Hidup dengan Fokus

EsterAntonia

New member
Banyak dari qt yang sudah menyadari bahwa hidup itu harus fokus, tapi kenapa.. KENAPA begitu banyak hal yang berseliweran, lalu lalang membuat qt tidak fokus. Alhasil qt jadi tidak tahu apa yang harus dilakukan sekarang, tujuan tidak tercapai, selalu terburu-buru, dan menjadi tidak percaya diri karena semua hal itu.
Harus kuakui bahwa hal itu pun terjadi padaku. Jadi, aq menemukan artikel ini dan menerjemahkannya untuk kalian yang bernasib sama seperti diriku.

Si penulis, Donald Latumahina, menyatakan bahwa ada tingkatan yang berbeda dalam fokus. Qt tidak akan mendapatkan hasil yang optimal jika hanya berfokus pada satu atau dua tingkat, tetapi juga harus pada tingkat lainnya. Sebenarnya ada berapa tingkat fokus? Menurut pendapat dy, ada lima tingkat fokus mental didasarkan pada kerangka waktu:

1. Seumur hidup
2. Tahunan
3. Mingguan
4. Harian
5. Saat ini

Tentu saja, Anda dapat menambahkan tingkat lain seperti kuartal atau per bulan jika hal itu bekerja untuk Anda, tapi bagi dy kelima tingkat tersebut cukup karena menggunakan terlalu banyak tingkatan akan membingungkan.

Jika Anda ingin berhasil, Anda harus fokusk pada tingkat kelima. Kurang fokus pada salah satu dari mereka akan menurunkan kinerja yang lainnya. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak terobsesi. Seni menjaga keseimbangan tanpa jatuh ke kurang fokus atau sedang terobsesi adalah sebuah seni yang akan membutuhkan waktu sampai kita benar-benar bisa menguasainya.

Bagaimanakah kelima tingkatan fokus tersebut?

Mari kita lihat pada tingkat lima fokus dan melihat bagaimana cara fokus pada masing-masing:

1. Seumur hidup

Menjadi fokus pada tingkat seumur hidup memiliki arti Anda harus mempunyai tujuan hidup. Apa tujuan hidup Anda? Apakah Anda mengikutinya?

Menemukan tujuan hidup mungkin adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan di semua lima tingkatan, tetapi juga yang paling memuaskan, mengena. Tujuan akan membantu kita menetapkan arah tingkat yang lain. Jika Anda salah dalam menentukan tujuan, Anda mungkin akan berakhir dengan membuat banyak keputusan yang salah dalam hidup Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan tujuan hidup Anda:

1. Menemukan apa yang penting bagi Anda
Ini adalah titik awal untuk menemukan tujuan hidup Anda. Ada satu pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan apa yang penting bagi Anda:
"Apa hal yang begitu Anda pedulikan hingga Anda bersedia untuk melakukannya dengan gratis?"
2. Jelajahi gairah hidup Anda
Saya percaya setiap orang memiliki beberapa nafsu yang sedang menunggu untuk dijelajahi. Jangan membatasi diri Anda hanya satu gairah. Bangun portofolio gairah Anda.
3. Menemukan persimpangan antara gairah hidup Anda dan hal-hal yang penting bagi Anda
Perpotongan antara hal-hal yang Anda minati dan hal-hal yang Anda pedulikan adalah tanda-tanda yang jelas apa tujuan hidup Anda bisa.
4. Membuat pernyataan misi
Setelah Anda memiliki gagasan tentang apa tujuan hidup Anda, Anda harus menuliskannya dalam sebuah pernyataan misi. Idealnya, harus menjadi satu kalimat: sepuluh kata atau kurang.
5. Terus menyempurnakan
Menemukan tujuan hidup Anda bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan dalam satu hari atau bahkan satu tahun. Hanya mulai dengan apa yang Anda miliki dan terus menyempurnakan itu. Seiring berjalannya waktu, arah hidup Anda akan menjadi lebih jelas dan lebih jelas.

2. Tahunan

Setelah berurusan dengan tingkat seumur hidup, Anda harus pergi ke tingkat tahunan. Di sini Anda harus memiliki tujuan untuk tahun yang terkait dengan tujuan hidup Anda. Tujuan Anda harus spesifik dan terukur baik. Untuk memastikan bahwa Anda berfokus pada tingkat tahunan, Anda harus mempunyai satu tujuan untuk satu tahun (atau dua jika perlu).

