Tips Pengembangan Karir

Mamang_Jore

New member
Simak beberapa petunjuk dan tips pengembangan karir berikut yang mungkin bisa anda selipkan dalam meori anda sambil berusaha menaiki tangga karir demi meraih puncak karir.

Kerja bukan meritokrasi
Ingatlah bahwa hidup ini tidak sepenuhnya adil. Karena itu tidak semua orang yang mampu secara skill pasti berada di puncak. Terkadang ada beberapa orang yang naik dengan cepat ke posisi lebih tinggi bukan karena ability yang dimilkinya. Persepsi adalah realitas dalam bisnis, dalam kasus ini, cara anda membawa diri, bertindak dan keterampilan politik yang anda kuasai sama pentingnya dengan apa yang sebenarnya Anda capai.

Be professional
Salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang manajer adalah bertindak seolah-olah Anda adalah seorang manajer. Tetapi bukan berarti anda berhak memerintah orang lain atau mengatur mereka. Ini semua sepenuhnya tentang bagaimana anda mencoba menjadi lebih percaya diri, bangga pada diri sendiri dan selalu mencoba memberikan yang terbaik dan 100%. Dengan senang hati membuat keputusan sulit dan menunjukkan komitmen nyata.

Manfaatkan network
memanfaatkan network atau jaringan merupakan Kunci lain yang bisa anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin masuk ke peran tertentu, cari tahu orang-orang yang penting di organisasi atau perusahaan itu kemudian bangun hubungan baik dengan mereka. Mulailah dengan menunjukkan minat dan ketertarikan anda serta tunjukkan rasa penghargaan kepadanya.

Proaktif dalam pekerjaan
Jangan menunggu dan berharap proyek-proyek penting datang dan mendarat di meja Anda bila ingin terlibat di dalamnya. Secara aktif temukan pekerjaan, dan mencoba untuk menemukan proyek-proyek yang akan menantang Anda. Ini adalah kesempatan besar bagi anda untuk mengembangkan dan juga menunjukkan kapasitas dan kemampuan Anda. bila ada sesuatu yang benar.

Pendekatan proaktif ini merupakan investasi jangka panjang, bersamaan dengan Anda mendapatkan keterampilan yang lebih baik dan prospek yang lebih baik pula. Ingatlah bahwa profil Anda lebih penting dalam mendapatkan pekerjaan dan pengakuan daripada prestasi Anda di bisnis modern. Mungkin bukan merupakan fakta yang ideal, tapi merupakan satu hal yang Anda butuhkan untuk memahami dan berhasil dalam budaya perusahaan modern.
 
Back
Top