Vertigo
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Vertigo

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Vertigo

VERTIGO

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Benign Paroxysmal Positional Vertigo merupakan penyakit yang sering ditemukan, dimana vertigo terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala (biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang) biasanya memicu terjadinya episode vertigo ini. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisikularis di dalam telinga bagian dalam.

Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

PENYEBAB VERTIGO

Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.

Vetigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo:

1. Keadaan lingkungan
* Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)

2. Obat-obatan
* Alkohol

* Gentamisin

3. Kelainan sirkulasi
* Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler

4. Kelainan di teling
* Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)

* Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri

* Herpes zoster

* Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)

* Peradangan saraf vestibuler

* Penyakit Meniere

5. Kelainan neurologis
* Sklerosis multipel

* Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya

* Tumor otak

* Tumor yang menekan saraf vestibularis.



GEJALA

Penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar.

DIAGNOSA

Sebelum memulai pengobatan, harus ditentukan sifat dan penyebab dari vertigo. Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi telingan bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.

Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran.

Pemeriksaan lainnya adalah CT scan atau MRI kepala, yang bisa menunjukkan kelainan tulang atau tumor yang menekan saraf. Jika di duga suatu infeksi, bisa diambil contoh cairan dari telinga atau sinus atau dari tulang belakang. Jika di duga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.

PENGOBATAN

PERIKSA KE DOKTER AJA :D

Pengobatan tergantung pada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat diatas bisa menyebabkan ngantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester kulit memiliki efek mengantuk yang paling efektif.

(Sumber www.medicastore.com 2004)

Written By : Dra. Rustinah di http://rustinah.multiply.com/
A_S_T
A_S_T A_S_T is offline
Continent Level

Post: 4.779
 
Reputasi: 8

__________________
Fallen Angel

Logikaku Terlalu Kecil Dan Terbatas untuk Mengerti Keberadaan-Nya
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Vertigo

kalau semisal kita dari duduk terus langsung berdiri tu kan kadang kadang terasa berputar putar dan hilang keseimbangan... itu termasuk vertigo ga abang AST?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.566
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Vertigo

wah gentamisin bisa buat vertigo juga... baru tau klo ini.
apa emang efek sampingny atau intoksikasi?
wah perlu dipelajari lebih lanjut nih..
ariefadi
ariefadi ariefadi is offline
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Vertigo

@Bla3x
meneketehe... :p
kurang darah juga bisa kali,ya...
Untuk lebih jelasnya periksa ke dokter aja. :D
ngemeng2 bintang gw mana,ya? :) hu..hu..hu...
@Pak dokter
langsung ke TKP saja,ya...
Boleh copas soalnya. :p
A_S_T
A_S_T A_S_T is offline
Continent Level

Post: 4.779
 
Reputasi: 8






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Vertigo

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
kalau semisal kita dari duduk terus langsung berdiri tu kan kadang kadang terasa berputar putar dan hilang keseimbangan... itu termasuk vertigo ga abang AST?
klo ini disebut hipotensi orthostatik, dimana pada perubahan posisi mendadak dari duduk menjadi berdiri secara tiba - tiba aliran darah mengalami penurunan. penting bagi tubuh untuk mendorong darah keatas dan mensuplai otak dengan oksigen. Jika tubuh gagal untuk melakukan ini dengan cukup, tekanan darah jatuh/turun, dan orang itu mungkin merasa pusing atau bahkan pingsan.
untuk mencegahnya, bila seseorang dalam keadaan berbaring agar diusahakan jangan langsung berdiri namun duduk terlebih dahulu. jika sudah tenang dan nyaman baru berdiri.
untuk penatalaksanaan awal jika terjadi hipotensi orthostatik cobalah berbaring sebentar pada dengan anggota tubuh bagian bawah lebih tinggi dari anggota tubuh bagian atas (kaki tempat tidur bagian bawah diganjal sedikit - posisi trendelenburg) hingga rasa lemas hilang. Kemudian cobalah bangun dengan perlahan-lahan bila keluhan sudah hilang. Bila keluhan masih ada, segeralah ke dokter/pusat layanan kesehatan.



Maaf ya klo g sesuai dengan judulnya, klo pengen dipindah monggo..
silahkan mbak bla aja.
ariefadi
ariefadi ariefadi is offline
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Vertigo

hiahaaha... udah udah aku kasih...
kalo periksa ke abang AST boleh ga tuh?

dokter ariefadi.... makasih banget ya penjelasannya... dapat klik dari aku juga deh...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.566
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Vertigo

Kutip:
Oleh ariefadi View Post
klo ini disebut hipotensi orthostatik, dimana pada perubahan posisi mendadak dari duduk menjadi berdiri secara tiba - tiba aliran darah mengalami penurunan. penting bagi tubuh untuk mendorong darah keatas dan mensuplai otak dengan oksigen. Jika tubuh gagal untuk melakukan ini dengan cukup, tekanan darah jatuh/turun, dan orang itu mungkin merasa pusing atau bahkan pingsan.
untuk mencegahnya, bila seseorang dalam keadaan berbaring agar diusahakan jangan langsung berdiri namun duduk terlebih dahulu. jika sudah tenang dan nyaman baru berdiri.
untuk penatalaksanaan awal jika terjadi hipotensi orthostatik cobalah berbaring sebentar pada dengan anggota tubuh bagian bawah lebih tinggi dari anggota tubuh bagian atas (kaki tempat tidur bagian bawah diganjal sedikit - posisi trendelenburg) hingga rasa lemas hilang. Kemudian cobalah bangun dengan perlahan-lahan bila keluhan sudah hilang. Bila keluhan masih ada, segeralah ke dokter/pusat layanan kesehatan.



Maaf ya klo g sesuai dengan judulnya, klo pengen dipindah monggo..
silahkan mbak bla aja.
makasih atas penjelasannya pak dokter. :)

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
hiahaaha... udah udah aku kasih...
kalo periksa ke abang AST boleh ga tuh?

dokter ariefadi.... makasih banget ya penjelasannya... dapat klik dari aku juga deh...
mau periksa sama saya entar bukan cuma tambah pusing kamunya ditambah lagi mual2. :D
he..he..he...
masing2 dapat 1 klik deh. :)
A_S_T
A_S_T A_S_T is offline
Continent Level

Post: 4.779
 
Reputasi: 8

__________________
Fallen Angel

Logikaku Terlalu Kecil Dan Terbatas untuk Mengerti Keberadaan-Nya





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Vertigo

terimakasih mas AST, sudah saya balas jg...
ariefadi
ariefadi ariefadi is offline
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Vertigo

oya, gentamisin memang bisa memicu terjadinya vertigo. terutama pada penggunaan tetes telinga, karena bila telinga terganggu maka alat keseimbangan tubuh yang berada di telinga juga terganggu yang berakibat pada vertigo..
ariefadi
ariefadi ariefadi is offline
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Vertigo Postural nurcahyo Kesehatan 0
Vertigo mozilla_solo1 Kesehatan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.