Satu hal yang perlu diingat adalah tujuan tahunan Anda perlu dikaitkan dengan misi hidup Anda. Jika tidak, ada missing link antara hidup dan tingkat tahunan.

3. Mingguan

Untuk memiliki fokus pada tingkat mingguan, Anda harus menetapkan tujuan untuk minggu depan. Apa yang ingin Anda capai di minggu berikutnya untuk membantu Anda mencapai tujuan tahunan Anda?

4. Harian

Tingkat berikutnya sehari-hari di mana Anda menetapkan tujuan Anda untuk hari itu. Apa saja hal-hal yang ingin Anda capai hari ini? Anda dapat memulai dengan menetapkan Tugas Paling Penting Anda (Most Important Things) untuk hari itu. MIT Anda harus menjadi hal yang akan membuat perbedaan terbesar jika Anda capai hari tersebut.

Berikut adalah pertanyaan untuk membantu Anda menetapkan MIT Anda:

"Kalau aku hanya bisa menyelesaikan satu tugas hari ini, apakah itu?"

Anda kemudian dapat menetapkan tujuan-tujuan lain menggunakan varian dari pertanyaan yang sama:

"Kalau aku hanya bisa menyelesaikan satu lagi tugas hari ini, apakah tugas itu?"

Dengan mengajukan pertanyaan ini berulang kali anda akan mendapatkan daftar tugas berdasarkan prioritas.

5. Saat ini

Setelah menetapkan tujuan untuk hari itu, tingkat berikutnya adalah sekarang. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda harus fokus pada apa pun yang Anda lakukan. Ini berarti bahwa:

1. Anda seharusnya tidak melakukan berbagai tugas dalam satu waktu(multitask)
2. Anda harus mencegah gangguan
3. Anda harus menggunakan semangat berlari untuk mencapai sebanyak mungkin dalam pekerjaan

Di mana Kelemahan Anda?

Fokus pada tingkat kelima adalah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari hidup Anda. Saya menyadari hal ini ketika saya melihat kehidupan saya sendiri. Aku sedang fokus pada beberapa tingkat tetapi tidak pada yang lain dan sebagai hasilnya saya tidak mendapatkan hasil yang saya inginkan. Memahami tingkat kelima membantu saya melihat level yang perlu diperbaiki. Dalam kasus saya, kelemahan saya adalah mingguan dan tingkat saat omo.

Ada satu hal yang perlu diingat meskipun anda sedang fokus pada semua tingkat yang baik, Anda harus tetap fleksibel jika kita ingin menghindari jatuh ke dalam obsesi. Mungkin Anda telah menetapkan tujuan untuk beberapa hari, tetapi Anda harus cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada siang hari. Hati Anda sering panduan terbaik karena entah bagaimana hati anda tahu apa yang benar.
 
Bls: Hidup dengan Fokus

yupiiiiiiii bagus- bagussssss...

hmm non ester, tentang fokus yang kelima..
"1. Anda seharusnya tidak melakukan berbagai tugas dalam satu waktu(multitask)"

nah gimana kalau kondisi saat ini benar- benar tidak memungkinkan untuk tidak multitasking?? karena padatnya kegiatan dan diburu waktu?
 
Bls: Hidup dengan Fokus

yupiiiiiiii bagus- bagussssss...

hmm non ester, tentang fokus yang kelima..
"1. Anda seharusnya tidak melakukan berbagai tugas dalam satu waktu(multitask)"

nah gimana kalau kondisi saat ini benar- benar tidak memungkinkan untuk tidak multitasking?? karena padatnya kegiatan dan diburu waktu?

aq sering nyoba kayak gitu... malah kerjaan tambah kacau n ga da satupun yg selesai dgn baik...
baru sadar sekarang...
misalnya dalam satu jam aq bisa ngerjain tugas,sambil edit foto (kerjaan),nyari bahan utk tugas yg laen lagi,n sambil makan... akhirnya setelah lewat 4 jam, ga da satupun tugas yang selesai... kecuali makan tentu saja...

klo kataku sih mending diurutin pekerjaan mana yg bisa selesai paling cepet, itu duluan yg dikerjain, fokus disitu baru selesaiin yg lain. Biasanya kerjaan malah selesai lebih cepat daripada multitask kayak tadi.

Makin sibuk harus makin terorganisir.
 
Bls: Hidup dengan Fokus

^
mantab jawabannya ^,^
pilih yg punya prioritas lbh tinggi utk dikerjakan lebih dulu dr pd berusaha kerjain semuanya scr bersamaan tapi hasilnya kurang memuaskan.
 
Back
Top