginjak kaumnya ?
jawab :
An-Naml:18
semut tersebut adalah perempuan, karena dalam ayat tsb dikatakan "قَالَتْ نَمْلَةٌ "="berkatalah semut"
ada ta' marbutohnya kan?
itulah salah satu gunannya perbedaan isim muannats-mudzakkar
:D
hmm okay makasih bang...klik buatmu...jadi benar ya..pokoknya nggak pakai akhiran ta' marbuthoh brarti isim mudzakkar yah..siipp makin mantab deh

hehe klo mau nunjukin semutnya laki- laki? berarti tinggal tidak menggunakan ta' marbuthoh ya..>:l>:l hmm..hmmm

makasih ya bang atas penjelasannya,,,,jadi semangat aku kalau nambah satu pengertian gini..makasiih
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #13   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

den masykur aku mau nanya dunk, soal bentuk aktif pasif gitu....
kalau dalam bahasa arab, bentuk pasif tuh kayak gimana yah?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
hehe klo mau nunjukin semutnya laki- laki? berarti tinggal tidak menggunakan ta' marbuthoh ya..>:l>:l hmm..hmmm
masalah semut itu cuma becandaan mbak....mana tau tu semut jantan atau betina....tapi biasanya sih semut=namlun bukan namlatun

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
den masykur aku mau nanya dunk, soal bentuk aktif pasif gitu....
kalau dalam bahasa arab, bentuk pasif tuh kayak gimana yah?
itu pembahasannya panjang...ini hasil copy-paste dari materi bahasa arab...

kata kerja aktif=fi'il ma'lum
kata kerja pasif=fi'il majhul

contoh:
ضَرَبَ عُمَرُ
Umar memukul

ضُرِبَ عُمَرُ
Umar dipukul

Fi'il ضَرَبَ (=memukul) adalah Fi'il Ma'lum (Kata Kerja Aktif). Fa'il atau Pelakunya adalah Umar bersifat aktif (melakukan pekerjaan yakni memukul).

Fi'il ضُرِبَ (=dipukul) adalah Fi'il Majhul (Kata Kerja Pasif). Fa'il atau Pelakunya tidak diketahui (tidak disebutkan). Untuk itu, dalam Fi'il Majhul, dikenal istilah Naib al-Fa'il ( نَائِبُ الْفَاعِل ) atau Pengganti Fa'il (Pelaku). Dalam contoh di atas, Umar adalah Naib al-Fa'il (pengganti Pelaku).

Fi'il Majhul dibentuk dari Fi'il Ma'lum dengan perubahan sebagai berikut:
a) Huruf pertamanya menjadi berbaris Dhammah
b) Huruf sebelum huruf terakhirnya menjadi berbaris Kasrah untuk Fi'il Madhy dan menjadi berbaris Fathah untuk Fi'il Mudhari'.

nanti kalau perlu dibuat thread khusus biar pembahasannya gak tercampur :D
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176






Reply With Quote     #15   Report Post  

Bls: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

ho oh ho oh...
makasih... klo dibuat thread khusus malah bagus tuh... nanti sekalian dikasih latihan2 sederhana dulu juga ga papa den masykur.. biar bisa terbiasa... hehe...


hahha... aku banyak maunya yah? hihi....
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246



loading...



Reply With Quote     #16   Report Post  

Re: [materi dasar B.arab 6] Tata bahasa - mudzakkar muannats

Jadi di bahasa Arab, matahari itu perempuan & bulan itu laki-laki ya? Kebalikan sama bahasa-bahasa lainnya. Jadi bayangin Apollo versi cewek & Diana versi cowok...
Monoxdifly Monoxdifly is offline
National Level

Post: 691
 
Reputasi: 5

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
[materi dasar B.arab 3] Percakapan - Keluarga masykur Arabic/Arab 10
[materi dasar B.arab 4] Tata bahasa - pembagian kata masykur Arabic/Arab 10
DOWNLOAD "matan al-ajrumiyah" dasar-dasar tata bahasa arab GRATIS! masykur Arabic/Arab 11
[materi dasar B.arab 5] Tata bahasa - kata benda nama (isim alam) masykur Arabic/Arab 5
[materi dasar B.arab 2] Percakapan - Kebangsaan masykur Arabic/Arab 6


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.